Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Kosa Kata Bahasa Inggris Tentang Uang dan Bank
Karir & Bisnis

5 Kosa Kata Bahasa Inggris Tentang Uang dan Bank

2023.02.09

Hampir setiap orang tentu menggunakan jasa yang diberikan oleh bank. Bank sendiri merupakan badan usaha yang menawarkan jasa penyimpanan, pengiriman, hingga peminjaman uang. Kamu mungkin sudah cukup familiar dengan berbagai kosakata perbankan yang sering digunakan saat berurusan dengan keuangan dan bank. Namun, apakah kamu sudah memahami kosakata-kosakata perbankan dalam bahasa Inggris? Berikut ini adalah beberapa daftar kata perbankan dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari:

Balance

Kata benda atau noun berikut ini merupakan salah satu kosakata perbankan dalam bahasa Inggris yang paling banyak ditemui. Makna dari kata “balance” sendiri adalah “sisa uang yang tersisa setelah kamu mengambil sejumlah uang dari jumlah total uang sebelumnya.” Ini artinya, “balance” bisa juga dianggap sebagai sisa saldo yang ada di bank. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “balance” dengan tepat:

●        I need to check my bank balance. (Aku perlu memeriksa saldo rekeningku.)

●        She asked the cashier for the balance of her account. (Dia bertanya kepada kasir berapa sisa uang yang ada di akunnya.)

Withdraw

Jika kata sebelumnya termasuk sebagai kata benda, kata “withdraw” adalah kata kerja yang berarti “menarik uang”. Dalam dunia perbankan, kosakata bahasa Inggris yang satu ini sama maknanya dengan “mengambil uang dari rekening bank”. Oleh sebab itu, saat kamu hendak mengambil uang dari rekening bank yang kamu miliki, kata “withdraw” lebih tepat digunakan daripada “take out some money from my bank account”. Berikut ini adalah contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “withdraw” dengan tepat:

●        I don’t bring any cash with me, so I need to withdraw some money first. (Aku tidak membawa uang tunai, jadi aku harus menarik uang terlebih dahulu.)

●        She had withdrawn all her money from her account. (Dia sudah menarik semua uang dari akunnya.)

Loan

Istilah berikutnya yang sering kamu temui dalam dunia perbankan adalah “loan”. Kata bahasa Inggris yang termasuk sebagai kata benda ini memiliki makna, “pinjaman”. Biasanya, kata “loan” digunakan saat seseorang mengajukan pinjaman ke sebuah badan usaha, termasuk bank. Ini artinya, “loan” memiliki penggunaan yang sedikit berbeda dengan, “debt” meski artinya hampir sama.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “loan” dengan tepat dalam bahasa Inggris:

●        He took out an Rp 500.000.000 personal loan. (Dia mengajukan pinjaman pribadi sebesar Rp 500.000.000).

●        The loan repayment periode is 15 years. (Periode pengembalian pinjaman itu adalah sebesar 15 tahun.)

Handling charge

Kosakata lain yang termasuk dalam istilah perbankan yang mungkin kamu temui dalam bahasa Inggris adalah “handling charge”. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut memiliki makna, “biaya transaksi”. Ya, setiap kamu melakukan transaksi melalui bank, biasanya akan ditarik biaya transaksi. Namun, biaya ini umumnya berlaku jika kamu melakukan transaksi antar bank atau dengan bank berbeda dengan yang kamu gunakan saat ini.

Berikut ini contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “handling charge” dengan tepat:

●        The bank may add a handling charge each time you make a transaction with an account from other banks. (Bank itu mungkin menambahkan biaya transaksi setiap kali kamu melakukan transaksi dengan akun dari bank lain.)

Saving

Kata “saving” juga merupakan kata benda yang sering kamu temui jika berbicara tentang kosakata perbankan. Kata yang satu ini memiliki arti, “simpanan” yang merujuk pada simpanan uang di bank. Artinya, jika kamu memiliki sejumlah uang dalam tabungan bank, kamu bisa menyebutnya sebagai, “saving”.

Berikut ini contoh penggunaan kata “saving” dalam kalimat yang tepat:

●        He’s living off his savings since he doesn’t have a job. (Dia hidup dari uang simpanannya karena ia tidak memiliki pekerjaan.)

●        He puts all his saving in a bank account. (Dia menyimpan semua uangnya dalam satu akun bank.)

Masih ada banyak lagi kosakata perbankan yang bisa kamu pelajari. Terus cari tahu agar kosakata bahasa Inggrismu terus bertambah!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Kosa Kata Bahasa Inggris Tentang Uang dan Bank