Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Bekerja di Luar Negeri
Karir & Bisnis

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Bekerja di Luar Negeri

2023.08.02

Pada akhir tahun 2022, Bank Indonesia melaporkan bahwa pekerja migran Indonesia atau orang Indonesia yang bekerja di luar negeri mencapai 3,37 juta orang dan tersebar di 150 negara. Selain para pekerja migran tersebut, masih banyak pula warga negara Indonesia lainnya yang memiliki mimpi untuk meniti karir di luar negeri. Kenapa ada banyak orang Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  1. Gaji lebih tinggi

Biasanya gaji untuk posisi yang sama akan lebih tinggi di luar negeri, daripada di Indonesia, terutama untuk negara-negara maju. Tidak semua pekerjaan di luar negeri memberikan gaji yang lebih besar, tapi peluangnya memang lebih besar.

  1. Lebih banyak lapangan pekerjaan

Ada beberapa negara di dunia yang kekurangan tenaga kerja, sehingga peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih tinggi. Beberapa negara seperti Jerman dan Finlandia bahkan sering membuka kesempatan bagi tenaga kerja asing untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja mereka.

  1. Menambah pengalaman

Hidup dan meniti karir di luar negeri memang tidak mudah, tapi tentu akan memberikan pengalaman baru bagi kamu. Bila kamu cepat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan budaya dan lingkungan kerja di luar negeri, kamu pasti akan mendapatkan banyak pengalaman berharga yang bermanfaat untuk pengembangan diri kamu.

  1. Memperluas jaringan

Networking atau jaringan relasi adalah salah satu hal penting untuk menunjang karir dan bisnis kamu. Dengan bekerja di luar negeri, jaringan relasi kamu tentu akan semakin luas.

Apakah kamu tertarik untuk bekerja di luar negeri? Ada beberapa negara yang patut kamu pertimbangkan untuk menjadi tujuan kamu untuk bekerja di luar negeri:

  1. Kanada

Pemerintah Kanada saat ini sedang mencari pekerja terampil internasional melalui program Federal Skilled Worker. Mreka menargetkan sekitar 111.000 imigran masuk untuk bekerja di Kanada pada 2024. Negara ini memberikan peluang kerja di bidang pariwisata, teknologi, kesehatan, dan pendidikan.

  1. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara dengan populasi usia tua terbesar di dunia. Karena itulah mereka membutuhkan tidak sedikit pekerja muda untuk mengisi lapangan pekerjaan mereka. Salah satu perusahaan teknologi di Jepang menunjukkan bahwa 45,5% perusahaan Jepang tertarik untuk merekrut pekerja asing. Beberapa profesi yang memiliki peluang kerja di Jepang di antaranya adalah sebagai guru Bahasa Inggris, konsultan, serta software engineer.

  1. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara yang tidak memungut pajak penghasilan. Industri yang sering merekrut pekerja asing adalah sales, keuangan, kesehatan, IT, energi, dan sains.

  1. Jerman

Jerman merupakan salah satu ekonomi terbesar di dunia dan memiliki banyak peluang untuk pekerja asing. Negara ini bahkan memberikan kesempatan bagi pelajar untuk kuliah sambil bekerja. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan hambatan bahasa, karena kebanyakan orang Jerman memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan fasih.

  1. Irlandia

Dengan lebih dari 1000 perusahaan multinasional, Irlandia membuka lapangan kerja di bidang data science dan web development. Selain itu, pemerintah Irlandia juga mengadakan program penempatan kerja bagi para calon pekerja asing, terutama di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

  1. New Zealand

New Zealand adalah negara yang indah dengan masyarakat yang ramah, sehingga pekerja asing bisa menyesuaikan diri dengan mudah. Peluang kerja di New Zealand bisa didapatkan di bidang pariwisata dan pertanian.

  1. Belanda

Belanda merupakan salah satu negara favorit bagi pekerja asing, karena negara ini memiliki keseimbangan antara hidup dan pekerjaan yang baik. Peluang kerja di Belanda ada di bidang teknologi, energi, penelitian, dan pendidikan.

Lalu apa saja yang harus kamu siapkan untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri? Selain CV yang menarik, keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu minati, serta berkas dan dokumen seperti paspor dan visa, kamu tentu juga membutuhkan kemampuan bahasa yang mumpuni. Kemampuan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang dipakai di banyak negara tentu sangat penting. Selain itu, tes TOEFL sebagai tes Bahasa Inggris untuk kerja di luar negeri merupakan salah satu hal yang sering menjadi kualifikasi lowongan pekerjaan di luar negeri.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu di luar negeri?

Daftar Konsultasi Gratis

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Bekerja di Luar Negeri