Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Cara Menemukan Passion dalam Karir
Karir & Bisnis

4 Cara Menemukan Passion dalam Karir

2023.05.23

Menemukan passion dalam karir merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Tentu saja, memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kita sukai tidak hanya memberikan kepuasan dan kebahagiaan, tetapi juga memberikan peluang untuk kita berhasil mencapai potensi terbaik kita. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk menemukan passion dalam karir.

Kenali diri sendiri

Sebelum mencari tahu passion dalam karir, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang menjadi passionmu. Hal tersebut bisa kamu ketahui dengan mengenal diri sendiri. Mungkin terdengar aneh, karena kamu menganggap setiap orang tentu mengenal dirinya sendiri.

Padahal, bisa jadi kamu masih belum mengenal dirimu dengan baik. Maka itu, coba pahami minat, nilai atau prinsip, dan kemampuan yang kamu miliki. Kamu bisa mencari tahu tentang hal-hal tersebut dengan menjalani tes kepribadian atau konseling karir.

Dengan begitu, akan lebih mudah untukmu mengetahui preferensi dan kecocokan pada jenis pekerjaan tertentu. Alhasil, kamu akan lebih mudah menemukan passion dalam karir karena kamu sudah memahami minat dan bakat yang kamu miliki.

Mencari tahu tentang berbagai bidang pekerjaan

Agar kamu berhasil menemukan passion dalam karir, kamu juga perlu membuka diri terhadap berbagai bidang pekerjaan. Hal tersebut juga mencakup apa saja yang dibutuhkan oleh masing-masing bidang. Cara ini dapat mempermudah kamu menentukan pilihan karir yang tepat.

Pasalnya, jika bidang pekerjaan yang kamu ketahui tidak banyak, bisa jadi kamu tidak mengetahui bahwa ada jenis atau bidang pekerjaan di luar sana yang sesuai dengan passion yang kamu miliki. Memiliki informasi terbatas mengenai bidang pekerjaan yang ada justru dapat menjerumuskanmu menjajaki tangga karir yang salah.

Untuk mengetahui berbagai bidang pekerjaan yang ada, kamu bisa mencari tahu dengan cara membaca atau berkomunikasi dengan berbagai macam orang. Cara itu dapat memperluas cakrawala dan meningkatkan pengetahuanmu tentang berbagai hal, termasuk berbagai bidang pekerjaan.

Berani mengambil risiko

Mencari passion dalam karir terkadang tidak mudah. Bahkan, kamu mungkin baru menemukan passion setelah berada di tangga karir yang tidak sesuai dengan passion. Hal tersebut tentu memaksa kamu untuk switch career dan mengulang karir dari nol lagi.

Itu artinya, kamu harus memiliki keberanian untuk mengambil risiko jika ingin menemukan passion dalam karir. Pasalnya, berganti karir dan memulai pekerjaan baru dari awal lagi tentu memiliki risikonya tersendiri. Jika kamu tidak memiliki keberanian untuk melakukan itu, bisa jadi kamu terjebak di dalam tangga karir yang salah selamanya.

Menemukan passion mungkin memerlukan waktu, usaha, dan tenaga yang besar. Akan tetapi, jika kamu berhasil menemukannya, kamu tentu akan merasa puas dan hal itu akan memberikan keuntungan yang lebih besar untukmu.

Berbicara dengan experts di bidangnya

Jika kamu memiliki ambisi yang niat yang besar untuk menemukan passion, kamu harus berani melakukan segala cara. Tentu saja, cara-cara yang dimaksud adalah cara yang baik dan tidak merugikan orang lain.

Salah satu contohnya adalah networking dengan berkenalan dan menjalin komunikasi dengan experts atau orang-orang yang sukses di bidangnya masing-masing. Hal ini akan memberikan banyak sekali masukan atau insight serta pandangan-pandangan baru terhadap berbagai macam hal termasuk karir.

Hal-hal yang sebelumnya tidak kamu ketahui mungkin bisa kamu dapatkan dengan cara networking. Itu sebabnya, jangan menutup diri dan perluas pertemanan. Cara ini mungkin berhasil membantu kamu menemukan passion dalam karir yang sesuai.

Nah, kini kamu sudah tahu kan langkah-langkah yang perlu kamu lakukan? Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Cara Menemukan Passion dalam Karir