1500-003

7 Tips untuk Kamu yang Baru Mulai Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris pada awalnya memang terasa sulit dan berat. Padahal, jika dibiasakan dan ditekuni, mempelajari bahasa asing yang satu ini bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Lalu, apa tips yang bisa digunakan oleh pemula jika ingin segera lancar menggunakan bahasa ini? Berikut penjelasannya. 

Banyak latihan

Sama halnya dengan mempelajari matematika, belajar bahasa Inggris juga harus sering melakukan latihan. Bisa berlatih dengan mengerjakan soal-soal grammar, latihan menulis, berbicara, mendengarkan, dan masih banyak lagi. 

Dengan membiasakan diri dengan bahasa Inggris, kamu akan semakin lancar menggunakannya. Sempatkan setidak-tidaknya waktu selama 30 menit untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggrismu, ya. 

Pelajari konteks

Maka dari itu, jika kamu ingin menggunakan bahasa tersebut, kamu harus memahami konteksnya. Bahkan, di dalam bahasa Inggris, ada kata yang memiliki makna ganda, dan hanya dengan konteks kamu akan memahami arti dari penggunaan kata tersebut. 

Maka dari itu, jika kamu ingin menggunakan bahasa tersebut, kamu harus memahami konteksnya. Bahkan, di dalam bahasa Inggris, ada kata yang memiliki makna ganda, dan hanya dengan konteks kamu akan memahami arti dari penggunaan kata tersebut. 

Jangan pernah menyerah

Seperti yang sudah disebutkan di awal, mempelajari bahasa Inggris mungkin akan terasa susah pada awalnya. Bahkan, bisa saja kamu merasa gagal dan lelah untuk
mempelajarinya. 

Tetapi, jangan menyerah dan teruslah mencoba. Karena sebuah kegagalan adalah hal yang biasa. Justru, dengan adanya kegagalan itu, kamu akan belajar dari kesalahan dan semakin semangat untuk menaklukkan bahasa yang sudah digunakan secara global yang satu ini. 

Cari teman belajar

Belajar akan terasa lebih ringan dan kamu juga akan lebih bersemangat jika dilakukan bersama orang lain. Kamu bisa mencari teman yang juga sama-sama ingin belajar bahasa Inggris. 

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Biasanya, kamu akan menemukan banyak sekali teman dengan tujuan belajar yang sama di tempat kursus. Jadi, kamu akan lebih bersemangat. Di samping itu, kamu juga akan didampingi oleh pengajar yang bisa membantumu lebih lancar dalam proses belajar. 

Terapkan metode menghafal

Untuk memudahkanmu mengingat benda-benda di sekitar dalam bahasa Inggris kamu bisa menggunakan metode hafalan. Hal ini juga bisa disiasati dengan menempelkan note pada benda-benda di rumah atau di kamar.

Pastikan kamu bisa melihat note yang kamu tempel di benda-benda tersebut. Semakin sering kamu melihat, semakin sering pula kamu merekam kata itu di dalam otak. Sehingga, kamu akan lebih cepat menghafal kata dalam bahasa Inggris untuk benda-benda tersebut. 

Tentukan target

Agar kamu lebih termotivasi lagi dalam belajar, tentukan target dari proses belajarmu. Tidak perlu muluk-muluk, kamu bisa memasang target belajar setiap minggunya. Misalnya, dalam satu minggu kamu sudah harus memahami tenses dalam bahasa Inggris dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masing-masing tenses. Lalu, cek bagaimana progresmu di akhir minggu--apakah kamu berhasil mencapai target atau tidak. 

Jangan jadikan belajar sebuah beban

Meski harus serius dan tekun dalam belajar, jangan terlalu memforsir dirimu. Lakukan metode belajar yang membuatmu senang. Misalnya, kamu akan lebih mudah paham jika belajar bahasa Inggris melalui lirik lagu, maka perbanyak mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris. 

Belajar bahasa Inggris memang penuh lika-liku, namun nikmati prosesnya dan kamu akan bangga jika nanti telah berhasil menaklukkan bahasa ini. Selamat mencoba!

Coba Kelas Pertama Gratis