Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Wadah Pengganti Kantong Plastik yang Bisa Kamu Gunakan Sehari-hari
Gaya Hidup

5 Wadah Pengganti Kantong Plastik yang Bisa Kamu Gunakan Sehari-hari

2023.05.19

Penggunaan kantong plastik yang berlebihan sudah mulai mengkhawatirkan. Apalagi, penggunaan kantong plastik ini memiliki dampak negatif yang cukup banyak. Salah satunya, sampah dari kantong plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai. Hal tersebut menyebabkan pencemaran lingkungan, sehingga dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup, seperti manusia dan hewan. Tak hanya itu, pembuatan kantong plastik juga menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi. Padahal, minyak bumi termasuk sumber daya alam yang terbatas. Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan salah satu alternatif pengganti kantong plastik yang lebih ramah lingkungan, seperti berikut ini.  

Tas kanvas

Salah satu pilihan menarik sebagai alternatif dari penggunaan kantong plastik adalah tas kanvas. Tas yang satu ini tentu lebih ramah lingkungan dibandingkan kantong plastik. Pasalnya, tas kanvas bisa didaur ulang setelah digunakan. Alhasil, tidak menambah jumlah sampah yang ada.  

Tak hanya itu, tas kanvas juga memiliki fungsi yang beraneka ragam. Hal ini termasuk sebagai tas belanja, tas untuk ke kantor, atau tas perjalanan. Tas kanvas juga tersedia di dalam berbagai ukuran, sehingga kamu bisa membeli beberapa tas dengan ukuran yang berbeda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.  

Perawatan dari tas ini pun mudah. Jika kotor, kamu hanya perlu mencucinya hingga bersih. Setelah itu, tas kanvas ini masih bisa digunakan kembali dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentu saja sangat berkebalikan dengan penggunaan kantong plastik yang cenderung satu kali pakai.  

Kotak makan untuk dibawa bepergian

Apakah kamu suka membeli makan siang jika sedang berada di kantor? Nah, sebenarnya tidak masalah jika kamu lebih suka membeli daripada membawa bekal dari rumah. Akan tetapi, hal ini bisa kamu siasati dengan membawa kotak makan kosong dari rumah. Mengapa demikian?  

Saat kamu membeli makan siang dan ingin membungkusnya, alangkah lebih baik jika kamu meminta penjual untuk langsung meletakkan makanan yang kamu beli di kotak makan kosong yang sudah kamu bawa. Hal ini tentu akan membantu mengurangi penggunaan kantong plastik dan berbagai plastik pembungkus lainnya.  

Dengan begitu, meski kamu membeli makan di luar, kamu tidak perlu khawatir akan menggunakan kantong plastik. Jangan lupa gunakan kotak makan dengan bahan yang ramah lingkungan agar usaha kamu tidak menggunakan kantong plastik tidak sia-sia.  

Tas parasut lipat

Jika kamu tipe orang yang suka mendadak belanja saat bepergian, membawa tas parasut lipat bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghindari penggunaan kantong plastik. Sesuai dengan namanya, kamu bisa melipat tas ini jika belum digunakan dan menyimpannya di dalam tas. Tentu saja hal ini akan menjadi nilai tambah karena untuk membawa tas ini kamu tidak perlu khawatir akan makan tempat.  

Nah, tas ini bisa kamu gunakan sewaktu-waktu jika saat sedang bepergian kamu teringat perlu berbelanja suatu barang. Dengan begitu, kamu tidak perlu “terpaksa” menggunakan kantong plastik karena sudah melakukan persiapan sebelumnya. Menarik, bukan? 

Collapsible tumbler

Apakah kamu pernah mendengar tentang collapsible tumbler? Ini adalah botol minum yang bisa kamu lipat dan kamu bawa ke mana-mana tanpa perlu khawatir akan menghabiskan ruang di dalam tas yang kamu bawa bepergian. Botol ini bisa bermanfaat jika kamu orang yang gemar membeli minum saat bepergian.  

Contohnya, saat pergi ke mall kamu tiba-tiba tertarik untuk membeli minuman boba. Tentu saja, hampir semua outlet yang ada masih banyak yang menggunakan wadah plastik. Untuk menghindarinya, kamu bisa menyodorkan botol minum lipat yang kamu bawa sebagai pengganti wadah plastiknya.  

Hal ini tentu menjadi win-win solution untuk kamu. Dengan begitu, kamu tetap bisa membeli minuman kesukaan saat berada di luar, tanpa perlu dihantui perasaan bersalah karena menggunakan wadah plastik.  

Tas karung goni

Jika kamu sering berbelanja dalam jumlah banyak, tas karung goni bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat sebagai pengganti kantong plastik. Selain harganya yang tidak terlalu mahal untuk suatu tas yang bisa digunakan berulang kali, tas karung goni juga tergolong ramah lingkungan. Tas ini tentu menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menerapkan zero waste.  

Selain itu, tas karung goni tergolong kokoh dan kuat menahan barang belanjaan dalam jumlah yang banyak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika sedang ingin berbelanja bulanan dan hanya membawa tas karung goni. Tas ini tentu kuat menampung hasil belanja bulanan yang kamu beli. Hal yang terpenting, pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.  

Nah, dari beberapa pilihan alternatif untuk kantong plastik di atas, mana yang paling menarik? 

Daftar Konsultasi Gratis

5 Wadah Pengganti Kantong Plastik yang Bisa Kamu Gunakan Sehari-hari