Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips Perjalanan ke Luar Negeri Aman dan Anti Ribet
Gaya Hidup

5 Tips Perjalanan ke Luar Negeri Aman dan Anti Ribet

2023.12.19

Merencanakan perjalanan ke luar negeri bukan hanya tentang memilih tujuan dan mengemas barang. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan untuk memastikan bahwa perjalanan ke luar negeri yang akan kamu lakukan tidak hanya menyenangkan tetapi juga aman dan efisien. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk merencanakan perjalanan ke luar negeri yang bebas dari masalah.

Rencanakan dengan detail dan matang

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk melakukan tips perjalanan ke luar negeri adalah membuat perencanaan dengan detail dan matang. Hal ini bisa kamu lakukan dengan riset tujuan wisata terlebih dahulu.

Cari tahu tentang kondisi cuacanya, lalu ada kegiatan apa saja yang bisa kamu datangi selama di sana, dan ada hal-hal apa saja yang terjadi belakangan ini di tujuan wisata yang mungkin akan mempengaruhi perjalanan wisatamu ke sana.

Hal ini nantinya akan membantu kamu memilah dan memilih kebutuhan penting apa saja yang wajib kamu bawa ke tujuan wisata. Pasalnya, tak jarang barang yang kamu bawa perlu disesuaikan dengan kondisi lokasi tujuan wisata.

Tak hanya itu, dengan melakukan riset dan perencanaan yang matang, kamu juga bisa menentukan itinerary atau rencana perjalanan. Meski begitu, sebaiknya buat rencana perjalananmu sefleksibel mungkin agar kamu bisa lebih rileks melakukan perjalanan wisata.

Memprioritaskan keamanan selama di lokasi wisata

Salah satu tips yang tidak boleh kamu sepelekan adalah selalu memprioritaskan keamanan. Hal ini tidak hanya untuk dirimu tetapi juga untuk barang-barang bawaanmu, khususnya dokumen perjalanan. Selain membuat fotokopi, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menyimpan dokumen penting dalam bentuk digital dan menyimpannya dalam cloud.

Selain itu, selama di negara tujuan, kamu juga perlu memastikan keamanan untuk gadget yang kamu gunakan. Oleh sebab itu, saat kamu mengakses internet gratis seperti Wi-Fi, pastikan untuk menggunakan VPN.

Lalu, selama perjalanan, untuk menjaga keamanan dirimu, kamu juga perlu mempelajari beberapa rute untuk mencapai suatu lokasi. Pastikan kamu juga mengetahui rute evakuasi dan nomor darurat yang bisa kamu hubungi selama di negara tujuan.

Mempersiapkan fisik dan kesehatan

Meskipun sedang berlibur, jangan lupa jika kamu tetap perlu mempersiapkan fisik dan kesehatan tubuhmu. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh ke luar negeri. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berkonsultasi ke dokter sebelum perjalanan.

Sebagai bentuk pencegahan, tidak ada salahnya untuk selalul membawa perlengkapan P3K dasar meliputi plester, antiseptik, dan obat-obatan secara umum. Kamu juga perlu membawa obat-obatan khusus yang mungkin memang wajib kamu minum secara rutin.

Jika memungkinkan dan dirasa perlu, tak ada salahnya untuk menyiapkan asuransi kesehatan internasional. Lebih baik, pilih asuransi yang mencakup perawatan medis di luar negeri dan evakuasi darurat.

Mempersiapkan keuangan dan anggaran dengan matang

Satu hal yang sangat penting jika hendak melakukan perjalanan ke luar negeri tentu saja adalah uang. Kamu perlu mempersiapkan keuangan dengan baik jika ingin santai berlibur.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membandingkan kurs mata uang. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk memantau kurs mata uang dan mencari tempat penukarang uang dengan tarif terbaik.

Selama berada di luar negeri, kamu perlu membawa kombinasi uang tunai dan kartu untuk menghindari masalah saat salah satunya tidak bisa diterima sebagai alat pembayaran. Tak hanya itu, meski sudah membawa uang yang cukup banyak, kamu tetap perlu memantau pengeluaran.

Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan aplikasi manajemen keuangan untuk melacak pengeluaran selama perjalanan liburan ke luar negeri. 

Melakukan adaptasi dengan budaya lokal

Selama kamu berada di luar negeri, pastikan bahwa kamu bisa menghormati budaya lokal. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari etiket dan tradisi di lokasi kamu berlibur. Contohnya, cari tahu cara memberi salam atau cara berpakaian yang tepat sesuai dengan standar lokal.

Kamu juga bisa mencoba makanan khas daerah untuk pengalaman yang lebih otentik dan menjadi lebih hemat. Dengan begitu, kamu bisa lebih merakyat dan terasa lebih dekat dengan penduduk lokal.

Jangan lupa untuk selalu menunjukkan rasa hormat dan kemauan untuk belajar tentang kebiasaan dan cara hidup lokal.

Nah, dari beberapa contoh di atas, kini kamu sudah tahu kan pentingnya melakukan perjalanan yang aman dan anti ribet saat ke luar negeri? Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Tips Perjalanan ke Luar Negeri Aman dan Anti Ribet