Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Pentingnya Pronunciation Saat Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris
Gaya Hidup

Pentingnya Pronunciation Saat Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

2021.05.07

Pelafalan kata atau pronunciation saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris sifatnya sangat penting. Apalagi jika kamu sedang melakukan percakapan dengan native speaker. Pasalnya, tidak melafalkan kata dengan baik dan benar bisa membuat lawan bicara kamu merasa kebingungan. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya pronunciation dalam berbahasa Inggris:

Memberikan kesan yang baik

Saat berbicara dalam bahasa Inggris, pronunciation adalah salah satu aspek yang akan menjadi penilaian lawan bicara. Apalagi jika kamu sedang berbicara dengan orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari atau native speaker.

Ini artinya, pronunciation adalah salah satu kesan pertama yang akan ditangkap oleh lawan bicara saat memulai percakapan dalam bahasa Inggris denganmu. Bahkan, orang akan menilai kemampuan kamu berbahasa Inggris dari bagaimana kamu melafalkan kata-kata yang tergolong mudah.

Jadi, saat berbicara dalam bahasa Inggris, bukan hanya kemampuanmu dalam menggunakan kosakata yang baik saja yang akan mendapatkan perhatian. Akan tetapi bagaimana kamu melafalkannya juga menjadi aspek penting yang harus kamu perhatikan.

Oleh sebab itu, kamu harus bisa mengimbangi kekayaan kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki dengan kemampuan melafalkan tiap-tiap kata dengan baik. Dengan begitu, orang lain akan merasa nyaman untuk berkomunikasi denganmu.

Menghindari kesalahpahaman

Jika kamu sudah mengetahui apa itu pronunciation, tentu kamu akan memahami betapa pentingnya hal tersebut saat berbicara dalam bahasa Inggris. Apalagi, di dalam bahasa asing tersebut, terdapat banyak kata yang penulisannya sama tetapi memiliki pronunciation yang berbeda.

Ini artinya, jika kamu tidak tahu bagaimana melafalkan suatu kata dengan tepat, ada kemungkinan terjadi kesalahpahaman antara kamu dengan lawan bicara. Sebenarnya tidak masalah jika terjadi kesalahpahaman tetapi kamu dan lawan bicara bisa segera memperbaikinya.

Namun, bayangkan, jika lawan bicaramu salah menafsirkan kata yang kamu sampaikan akibat pronunciation yang tidak tepat. Ada kemungkinan bahwa lawan bicara akan merasa tersinggung, sakit hati, atau tidak terima dengan apa yang kamu ucapkan. Meskipun, maksud yang ingin kamu sampaikan jauh berbeda dengan maksud yang ia tangkap dari ucapanmu.

Oleh sebab itu, demi menghindari hal-hal tidak kamu inginkan, lebih baik cobalah untuk terus belajar mengenai pronunciation kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Selain meningkatkan rasa percaya diri, kamu juga bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain tanpa harus merasa bersalah akibat pronunciation atau pelafalan kata yang salah.

Menjaga hubungan baik dengan orang lain

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa berbicara dalam bahasa Inggris menggunakan pronunciation yang tepat dapat mempengaruhi hubungan baik dengan orang lain. Bagaimana bisa? Saat kamu tidak bisa melafalkan kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar, orang lain yang berbicara denganmu mungkin akan bingung hingga frustasi.

Pasalnya, mereka mungkin akan kesulitan memahami apa yang ingin kamu sampaikan. Oleh sebab itu, pada lain kesempatan, mungkin orang tersebut menjadi enggan berbicara denganmu. Tentu kamu tidak ingin dihindari oleh orang lain hanya karena tidak bisa berbicara dengan baik, bukan?

Oleh sebab itu, kamu perlu mempelajari pronunciation dalam bahasa Inggris dengan baik. Dengan begitu, orang lain akan nyaman untuk berkomunikasi denganmu. Tidak perlu berbicara dengan cepat, asal tepat, orang lain tentu bersedia sabar untuk kamu menyelesaikan ucapanmu.

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah tahu kan pentingnya pronunciation saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris? Dengan pelafalan yang tepat, setiap kata yang kamu ucapkan bisa secara efektif kamu gunakan saat melakukan percakapan dengan orang lain.

Mau tau lebih banyak informasi mengenai bahasa Inggris untuk kamu yang sekarang kantoran? EF Adults udah siapin buat kamu. Langsung aja kunjungi artikel selanjutnya ya :)

Daftar Konsultasi Gratis

Pentingnya Pronunciation Saat Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris