Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips Mudah Berdialog dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Tips Mudah Berdialog dalam Bahasa Inggris

2020.11.06

Menguasai bahasa Inggris secara utuh mungkin membutuhkan waktu yang lama. Pasalnya, masing-masing aspek memiliki tips dan trik tersendiri yang mungkin hanya berlaku untuk meningkatkan kemampuan pada aspek tertentu saja. Nah, berikut ini adalah tips yang bisa kamu praktekkan agar kamu mudah berdialog dalam bahasa Inggris, di antaranya adalah:

Membaca dengan suara keras

Pronunciation atau pelafalan dalam bahasa Inggris yang baik merupakan salah satu faktor yang bisa membuat kamu lebih percaya diri saat memulai percakapan. Oleh sebab itu, asah kemampuan kamu dalam melafalkan kata bahasa Inggris dengan membaca menggunakan suara keras. Pasalnya, jika hanya membaca dalam hati, kamu mungkin hanya memahami makna dari kata tersebut tanpa tahu bagaimana melafalkan tiap kata-katanya dengan benar. Setidaknya, dengan sering membaca bacaan berbahasa Inggris dengan suara yang keras, kamu bisa meningkatkan pelafalan kamu saat berdialog dalam bahasa asing tersebut.

Berpikir menggunakan bahasa Inggris

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa kebiasaan berpikir dalam bahasa Indonesia meningkatkan kemampuan kamu berbicara menggunakan bahasa tersebut. Hal ini juga bisa dipraktekkan saat belajar berdialog dalam bahasa Inggris. Ya, sesekali berpikir menggunakan bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan berbicara kamu menggunakan bahasa Asing yang satu ini. Berpikirlah seperti biasa, jangan memaksakan diri untuk berpikir dengan kosa kata yang terlalu susah. Selain itu, hindari pula berpikir dengan cara menerjemahkannya dari bahasa Indonesia terlebih dahulu. Jika memang belum terbiasa, tidak perlu berpikir dalam bahasa Inggris seharian penuh. Lakukan semampu kamu agar pikiran kamu lebih terbiasa dan familiar terhadap bahasa yang satu ini. Dengan begitu, kamu pun akan lebih lancar dan mudah berdialog dalam bahasa Inggris.

Percaya diri

Kunci untuk lancar berbicara dan berdialog dalam bahasa Inggris adalah percaya diri. Artinya, kamu juga tidak perlu takut melakukan kesalahan saat menggunakan dialog bahasa Inggris.

Kesalahan adalah bagian dari proses belajar, sehingga setelah kesalahan itu berhasil kamu taklukkan, kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris pun akan meningkat. Percaya diri juga berarti tidak takut untuk mengajak orang lain berbicara dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Semakin sering kamu praktek berbicara, semakin terbiasa pula kamu untuk menggunakan bahasa tersebut saat berbicara dengan orang lain.

Ikuti komunitas bahasa Inggris

Jika ada komunitas belajar atau diskusi dalam bahasa Inggris, jangan ragu untuk ikut bergabung. Di sana, kamu akan bertemu banyak orang yang juga sedang dalam proses belajar, sama sepertimu.

Jangan khawatir, karena salah tata bahasa atau tidak menemukan padanan kata bahasa Inggris yang tepat sesuai dengan makna yang ingin kamu sampaikan tentu adalah hal yang wajar, apalagi saat belajar. Dengan mengikuti komunitas belajar dan diskusi dalam bahasa Inggris, kamu akan lebih banyak memiliki kesempatan untuk berdialog dengan banyak orang dengan kemampuan bahasa Inggris yang berbeda-beda.

Hindari menerjemahkan kata demi kata

Saat belajar berbicara bahasa Inggris, hindari menerjemahkan kata per kata dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Pasalnya, tidak semua kata bisa diartikan secara literal. Oleh karenanya, selain mempelajari bahasa, sebaiknya pahami konteks serta cara penggunaan tiap kata agar meminimalisasi kesalahan yang terjadi saat berbicara bahasa Inggris.

Praktekkan berbagai tips di atas untuk kemampuan berdialog dalam bahasa Inggris yang lebih baik lagi. Jangan berhenti berusaha, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Tips Mudah Berdialog dalam Bahasa Inggris