Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Berbicara dalam Bahasa Inggris
Gaya Hidup

5 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Berbicara dalam Bahasa Inggris

2021.05.03

Tidak semua orang yang bisa berbicara bahasa Inggris punya rasa percaya diri untuk memulai conversation dalam bahasa Inggris. Apalagi, jika kamu terhitung masih tahap belajar. Padahal, dengan sering melakukan percakapan dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris, kemampuan berbicara atau speaking justru semakin terasah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kemampuan conversation dalam bahasa Inggris meningkat:

Selalu berpikir positif

Saat kamu hendak memulai conversation dalam bahasa Inggris, hindari berpikiran negatif, takut melakukan kesalahan, takut ditertawakan, dan sebagainya. Jangan pernah takut salah, karena dalam proses belajar conversation bahasa Inggris, melakukan kesalahan adalah hal yang sangat wajar. Bahkan, native speaker juga masih mungkin untuk membuat kesalahan. Lagipula, terkadang, jika kamu berbicara dengan penuh percaya diri, orang lain belum tentu menyadari kesalahan yang kamu lakukan. Lebih baik, bentuk pikiran positif bahwa kamu sedang terus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, dan setiap langkah dan kemajuan memiliki kontribusi penting dalam proses tersebut.

Membaca dengan suara keras

Percaya atau tidak, membaca teks bahasa Inggris dengan suara keras dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan speaking. Jika hanya membacanya dalam hati, berarti kamu telah melewatkan kesempatan untuk belajar berbicara dalam bahasa asing yang satu ini. Oleh sebab itu, baca teks bahasa Inggris, baik dari buku, internet, atau sumber mana saja setiap hari dengan suara keras.

Meski awalnya merasa malu atau khawatir melakukan kesalahan, lama-kelamaan kamu akan terbiasa mendengar diri sendiri berbicara dalam bahasa tersebut. Hal ini bisa menjadi faktor penting, karena orang yang tidak pede dalam melakukan conversation dalam bahasa Inggris biasanya memiliki kendala dalam mendengar diri sendiri berbicara dalam bahasa tersebut.

Memperbanyak latihan

Selain membaca buku dengan suara lantang, kamu bisa memperbanyak latihan berbicara dalam bahasa Inggris dengan cara mendengarkan orang lain berbicara dalam bahasa tersebut. Sebagai contoh, jika kamu menonton film atau serial televisi dalam bahasa tersebut, coba ulangi ucapan para tokoh. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama jika mendengar orang berpidato dalam bahasa Inggris di televisi.

Selain itu, cara lain sebagai salah satu bentuk latihan berbicara dalam bahasa Inggris adalah menyanyi menggunakan lagu dalam bahasa tersebut. Meski bukan berbicara, menyanyi membuat kamu menggunakan bahasa Inggris secara verbal. Hal ini juga akan membantu kamu yang ingin meningkatkan kemampuan speaking dalam bahasa Inggris.

Cari teman belajar speaking

Daripada belajar sendiri, belajar bahasa Inggris bersama orang lain akan lebih mudah, khususnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara atau speaking. Oleh sebab itu, cari teman yang juga memiliki keinginan yang sama denganmu, yaitu lebih percaya diri saat berbicara dalam bahasa Inggris. Tidak perlu dalam jumlah banyak, satu atau dua teman pun sudah cukup.

Kamu bisa membentuk grup chat dan memberlakukan peraturan “English only” atau hanya boleh bertukar pesan dalam bahasa Inggris. Lalu, saat bertemu dengan mereka, berlakukan peraturan yang sama. Akan lebih mudah jika kamu bisa melakukannya dengan orang yang bertemu denganmu setiap hari. Dengan cara ini, kamu akan lebih cepat terbiasa dan semakin percaya diri untuk berbicara dalam bahasa ini.

Jangan mudah menyerah

Sering kali, saat berlatih berbicara dalam bahasa Inggris, kamu akan kembali menggunakan bahasa Indonesia jika bertemu dengan kata yang kamu tidak tahu padanannya dalam bahasa Inggris. Padahal, jika kamu terus melakukan hal tersebut, kemampuan berbicara dalam bahasa Inggrismu akan stuck dan tidak meningkat.

Oleh sebab itu, jangan mudah menyerah jika ada kata bahasa Inggris yang tidak kamu ketahui. Segera cari padanan katanya dalam kasus bahasa Inggris, hafalkan, dan gunakan berulang kali. Lama-kelamaan, kamu akan mengingatnya dan terbiasa menggunakannya. Hal ini justru memperkaya kosakata yang kamu miliki. Dengan melakukan tips ini, kemampuan kamu berbicara dan memulai conversation dalam bahasa Inggris akan meningkat.

Yuk, latih terus kemampuan speaking dan conversation dalam bahasa Inggris, kamu juga bisa loh kunjungi link ini untuk menambah informasi tentang bagaimana menambah kemampuan conversation.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Berbicara dalam Bahasa Inggris