Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Metode Belajar Conversation Paling Cepat
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Metode Belajar Conversation Paling Cepat

2020.08.31

Kemampuan menggunakan suatu bahasa tidak hanya dinilai dari aspek pasif seperti membaca dan mendengarkan, tapi juga dari aspek aktif seperti menulis dan berbicara. Kamu biasanya sudah dianggap mahir dalam berbahasa Inggris jika sudah lancar berbicara atau melakukan conversation. Nah, apa saja sih metode belajar conversation paling cepat agar fasih berbicara dalam bahasa Inggris?

Berani malu

Biasanya, perasaan malu, tidak percaya diri, atau takut salah adalah masalah terbesar saat seseorang ingin belajar bahasa Inggris. Bisa saja, hal ini juga terjadi pada kamu. Padahal, saat malu dan tak percaya pada kemampuan sendiri, kamu semakin enggan melatih diri untuk melakukan conversation bahasa Inggris dengan orang lain.

Hal ini tentu amat disayangkan karena salah satu metode cepat belajar conversation adalah memperbanyak latihan. Saat merasa malu dan takut salah, kamu mungkin jadi mengurungkan niat untuk praktek conversation dengan orang lain.

Selain itu, salah adalah hal yang wajar dilakukan saat sedang belajar sebagai bagian dari proses itu sendiri. Saat kamu melakukan kesalahan, kamu jadi tahu bagaimana melakukannya dengan benar dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi di lain waktu.

Berani mengajak bicara orang lain terlebih dahulu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin sering kamu mempraktekkan conversation bahasa Inggris dengan orang lain, semakin cepat kamu membiasakan diri untuk berbicara sekaligus berpikir dalam bahasa tersebut.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengajak orang lain berbicara dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Jika kamu masih malu melakukannya dengan orang asing atau orang yang tidak terlalu kamu kenal, ajak orang terdekatmu. Misalnya, orangtua, saudara, pasangan, atau teman.

Bahkan, jika perlu, ajak mereka untuk terus berbicara dalam bahasa Inggris setiap bertemu denganmu. Dengan kemampuan bahasa Inggris orang lain yang juga berbeda-beda, kamu pasti akan belajar banyak hal baru.

Fokus pada topik-topik tertentu

Jika ingin mengasah kemampuan dalam melakukan conversation dengan topik yang beragam, kamu bisa melakukannya dengan fokus pada topik-topik tertentu saat sedang melakukan percakapan. Saat fokus pada satu topik, kamu dan lawan bicara mungkin akan semakin spesifik dalam membahas topik tersebut.

Semakin spesifik obrolan yang kamu miliki dengan lawan bicara, semakin banyak kosakata yang digunakan. Kaya akan kosakata juga akan membantumu lebih percaya diri saat melakukan percakapan di kemudian hari. Bisa saja, kosakata yang kamu dapatkan dari topik tertentu bisa kamu gunakan dalam berkomunikasi sehari-hari.

Memanfaatkan setiap kesempatan yang dimiliki

Jika kamu berada di dalam lingkungan di mana banyak orang sering menggunakan bahasa Inggris saat melakukan percakapan, kamu adalah orang yang beruntung. Artinya, kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk belajar.

Jangan pernah takut untuk menanggapi obrolan seseorang dalam bahasa Inggris, selama masih sopan, dan keberadaanmu tidak mengganggu percakapan yang telah terjadi. Hal ini menjadi salah satu metode belajar conversation karena kamu juga akan semakin sering praktek bicara dengan orang lain.

Selama kamu melaksanakan berbagai metode cepat belajar conversation yang telah disebutkan, dijamin kamu akan fasih berbicara dalam bahasa Inggris dalam waktu singkat. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

Metode Belajar Conversation Paling Cepat