Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Pentingnya Membaca Buku Bahasa Inggris
Gaya Hidup

Pentingnya Membaca Buku Bahasa Inggris

2020.08.14

Seiring dengan globalisasi, pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris menjadi semakin penting. Tidak hanya kemampuan berbicara, tapi juga kemampuan menulis dan membaca. Namun sayang, tidak semua orang menyadari betapa pentingnya hal tersebut. Maka, hanya segelintir orang yang tertarik membaca buku bahasa Inggris. Akan tetapi, tahukah kamu membiasakan diri untuk membaca buku bahasa Inggris itu penting? Berikut adalah beberapa alasan pentingnya membaca buku dalam bahasa asing tersebut.

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional

Ya, bahasa asing yang satu ini adalah bahasa yang digunakan sebagai bahasa global. Jadi, tak heran jika buku-buku dari berbagai negara lain, seperti Tiongkok, Spanyol, Jerman, dan berbagai negara lainnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dijual ke berbagai negara.

Sementara itu, masih amat sedikit buku dari negara-negara tersebut yang langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Maka itu, saat kamu ingin mendapatkan pengetahuan dari buku yang berasal dari negara tersebut, kamu bisa membacanya dalam versi terjemahan bahasa Inggris.

Bayangkan, seberapa banyak buku yang kamu baca dan ilmu yang kamu dapat jika membiasakan diri membaca buku-buku dalam bahasa Inggris?

Memperkaya wawasan serta sudut pandang

Membaca buku bahasa Inggris sama halnya dengan membaca buku dengan pola pikir penulis yang berbeda dari penulis-penulis buku Indonesia. Kamu mungkin membaca sebuah topik bacaan yang sama dengan topik yang pernah kamu baca dalam buku bahasa Indonesia.

Namun, tentu saja isinya disajikan dalam sudut pandang yang berbeda. Di samping itu, kamu juga akan mengetahui bagaimana orang dari negara lain memandang topik tersebut, dan mungkin juga ada informasi-informasi lain yang belum kamu dapatkan dalam buku berbahasa Indonesia.

Dengan begitu, informasi dan pemahaman kamu akan suatu topik akan semakin luas. Di samping itu, kamu juga bisa melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Meningkatkan kemampuan literasi bahasa Inggris

Pentingnya membaca buku bahasa Inggris juga bisa kamu rasakan saat proses mempelajari bahasa tersebut. Dengan membaca, kamu juga sedang meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Sebagai contoh, saat membaca, kamu akan menemukan banyak kosa kata baru yang mungkin tidak pernah kamu ketahui sebelumnya.

Selain itu, otak juga akan semakin ‘akrab’ dengan penggunaan bahasa Inggris dalam bacaan. Tidak menutup kemungkinan, dengan sering membaca buku berbahasa Inggris, kamu menjadi lebih mudah berpikir dalam bahasa tersebut.

Meningkatkan kemampuan literasi bahasa Inggris juga akan mendorong kemampuan kamu dalam aspek lain, misalnya kemampuan tata bahasa (grammar), kemampuan menulis, dan juga kemampuan berbicara.

Memudahkan proses belajar

Tidak hanya pelajar, orang dewasa yang juga sudah masuk ke dalam dunia kerja pun masih butuh belajar. Jika kamu sudah terbiasa membaca buku berbahasa Inggris, proses belajar pun akan menjadi semakin mudah.

Untuk pelajar dan mahasiswa, hampir semua buku diktat atau modul belajar kini tersedia dalam bahasa Inggris. Hal ini disebabkan, sumber-sumber buku bahasa Inggris memang lebih kaya informasi dan sesuai dengan kebutuhan belajar.

Sementara itu, untuk kamu yang sudah memasuki dunia kerja, menambah ilmu dan wawasan demi kemajuan karir itu penting. Tidak hanya buku bahasa Indonesia, kamu juga disarankan untuk membaca buku berbahasa Inggris.

Semakin banyak buku yang kamu baca, semakin luas pula pemahaman kamu terhadap bidang yang sedang kamu tekuni.

Dengan berbagai alasan pentingnya membaca buku bahasa Inggris tersebut, kamu seharusnya tidak ragu lagi untuk membiasakan diri membaca buku dalam bahasa ini. Nah, buku apa yang sekarang ingin kamu baca?

Daftar Konsultasi Gratis

baca buku berbahasa inggris