Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Gerakan Olahraga Ringan untuk Kamu yang Super Sibuk
Gaya Hidup

5 Gerakan Olahraga Ringan untuk Kamu yang Super Sibuk

2023.03.29

Olahraga adalah salah satu upaya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat. Sayangnya, masih banyak yang menyepelekan manfaat dari aktivitas yang satu ini. Padahal, semakin sering berolahraga, semakin sehat pula tubuh kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menjadikan aktivitas olahraga menjadi bagian dari pola hidup sehat yang kita lakukan secara rutin. Nah, kamu yang merasa sibuk, jangan menjadikannya alasan untuk tidak berolahraga. Pasalnya, ada banyak gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, sesibuk apapun kegiatanmu, kamu tetap bisa melakukannya di rumah. Apa saja? Berikut contoh gerakan olahraga ringan untuk kamu yang sibuk:

Jalan kaki

Mungkin masih banyak yang belum menyadari bahwa aktivitas ringan seperti jalan kaki merupakan olahraga yang bisa kamu lakukan setiap hari. Tidak perlu mengatur waktu khusus untuk berjalan kaki jika memang tidak ada waktu. Kamu bisa melakukannya dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan kamu untuk naik kendaraan saat bepergian dengan jalan kaki. Sebagai contoh, jika kamu terbiasa untuk naik kendaraan pribadi saat pergi dan pulang ke kantor, cobalah untuk menggantinya dengan berjalan kaki. Apabila jarak rumah dan kantor terlalu jauh dan tidak mungkin untuk jalan kaki, pilih angkutan umum yang bisa membantu kamu menempuh sebagian perjalanan menuju ke kantor dengan berjalan kaki.

Angkat beban

Gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan kerja adalah angkat beban. Jangan membayangkan mengangkat beban seberat atlit-atlit angkat beban, ya. Kamu cukup membeli dumbbell berukuran kecil yang bisa kamu lakukan untuk berolahraga ringan di rumah.

Aktivitas ini bisa kamu lakukan sambil melakukan kegiatan lain, lho. Misalnya sambil membaca buku, sambil menggunakan gadget, hingga menonton film. Melakukannya selama kurang lebih 30 menit setiap harinya sudah cukup untuk membentuk rutinitas olahraga agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Naik turun tangga

Olahraga ringan lainnya yang bisa kamu lakukan baik di rumah atau di kantor adalah naik turun tangga. Jika rumah atau kantor memiliki tangga di dalamnya, kamu bisa memanfaatkannya untuk berolahraga. Caranya mudah, kamu bisa menaiki dan menuruni tangga secara berulang kali dalam kurun waktu yang bisa kamu tentukan sendiri.

Pilihan gerakan olahraga yang satu ini tentu sangat mudah, karena kamu tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk berolahraga. Cukup melakukannya selama tiga puluh menit setiap harinya, olahraga yang satu ini tidak akan menyita banyak waktumu. Kamu juga bisa melakukan olahraga ini sambil mendengarkan musik. Namun, hati-hati ya, jangan sampai terjatuh.

Bersepeda

Selain jalan kaki, pilihan transportasi lain yang bisa kamu gunakan untuk ke kantor sembari berolahraga adalah sepeda. Ya, bukan sepeda motor, melainkan sepeda kayuh bisa kamu gunakan untuk transportasi kamu saat pergi dan pulang ke kantor. Dengan begitu, kamu bisa melakukan olahraga tanpa mengganggu waktu sibukmu. Tentunya, jika kamu ingin mengendarai sepeda ke kantor, kamu perlu membawa baju ganti dan juga perlengkapan mandi. Pasalnya, baju yang kamu gunakan di perjalanan pasti akan berkeringat sehingga tidak nyaman digunakan lagi untuk bekerja. Justru, lebih baik gunakan pakaian seperti hendak berolahraga dan membawa ganti berupa baju kerja jika kamu ingin melakukan aktivitas ini.

Peregangan

Salah satu gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah peregangan jika sedang sibuk. Apalagi, jika kamu adalah pegawai kantoran yang menghabiskan waktumu di meja kerja dari pagi hingga sore. Tentu, ini adalah pilihan olahraga yang tepat.

Kamu bisa melakukan peregangan tangan maupun punggung. Pilih jenis peregangan yang sedang paling kamu butuhkan berdasarkan kondisi tubuhmu. Nah, kamu bisa melakukannya baik dari meja kantor maupun saat sudah berada di rumah. Pastinya, aktivitas olahraga seperti ini tidak akan menyita banyak waktumu.

Nah, kini, sibuk sudah tidak bisa menjadi alasan lagi untuk tidak berolahraga ya. Pasalnya, sudah ada banyak kegiatan olahraga yang bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Gerakan Olahraga Ringan untuk Kamu yang Super Sibuk