Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ketika Berpuasa
Gaya Hidup

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ketika Berpuasa

2020.04.15

Sibuk bekerja di bulan puasa bisa menjadi penyebab kamu mengalami gangguan kesehatan jika tidak diimbangi dengan olahraga. Apalagi jika kamu pegawai yang harus terus-menerus duduk di depan layar laptop. Hal ini juga bisa menyebabkan kesehatan mata terganggu. Maka itu, ada baiknya kamu tetap berolahraga meski sedang berpuasa. Tidak perlu yang berat, asal tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu. Kira-kira apa saja ya olahraga yang baik di bulan puasa?

Lari

Salah satu pilihan olahraga yang mudah dan tidak membutuhkan bantuan alat apapun adalah berlari. Tidak harus lari, kamu juga bisa jogging. Olahraga ini juga membantu kamu menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa.

Tipsnya, jangan berlebihan dan pastikan detak jantung berada dalam pengawasanmu. Jika kamu sudah merasa sudah tidak kuat berlari, jangan memaksakan diri, karena hal tersebut akan mempengaruhi ibadah puasa yang sedang kamu jalankan.

Lari bisa dilakukan di pagi hari, tapi mungkin akan lebih efektif jika Anda melakukannya sebelum buka puasa atau pada malam hari. Agar tidak cepat merasa lelah, pilih lokasi yang menurut kamu nyaman sebagai track untuk berlari.

Berjalan kaki

Olahraga yang satu ini bisa dilakukan kamu yang merasa tidak kuat jika harus berlari atau jogging. Tidak masalah kok hanya berjalan kaki. Bahkan, sebaiknya kamu juga melakukan ini sesekali saat sedang bekerja di kantor.

Pasalnya, jika kamu tidak mengistirahatkan diri, kamu bisa saja mengalami bahaya terlalu lama di depan laptop, misalnya kesehatan mata terganggu. Dengan sesekali berjalan kaki di sekeliling kantor, kamu memberi kesempatan mata, punggung, dan bagian tubuhmu yang lain untuk beristirahat dan rileks sejenak.

Selain itu, kamu bisa melakukannya di pagi hari atau berjalan kaki selama 30 menit menjelang berbuka puasa. Justru berolahraga sebelum berbuka memberikan rasa puas dan lega yang luar biasa.

HIIT

Meski terdengar berat, HIIT juga bisa menjadi pilihan yang menarik, lho, untuk berolahraga di bulan puasa. Hal yang terpenting adalah kamu tahu batasanmu. Artinya, jangan memaksakan diri secara berlebihan.

Waktu yang tepat untuk HIIT adalah pagi hari sebelum kamu sahur. Namun, jika tidak sempat, kamu boleh juga melakukannya pada malam hari setelah ibadah tarawih. Kamu juga boleh, kok, melakukannya di waktu lain selama kamu nyaman dan olahraga ini tidak mengganggu aktivitas puasa.

Senam cardio

Senam cardio adalah pilihan olahraga yang cocok buat kamu yang lebih suka dengan gerakan senam. Biasanya, para wanita lebih suka dengan olahraga yang identik dengan bergoyang ini. Apalagi, senam cardio juga bisa dilakukan beramai-ramai dengan orang lain. Jadi, olahraga bisa semakin seru.

Sama seperti olahraga lainnya, kamu bisa melakukan senam cardio setidaknya satu jam sebelum buka puasa. Jadi, saat senam cardio usai, waktunya pas dengan berbuka. Segala dahaga pun terbayar dengan kesegaran. Tubuh pun menjadi lebih sehat dan bugar.

Olahraga tim

Selepas olahraga, kamu juga bisa lho, mengadakan acara buka bersama dengan teman-teman yang olahraga bersamamu. Seru, kan?

Dengan berbagai pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan di bulan puasa ini, sudah tidak ada alasan untuk bermalas-malasan di bulan Ramadhan nanti, ya!

Daftar Konsultasi Gratis