Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Cara Lain Bilang Goodbye dalam Bahasa Inggris
Gaya Hidup

5 Cara Lain Bilang Goodbye dalam Bahasa Inggris

2022.12.27

Dalam bahasa Inggris, ada banyak cara lain yang bisa kamu gunakan saat ingin mengucapkan “selamat tinggal” kepada lawan bicara. Ya, ternyata, ucapan selamat tinggal tidak terbatas hanya pada kalimat, “Good bye” saja. Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan yang kamu miliki, cobalah mencari tahu padanan kata, frasa, atau kalimat apa saja yang bisa kamu gunakan saat ingin mengucapkan “selamat tinggal”. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa kamu pelajari:

Catch you later

Penggunaan kalimat, “catch you later” bisa kamu gunakan untuk mengucapkan “selamat tinggal”. Arti dari kalimat yang satu ini adalah, “sampai ketemu lagi.” Namun, penggunaan “catch you later” lebih cocok digunakan dalam situasi informal. Misalnya, mengucapkan kepada teman dekat dalam percakapan sehari-hari. Sementara itu, hindari menggunakannya dalam situasi formal karena akan terkesan kurang sopan jika diucapkan kepada lawan bicara.

Talk to you later

Kalimat berikutnya yang juga bisa kamu gunakan untuk mengucapkan “selamat tinggal” adalah “talk to you later.” Kalimat yang satu ini bisa kamu gunakan baik dalam situasi formal maupun informal. Ini artinya, kamu bisa menggunakannya untuk berbicara dengan rekan kerja hingga teman dekat. Konteks dari penggunaannya adalah saat kamu hendak menyambung lagi atau merencanakan pembicaraan dengan lawan bicara, tetapi di waktu lain saat kamu maupun lawan bicara memiliki waktu luang untuk membicarakan hal tersebut.

I must be going

Ucapan berikutnya yang juga bisa kamu gunakan untuk menyampaikan “selamat tinggal” dalam bahasa Inggris adalah “I must be going.” Konteks dari penggunaan kalimat tersebut adalah saat kamu hendak meninggalkan suatu percakapan yang terjadi antara kamu dengan banyak orang lainnya.

Tentu akan terasa tidak sopan jika kamu tiba-tiba mengatakan “Good bye” tanpa alasan yang pasti. Namun, dengan mengatakan “I must be going” atau “I’ve got to get going”, kamu memberi isyarat bahwa kamu harus pergi meninggalkan percakapan tersebut. Biasanya, saat mengatakan hal ini, kamu perlu menambahkan dengan kalimat lain alasan mengapa kamu harus pergi.

Take care

Ucapan yang satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara lain mengucapkan “Good bye”. Kamu bisa menggunakan “take care” baik dalam situasi formal maupun informal. Sedikit berbeda dengan “Good bye”, saat mengatakan “take care”, ada sedikit perhatian yang tersirat dari ucapan tersebut kepada lawan bicara.

Pasalnya, “take care” bermakna, “hati-hati”. Ini tandanya, kamu tidak hanya sekadar mengucapkan, “selamat tinggal” tetapi kamu juga berharap setelah kamu dan lawan bicara berpisah jalan, ia tetap menjaga diri agar selalu berhati-hati dalam perjalanannya.

Have a good day

Kalimat berikutnya yang juga bisa kamu gunakan untuk mengucapkan “selamat tinggal” dengan cara lain adalah, “have a good day”. Meski tak masalah jika menggunakannya dalam situasi informal, penggunaan kalimat ini lebih cocok digunakan dalam situasi formal.

Misalnya, saat kamu sedang berbicara dengan rekan kerja atau rekan bisnis. Kalimat ini menandakan bahwa perpisahan atau akhir dari pertemuan yang berlangsung antara kamu dengan lawan bicara cukup menyenangkan hingga kamu berharap bahwa lawan bicara memiliki “hari yang menyenangkan” dengan cara mengucapkan “have a good day”. Tentu saja, kalimat ini lebih menyenangkan untuk didengar daripada hanya mengucapkan “Good bye”.

Nah, dari kelima cara tersebut, manakah yang paling menarik untuk dicoba?

Daftar Konsultasi Gratis

5 Cara Lain Bilang Goodbye dalam Bahasa Inggris