Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Tips Menggunakan Bahasa Inggris Formal yang Tepat di Telepon
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

4 Tips Menggunakan Bahasa Inggris Formal yang Tepat di Telepon

2021.06.07

Apakah kamu termasuk orang yang suka telfonan? Jika ya, pernahkah kamu telfonan menggunakan bahasa Inggris? Saat telfonan menggunakan bahasa Inggris dengan teman atau keluarga, kamu mungkin tidak ambil pusing mengenai tata bahasa atau ketepatan penggunaan vocabulary. Namun, saat berbicara melalui telepon dengan orang lain dalam lingkup profesional, kamu tentu ingin terdengar lancar tanpa salah saat berbicara dalam bahasa Inggris. Nah, berikut tips yang bisa kamu lakukan agar meminimalkan kesalahan:

Memperkenalkan diri

Jika kamu yang menelepon orang lain, tentu kamu harus memperkenalkan diri terlebih dahulu, berikut menjelaskan kepentingan menelepon. Jangan lupa, kamu juga harus menggunakan bahasa formal yang baik dan sopan.

Biasanya, sebagian besar orang ‘keceplosan’ menggunakan bahasa Inggris informal karena terbiasa menggunakannya saat berbicara dengan orang terdekat. Nah, berikut adalah beberapa contoh bahasa Inggris formal untuk memperkenalkan diri melalui telepon:

Hello, this is Chandra Adi Pamungkas speaking.

Hello Alan. This is Bagaskara calling from Bagaskara Group.

Menjawab telepon

Bagi kamu yang gemar telfonan dengan orang terdekat, cara menjawab telepon biasanya tidak terlalu dipikirkan. Artinya, kamu bisa saja menjawab hanya dengan kata, “Hello” saat menjawab telepon dari orang yang sudah akrab denganmu.

Namun, jika kamu menjawab telepon dalam lingkup profesional, tentu kamu harus memperhatikan bahasa yang kamu gunakan. Apalagi jika kamu mewakili perusahaan atau tempat kamu bekerja. Oleh sebab itu, jangan sampai salah menggunakan bahasa informal, ya.

Berikut adalah contoh bahasa Inggris formal untuk menjawab telepon:

Good morning. This is Sisca speaking. How can I help you?

Hello, this is Miranda Presley’s office. How may I help you?

Miranda Presley’s office. This is Jenna speaking. May I help you?

Meminta untuk disambungkan dengan orang lain

Tidak semua orang mengangkat teleponnya sendiri. Biasanya, orang dengan jabatan tinggi atau orang yang menggunakan telepon kantor bersama tidak bisa mengangkat teleponnya secara langsung. Alhasil, saat kamu menghubungi tempatnya bekerja, bisa jadi orang lain yang akan menjawab telepon tersebut.

Hal ini membuat kamu harus meminta orang yang mengangkat telepon untuk menyambungkan telepon tersebut kepada orang yang ingin kamu hubungi. Nah, dalam lingkup profesional, kamu tentu tidak bisa sembarang mengatakan, “Is John there?” karena hal ini dianggap tak sopan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan bahasa Inggris formal yang bisa kamu gunakan jika ingin meminta disambungkan dengan orang lain:

May I speak to Mrs. Johnson in the marketing department, please?

Good morning. Is Mrs. Presley available, please?

Hello, I’d like to speak to Mr. Buckley, please.

Menghubungkan orang lain lewat telepon

Kini, posisikan dirimu sebagai orang yang hendak menyambungkan telepon. Ini artinya, kamu adalah orang yang mengangkat telepon dan hendak memberikan sambungan telepon tersebut kepada orang yang dicari penelepon.

Tentu saja, kamu tidak bisa mengatakan, “Ok,” atau “Wait” jika melakukannya saat bekerja, karena kamu akan dianggap tidak sopan dan tidak profesional. Oleh karena itu, perhatikan beberapa contoh yang bisa kamu gunakan berikut:

One moment, sir. I’ll see if he’s available.

Hold the line, please. I’ll put you through in a moment.

Could you please hold on a minute?

Dengan berbagai tips di atas, kini kamu sudah tidak perlu khawatir lagi jika harus telfonan menggunakan bahasa Inggris dalam lingkup profesional. Pasalnya, awalan telepon yang baik akan membuatmu lebih percaya diri saat melakukan percakapan lebih lanjut.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Tips Menggunakan Bahasa Inggris Formal yang Tepat di Telepon