Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Perbedaan Bahasa Inggris Business dan Bahasa Inggris Biasa
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Perbedaan Bahasa Inggris Business dan Bahasa Inggris Biasa

2020.04.24

Tahukah kamu bahwa dalam dunia bisnis, salah satu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara umum adalah bahasa Inggris? Namun, bukan bahasa Inggris yang biasa kamu gunakan sehari-hari, ya. Ada bahasa Inggris business, yaitu bahasa yang digunakan dalam lingkup profesional, khususnya dalam konteks berbisnis. Lalu, apa perbedaan antara bahasa Inggris dan bahasa Inggris sehari-hari?

Tingkatan bahasanya

Umumnya, penggunaan bahasa Inggris sehari-hari digunakan oleh orang yang masih dalam tahapan awal mempelajari bahasa Inggris. Oleh karena itu, kosakata yang digunakan masih tergolong mudah untuk dipelajari.

Sementara itu, penggunaan bahasa Inggris business digunakan oleh orang yang sudah tergolong fasih berbahasa Inggris, sehingga kosakata yang digunakan sudah tergolong advanced atau sudah pada tingkatan tertinggi.

Pilihan kata

Dalam business english, pilihan kosakata yang mengacu terhadap suatu hal bisa sangat spesifik. Artinya, pilihan kata yang tersedia semakin banyak tapi memiliki arti yang sangat spesifik. Jika dalam bahasa Inggris sehari-hari kamu harus menjelaskan secara detail agar bisa menyampaikan maksud yang tepat, bisa saja dalam bahasa Inggris business, kondisi atau hal yang kamu jelaskan sudah memiliki term atau bahasa sendiri.

Misalnya, dalam bahasa Inggris business, terdapat kata “itinerary” yang artinya rencana perjalanan. Padahal, dalam bahasa Inggris sehari-hari, kamu mungkin akan menjelaskan menggunakan kata, “travel plan”.

Tujuan penggunaan

Sementara itu, tujuan penggunaan dari bahasa Inggris business dan bahasa Inggris sehari-hari juga berbeda. Bahasa Inggris sehari-hari digunakan untuk percakapan dalam lingkup yang kasual, sehingga kamu bisa menggunakan bahasa ini saat sedang berbicara dengan keluarga, teman, atau orang-orang terdekat.

Sementara itu, bahasa Inggris business lebih fokus digunakan dalam kepentingan profesional. Misalnya, saat kamu sedang bertemu dengan kolega, klien bisnis, dan masih banyak lagi. Penggunaan business english pada saat-saat tertentu memang penting demi kemudahan komunikasi agar lebih fokus dan spesifik.

Formalitas bahasa

Rupanya, kosakata dalam bahasa Inggris business cenderung lebih formal jika dibandingkan pada general english yang lebih banyak mengandung bahasa informal. Hal ini tentu menjelaskan konteks penggunaan. Bahasa Inggris sehari-hari cenderung lebih informal karena memang hanya digunakan pada situasi-situasi yang kasual.

Sementara itu, pada bahasa Inggris business, bahasa yang digunakan cenderung bahasa formal. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa ini digunakan pada konteks yang formal dan serius. Hal-hal yang berkaitan dengan bisnis dan pekerjaan memang cenderung formal demi mempertahankan profesionalitas.

Metode pembelajaran

Perbedaan pun juga terlihat pada cara belajar. Saat mempelajari general english, kamu bisa mendapatkan materi apa saja. Sebagai contoh, kamu bisa belajar bahasa Inggris sehari-hari dengan membiasakan diri menonton film, membaca buku, atau mendengarkan lagu.

Namun, hal itu sedikit kurang efektif jika kamu ingin mempelajari bahasa Inggris business. Oleh karena itu, kelas business english sering kali menggunakan metode yang lebih banyak mengedepankan praktik. Misalnya, kamu dibiasakan untuk menulis business letter dengan cara berlatih menulis. Selain itu, kamu juga berlatih untuk berkomunikasi secara profesional menggunakan business english agar kamu jadi terbiasa.

Hal-hal di atas adalah lima perbedaan yang cukup mencolok antara general english dan business english. Jika kamu ingin belajar business english, lebih baik ikut kelas khusus sehingga pembelajaran pun lebih terfokus.

Daftar Konsultasi Gratis