Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Artis Indonesia yang Menginspirasi di Dunia Pendidikan
Gaya Hidup

6 Artis Indonesia yang Menginspirasi di Dunia Pendidikan

2023.03.15

Kehidupan artis dan selebriti biasanya identik dengan kehidupan yang glamor. Jalan-jalan keluar negeri, rumah mewah, serta pakaian dan aksesori merek desainer ternama sudah jadi hal yang lumrah. Tapi ada pula beberapa artis Indonesia yang namanya tidak cuma lekat dengan kemewahan, tapi juga dengan jiwa sosialnya dan prestasinya di dunia pendidikan.

Pendidikan yang baik tentu sangat penting, bukan? Siapa saja artis Indonesia yang mendirikan sekolah untuk anak kurang mampu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1.       Cinta Laura

Kakek Cinta Laura mendirikan Soekarseno Foundation yang fokus pada dunia pendidikan pada tahun 2002. Pada tahun 2007, Soekarseno Foundation mendirikan Pangerasan Education Center, sekolah tingkat SMP yang gratis dan ditujukan untuk anak keluarga kurang mampu. Cinta Laura sendiri berperan sebagai Wakil Ketua Soekarseno Foundation. Selain memegang jabatan itu, Cinta Laura juga mendonasikan sebagian hasil kerjanya sebagai artis ke Pangerasan Education Center.

2.       Yuni Shara

Pendidikan untuk Anak Usia Dini (PAUD) tidak kalah pentingnya dengan pendidikan tinggi untuk anak yang lebih tua seperti SMP atau SMA. Yuni Shara adalah artis Indonesia yang memperhatikan pendidikan untuk anak-anak dan mendirikan PAUD Cahaya Permata Abadi di Malang, Jawa Timur. SPP di PAUD ini sangat murah, hanya Rp 3.500,- saja! Anak yang kurang mampu juga boleh membayar SPP dalam bentuk sayur atau buah-buahan. Tapi kualitas pendidikan dengan guru dan fasilitas sekolah yang baik tetap dijaga. Apalagi sekolah ini sudah mendapatkan akreditasi A dan sudah memiliki Gedung sendiri.

3.       Ruben Onsu & Sarwendah

Pasangan selebriti Ruben Onsu & Sarwendah membangun sekolah gratis Taman Pendidikan Sarwendah pada 2019. Selain PAUD, area sekolah gratis ini juga memiliki Taman Bacaan dan Bimbingan Belajar. Sampai saat ini, PAUD Taman Pendidikan Sarwendah telah memiliki sekitar 30 siswa dan mendapat biaya operasional dari bantuan APBD serta donasi pribadi dari Sarwendah.

Inspirasi di dunia pendidikan tidak hanya datang dari artis yang membangun sekolah saja. Ada pula selebriti yang menginspirasi karena capaian prestasinya yang luar biasa. Mereka tidak hanya dikenal karena kemampuannya di dunia hiburan, tapi juga karena keberhasilannya di sekolah tinggi. Beberapa artis tersebut di antaranya adalah:

1.       Maudy Ayunda

Artis cantik ini tidak hanya dikenal sebagai aktris dan penyanyi, tapi juga karena prestasinya. Setelah menyelesaikan S1 di Oxford University dengan predikat cumlaude di jurusan Politic, Philosophy, and Economics, Maudy melanjutkan pendidikan S2 di Stanford University. Di Stanford University, Maudy bahkan mengambil 2 jurusan sekaligus, yaitu Administrasi Bisnis dan Pendidikan, sehingga saat lulus dia mendapat gelar MA dan MBA sekaligus.

2.       Isyana Sarasvati

Bakat penyanyi yang satu ini memang luar biasa. Pada usia 16 tahun, Isyana mendapatkan beasiswa di Nanyang Academy of Fine Arts Singapura (NAFA). Sete;ah mendapat Diploma di bidang Music Performance pada tahun 2013, dia kembali mendapatkan beasiswa di NAFA bekerja sama dengan The Royal College of Music, London, untuk Bachelor of Music.

3.       Tasya Kamila

Banyak yang mengenal artis ini sebagai penyanyi cilik yang menggemaskan. Tapi kini sang penyanyi cilik telah dewasa dan telah mencapai berbagai prestasi membanggakan. Setelah lulus dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Tasya melanjutkan pendidikan S2 dan berhasil meraih gelar dari Columbia University, New York, jurusan Public Administration.

Pendidikan adalah langkah awal dari kesuksesan kita. Semoga para selebriti yang telah dibahas di sini menginspirasi kamu untuk terus belajar dan menggapai mimpi. Tetap semangat!

Daftar Konsultasi Gratis

6 Artis Indonesia yang Menginspirasi di Dunia Pendidikan – EF Adults