Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Negara di Dunia dengan Sistem Pendidikan Terbaik

5 Negara di Dunia dengan Sistem Pendidikan Terbaik

2020.03.13

Kamu tentu setuju bahwa pendidikan adalah faktor penting yang akan menentukan masa depan suatu bangsa. Sayangnya, tidak semua negara memiliki pola pikir yang sama mengenai pendidikan. Maka tak heran jika masih ada negara yang tertinggal dalam aspek yang satu ini. Lalu, negara mana saja yang memiliki sistem pendidikan terbaik? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Finlandia

Tahukah kamu bahwa titel pendidikan terbaik di dunia dipegang oleh Finlandia? Ya, Finlandia memang dikenal sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan di sekolah yang baik. Di negara ini, tidak ada sistem ranking dan semua murid diajarkan dengan guru dengan kualitas yang sama tanpa dibeda-bedakan.

Alhasil, hampir semua pelajar di negara tersebut tidak memiliki gap yang terlalu besar dalam masalah pendidikan di sekolah. Bahkan, pemerintah Finlandia melarang sekolah untuk memberikan terlalu banyak PR bagi para murid. Anak-anak sekolah juga hanya melakukan satu ujian saja semasa sekolah, yaitu pada usia 16 tahun.

Jepang

Sementara itu, salah satu negara Asia dengan pendidikan terbaik adalah Jepang. Sama halnya dengan sistem pendidikan di Indonesia, anak-anak di Jepang juga harus menghabiskan waktu enam tahun untuk pendidikan SD, tiga tahun untuk pendidikan SMP, dan dilanjutkan dengan tiga tahun pendidikan SMA. Perbedaannya terletak pada fakta bahwa negara sakura ini memiliki kualitas terbaik dalam pendidikan matematika, sains, dan literatur.

Sebenarnya, di Jepang, pendidikan menengah ke atas tidak diwajibkan. Akan tetapi, minat belajar warga Jepang yang tinggi membuat hampir 98% penduduknya menyelesaikan pendidikannya hingga tamat SMA.

Qatar

Salah satu negara dengan pendidikan terbaik lainnya adalah Qatar. Bahkan, pemerintah Qatar mengalokasikan dana yang cukup besar dalam sektor pendidikannya, hingga memberikan pendidikan gratis.

Hal ini dilakukan oleh negara tersebut untuk mencapai target mereka, di mana pada tahun 2030 nanti, Qatar diharapkan sudah menjadi negara mandiri dengan sumber daya manusia yang hebat dan berkualitas.

Belanda

Sementara itu, pendidikan terbaik di Eropa salah satunya dipegang oleh negara kincir angin, Belanda. Anak-anak di Belanda terhitung sebagai anak-anak paling bahagia di dunia. Mengapa? Pasalnya, para pelajar di Belanda tidak diberikan banyak pekerjaan rumah hingga memasuki sekolah menengah.

Bahkan, anak-anak di negara tersebut dilaporkan tidak merasakan stres atau tekanan dari pihak sekolah sehingga mereka justru senang pergi bersekolah. Di negara tersebut, pendidikan terbagi oleh sekolah keagamaan dan sekolah negeri biasa. Sedangkan jumlah sekolah swasta tergolong sangat sedikit.

Swiss

Negara dengan pendidikan terbaik lainnya adalah Swiss. Tahukah kamu bahwa di Swiss, hanya 5% anak-anak yang pergi belajar di sekolah swasta? Ya, 95% lainnya belajar di sekolah negeri. Di Swiss, bahasa pengantar yang digunakan di sekolah berbeda-beda, bergantung pada daerahnya. Bahasa Italia, bahasa Jerman, dan bahasa Perancis menjadi tiga bahasa yang paling banyak digunakan sebagai bahasa pengantar di sekolah.

Siswa dan siswi di Swiss yang belajar di sekolah negeri akan serentak mempelajari hal yang sama sampai lulus sekolah dasar. Baru setelah memasuki sekolah menengah, para pelajar akan dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat agar bisa lebih fokus belajar.

Pendidikan yang baik mencerminkan masa depan yang cerah. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia sudah sepantasnya memerhatikan pendidikan di negara ini dalam rangka mempersiapkan masa depan bangsa yang lebih baik.

Daftar Konsultasi Gratis