Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Pengertian dan Contoh dari Subordinating Conjunction
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Pengertian dan Contoh dari Subordinating Conjunction

2023.08.23

Apakah kamu sedang belajar bahasa Inggris? Jika ya, kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan konjungsi atau conjunction. Ini adalah istilah lain dari kata hubung dalam bahasa Inggris. Umumnya, konjungsi berupa satu kata yang menghubungkan berbagai elemen dalam sebuah kalimat. Elemen tersebut bisa berupa kata, frasa, klausa, hingga kalimat. Nah, salah satu jenis dari conjunction adalah subordinating conjunction. Berikut ini adalah pengertian dari subordinating conjunction dan contoh penggunaannya dalam kalimat.

Pengertian dari subordinating conjunction

Dalam bahasa Inggris, subordinating conjunction adalah kata atau frasa yang biasanya digunakan untuk menghubungkan dua klausa, yaitu klausa utama dan klausa subordinat.

Perbedaan dari kedua klausa tersebut, klausa utama adalah klausa yang bisa berdiri sendiri sebagai kalimat utuh. Sementara itu, klausa subordinat adalah klausa yang bergantung pada klausa utama untuk bisa menghasilkan makna yang lengkap.

Untuk dapat menghubungkan kedua jenis klausa tersebut, kamu perlu menggunakan subordinating conjunction. Pasalnya, subordinating conjunction dapat membuat salah satu klausa menjadi lebih penting atau dominan. Penggunaan konjungsi yang satu ini biasanya menjadi indikasi hubungan sebab-akibat, waktu, tempat, syarat, tujuan, kontras, hingga perbandingan.

Agar kamu lebih memahami penjelasan di atas, simak beberapa contoh penggunaan subordinating conjunction dalam kalimat bahasa Inggris berikut ini.

Contoh subordinating conjunction beserta penggunaannya dalam bahasa Inggris

1. Sebab-akibat

Conjunction yang menunjukkan hubungan sebab-akibat dari kedua klausa yang digabungkan adalah because (karena), since (karena), dan as (karena).

Contoh penggunaannya dalam kalimat:

●      I stayed at home because it was raining outside. (Saya tinggal di rumah karena hujan di luar.)

●      Since it's your birthday, I bought you a gift. (Karena ini hari ulang tahunmu, aku membelikanmu hadiah.)

●      She was nervous as she had never performed on stage before. (Dia gugup karena belum pernah tampil di panggung sebelumnya.)

2. Waktu

Beberapa contoh subordinating conjunction yang bisa digunakan untuk menunjukkan waktu adalah “after” (setelah), “before” (sebelum), “while” (ketika).

Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris:

●      After I finish my homework, I will go to the park. (Setelah saya menyelesaikan pekerjaan rumah, saya akan pergi ke taman.)

●      Before he left for work, he had breakfast. (Sebelum dia pergi kerja, dia sarapan.)

●      While she was reading a book, her phone rang. (Ketika dia sedang membaca buku, teleponnya berdering.)

3. Tempat

Ada beberapa contoh subordinating conjunction yang bisa digunakan untuk menjelaskan tempat. Contohnya, “where” (di mana) dan “wherever”, (di mana pun).

Contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris:

●       She showed me the park where she likes to jog every morning. (Dia menunjukkan padaku taman di mana dia suka jogging setiap pagi.)

●      You can find good food wherever you go in this city. (Kamu bisa menemukan makanan enak di mana pun kamu pergi di kota ini.)

4. Syarat

Beberapa subordinate conjunction yang dapat menunjukkan hubungan syarat antar klausa adalah “if” (jika), “unless” (kecuali jika), dan “provided that” (asalkan).

Contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris:

●      If it rains, we will stay in the hotel room. (Jika hujan, kami akan diam saja di kamar hotel.)

●      I won’t be able to come to your wedding, unless I talk to my boss to give me permission to use my annual leave. (Aku nggak akan bisa datang ke pernikahanmu, kecuali jika aku mencoba bertanya ke atasanku untuk memberikanku izin supaya aku bisa cuti.)

●      She agreed to help, provided that she gets credit for her contribution. (Dia setuju untuk membantu, asalkan dia mendapatkan pengakuan atas kontribusinya.)

Nah, dari beberapa contoh di atas, kini kamu sudah paham kan apa yang dimaksud dengan subordinating conjunction? Selamat mempelajari contoh-contoh lainnya, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Pengertian dan Contoh dari Subordinating Conjunction