Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Kata-kata Paling Sulit dalam Bahasa Inggris: Idiom dan Frasa Kata Kerja
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Kata-kata Paling Sulit dalam Bahasa Inggris: Idiom dan Frasa Kata Kerja

2023.05.23

Setiap bahasa tentu memiliki beberapa kata yang terkadang sulit untuk dipahami. Hal ini juga berlaku di dalam bahasa Inggris. Ada beberapa kata bahasa Inggris yang tergolong susah dan kata-kata tersebut termasuk ke dalam frasa kata kerja ataupun idiom. Mempelajari kata-kata tersebut tentu dapat meningkatkan penguasaan kamu terhadap bahasa Inggris. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa kamu pelajari:

Break a leg

Idiom yang satu ini memiliki makna yang berbeda dari makna kata per kata secara harfiah. Pasalnya, makna per kata dari “break a leg” adalah “patahkan sebuah kaki”. Padahal, frasa tersebut adalah idiom yang biasanya digunakan untuk memberi semangat kepada orang lain.

Hal ini disebabkan makna dari “break a leg” sebagai idiom adalah, “semoga sukses” atau “semoga berhasil”. Oleh sebab itu, kata-kata ini termasuk sebagai kata-kata sulit dalam bahasa Inggris karena memiliki makna yang bertolak belakang dengan makna kata per kata secara harfiah.

Hit the nail on the head

Kata-kata berikut ini juga memiliki makna yang berbeda jauh dengan makna kata per kata secara harfiah. Jika kamu artikan dari kata per kata, frasa tersebut memiliki arti, “memukul paku di atas kepala”. Padahal, frasa tersebut adalam sebuah idiom dengan makna yang berbeda.

Sebagai idiom, “hit the nail on the head” memiliki arti, “melakukan sesuatu yang tepat atau benar secara tepat sasaran.” Ini biasanya digunakan untuk menjelaskan seseorang yang berhasil menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.

A piece of cake

Masih dengan idiom yang memiliki makna berbeda dengan arti kata per kata secara harfiah, “a piece of cake” adalah kata-kata sulit dalam bahasa Inggris yang jika kamu tidak mengetahui maknanya sebagai idiom, bisa salah paham dengan makna dari frasa tersebut.

Makna harfiah dari “a piece of cake” adalah sepotong kue. Namun, sebagai idiom, kata yang satu ini memiliki arti, “sesuatu yang sangat mudah”. Artinya, saat melakukan hal tersebut, kamu tidak perlu melakukan suatu usaha yang keras. 

To let the cat out of the bag

Frasa kata kerja yang satu ini termasuk ke dalam kata-kata sulit, karena selain berfungsi sebagai kata kerja, frasa yang satu ini juga termasuk idiom yang memiliki arti, “membocorkan rahasia”. Makna tersebut tentu berbeda dengan makna kata per katanya yaitu, “membiarkan kucing keluar dari karung.”

Frasa yang satu ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan kondisi saat seseorang secara tidak sengaja mengungkapkan suatu rahasia atau informasi yang seharusnya tidak boleh diketahui oleh orang lain.

To hit the books

Sama halnya dengan frasa kata kerja sebelumnya, frasa kata kerja yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai idiom. Jika diartikan secara harfiah, “to hit the books” berarti, “memukul buku-buku.” Akan tetapi, maknanya sangat berbeda jika kamu menggunakannya sebagai idiom.

Sebagai idiom, frasa tersebut memiliki makna, “belajar dengan giat dan serius”. Frasa kata kerja yang satu ini biasanya digunakan ketika seseorang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian atau tes sehingga belajar secara intensif.  

Sebenarnya, masih banyak contoh kata-kata sulit lain dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari. Cari tahu lebih banyak lagi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Kata-kata Paling Sulit dalam Bahasa Inggris: Idiom dan Frasa Kata Kerja