Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Frasa Bahasa Inggris yang Bisa Digunakan Sebagai Quantifier
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Frasa Bahasa Inggris yang Bisa Digunakan Sebagai Quantifier

2021.06.15

Untuk memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris, jangan mudah puas dengan vocabulary atau kosakata yang sudah kamu miliki. Contohnya saat menggunakan kata “much” dan “many” sebagai quantifier dalam bahasa Inggris. Meski sudah mengetahui kedua kata tersebut, jangan berhenti mencari tahu sampai di situ saja. Padahal, ada begitu banyak alternatif kata atau frasa bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan sebagai quantifier atau kata yang menyatakan jumlah. Berikut contohnya:

A lot of

Quantifier yang satu ini termasuk yang juga sudah umum diketahui dan digunakan. Frasa bahasa Inggris yang satu ini menyatakan “jumlah yang banyak” baik untuk benda yang bisa dihitung (countable) maupun yang tidak bisa (uncountable).

Dalam kalimat, kamu bisa menggunakan frasa yang ini seperti berikut:

Arina has a lot of music albums.

I hope there will not be a lot of traffic today.

A lot of people are coming to the funeral.

Plenty of

Sama halnya dengan a lot of, frasa bahasa Inggris yang satu ini juga menunjukkan jumlah untuk benda yang bisa maupun tak bisa dihitung. Frasa plenty of berarti “banyak”. Kamu bisa menggunakan frasa ini secara bergantian dengan a lot of.

Contoh penggunaan plenty dalam kalimat adalah sebagai berikut:

Karinta bought plenty of macaroons for us.

There is plenty of water in the sea.

A large number of

Frasa bahasa Inggris yang juga berfungsi sebagai quantifier “a large number of”. Frasa tersebut juga memiliki “banyak”. Akan tetapi, frasa ini lebih sesuai jika kamu gunakan untuk menjelaskan jumlah atas benda yang bisa dihitung (countable).

Contoh penggunaan a large number of adalah:

A large number of people came here to see me.

A large number of dogs were rescued.

A little

Nah, sedari tadi kamu sudah memahami frasa bahasa Inggris yang dibahas adalah frasa pengganti untuk kata jumlah dalam bahasa Inggris yang menunjukkan makna “banyak”. Sementara itu, quantifier tidak melulu hanya menjelaskan jumlah “banyak” tetapi juga “sedikit”.

Frasa a little biasanya digunakan untuk menunjukkan jumlah “sedikit”  bagi benda yang tak bisa dihitung (uncountable). Berikut adalah beberapa contoh penggunaan quantifier yang satu ini:

I only have a little information about the owner of this apartment.

I added a little sugar in my coffee.

A few

Jika “a little” adalah frasa yang digunakan saat menunjukkan jumlah “sedikit” dalam bahasa Inggris untuk benda yang tidak bisa dihitung, “A few” justru dipakai sebagai quantifier untuk benda yang bisa dihitung (countable). Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

Only a few apples left when you came.

I accidentally met a few friends on my way to the coffee shop.

None of

Alih-alih menyatakan jumlah, frasa none of menunjukkan ketidak adaannya jumlah suatu benda, baik yang bisa maupun tak bisa dihitung. Contohnya, dalam kalimat-kalimat berikut ini:

None of the money in our joint account is yours.

He is sad because none of his effort to get a job works.

Beberapa contoh di atas menunjukkan berbagai alternatif dan variasi yang bisa kamu gunakan jika ingin menunjukkan jumlah dalam bahasa Inggris. Yang terpenting adalah memiliki keinginan untuk belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

6 Frasa Bahasa Inggris yang Bisa Digunakan Sebagai Quantifier