Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Kosa Kata Bahasa Inggris Berakhiran -Able dan Artinya
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Kosa Kata Bahasa Inggris Berakhiran -Able dan Artinya

2023.05.23

Apakah kamu pernah menemui kosakata bahasa Inggris yang berakhiran dengan -able? Nah, -able adalah sufiks yang berfungsi untuk membentuk suatu kata baru dari root word atau kata dasar menjadi kata sifat atau adjective, kata kerja atau verb, dan kata benda atau noun. Agar kamu lebih memahami macam-macam kata yang berakhiran -able, berikut adalah beberapa contoh beserta maknanya yang bisa kamu pelajari:

Comfortable

Salah satu kata bahasa Inggris yang memiliki suffix -able adalah “comfortable”. Kata dasar dari kata tersebut adalah “comfort” yang merupakan kata benda atau noun yang bermakna “kenyamanan”. Makna dari kata tersebut berubah setelah diberi imbuhan -able menjadi “nyaman” yang merupakan kata kerja.

Berikut adalah contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata comfortable dengan tepat:

●       I like to wear comfortable clothes when I’m at home. (Aku suka menggunakan pakaian yang nyaman saat aku berada di rumah.)

Dependable

Kata berikutnya yang juga memiliki imbuhan -able adalah “dependable” yang merupakan kata sifat. Kata yang satu ini berasal dari kata “depend” yang merupakan kata kerja atau verb dengan makna “tergantung”. Sementara itu, setelah diberi sufiks “-able” kata tersebut berubah makna menjadi “dapat diandalkan”.

Berikut adalah contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “dependable”:

●       He’s a dependable worker who always shows up on time. (Dia adalah pekerja yang dapat diandalkan yang selalu datang tepat waktu.)

Valuable

Sama halnya dengan dua contoh kata sebelumnya, “valuable” adalah kata sifat yang memiliki makna, “berharga”. Sebelum diberikan sufiks “-able”, kata dasarnya adalah “value” yang tergolong sebagai kata benda atau noun yang bermakna, “nilai”. Untuk lebih jelasnya, simak contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “valuable” berikut ini.

●       This painting is very valuable because it’s a one-of-a-kind masterpiece. (Lukisan ini sangat berharga karena ini adalah karya yang hanya satu-satunya.)

Manageable

“Manageable” adalah kata yang berakhiran sufiks “-able” yang termasuk ke dalam kata kerja. Kata dasar dari “manageable” adalah “manage” yang juga kata kerja. Meski demikian, kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda.

Kata “manage” memiliki arti “mengatur”. Sementara itu, kata “manageable” berarti “dapat diatur”. Berikut adalah kalimat yang menggunakan kata “manageable” dengan tepat:

●       The workload is manageable if we all work together and prioritize our tasks. (Beban kerjanya masih bisa diatur jika kita bekerjasama dan memprioritaskan tugas kita.)

Respectable

Kata lain dengan imbuhan “-able” adalah “respectable”. Kata yang satu ini merupakan kata sifat yang berasal dari kata kerja, “respect”. Sebelum diberi imbuhan, kata tersebut memiliki makna, “menghormati”. Namun, setelah diberikan imbuhan “-able” makna kata tersebut berubah menjadi “terhormat”.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang menggunakan kata “respectable”:

●       She has a respectable job as a doctor and is highly regarded in her field. (Dia memiliki pekerjaan yang terhormat sebagai dokter dan sangat dihormati di bidangnya.)

Comparable

Kata dengan imbuhan “-able” yang satu ini termasuk ke dalam kata benda. Sebagai noun, “comparable” memiliki arti, “dapat dibandingkan”. Kata yang satu ini berasal dari kata dasar “compare” yang termasuk verb dengan makna, “bandingkan”.

Berikut ini adalah contoh penggunaan kata “comparable” dalam bahasa Inggris:

●       The prices of the two products are comparable, but the features are different. (Harga dari kedua produk ini dapat dibandingkan, tetapi fitur-fitur yang dimiliki berbeda.)

Itulah beberapa contoh kosakata bahasa Inggris yang memiliki imbuhan “-able” dengan makna yang berbeda-beda. Pelajari kata-kata lainnya untuk meningkatkan pengetahuanmu dalam bahasa Inggris.

Daftar Konsultasi Gratis

6 Kosa Kata Bahasa Inggris Berakhiran -Able dan Artinya