Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Aturan Penulisan Bentuk Lampau dari Regular Verbs
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

4 Aturan Penulisan Bentuk Lampau dari Regular Verbs

2021.03.30

Dalam bahasa Inggris, kata kerja terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu regular verbs dan irregular verbs. Kata kerja reguler memiliki aturan yang jelas untuk penulisan bentuk past simple maupun past participle. Ya, dalam penulisan, kedua bentuk dari regular verbs sudah pasti mendapatkan penambahan -ed atau -d. Nah, berikut adalah beberapa contoh regular verbs yang sering kamu temui:

Regular verbs berakhiran “e”

Kata kerja yang diakhiri oleh huruf “e” seperti “admire”, “advise”, dan “amuse” termasuk ke dalam regular verbs. Artinya, penulisan untuk bentuk past simple dan past participle dari kosakata tersebut hanya perlu ditambahkan akhiran “-d”. Penulisan bentuk lampau dari kosakata tersebut setelah diberi akhiran menjadi, “admired”, “advised”, dan “amused”. Contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat adalah, “I admired his hard work, but I regretted it soon after I found out that he cheated to get good grades.”

Regular verbs yang terdiri dari satu suku kata

Untuk kata kerja atau regular verb yang terdiri hanya dari suku kata, ada aturan tersendiri yang perlu kamu perhatikan untuk menuliskan bentuk lampaunya. Kosakata seperti beg, hug, dan drop adalah beberapa contoh regular verbs yang hanya terdiri dari satu silabel. Dalam penulisan bentuk lampau untuk kata yang memiliki urutan konsonan-vokal-konsonan, kamu perlu menambahkan satu huruf konsonan lagi di akhir kata sebelum menambahkan imbuhan -ed.

Contohnya, bentuk lampau dari kata beg adalah begged. Sementara itu, hug menjadi hugged dan drop menjadi dropped. Contoh kalimat yang mengandung ketiga regular verbs tersebut adalah, “She begged me not to leave, but I couldn’t. So, I dropped my bag and hugged her really tight.”

Regular verbs yang diakhiri huruf w, x, dan y

Aturan yang sama tetapi sedikit berbeda juga akan kamu temukan saat menuliskan bentuk lampau dari regular verbs yang diakhiri oleh huruf w, x, dan y. Beberapa contoh regular verbs tersebut adalah borrow, relax, destroy, yang artinya adalah meminjam, bersantai, dan menghancurkan. Untuk menuliskan bentuk lampau dari kosakata tersebut, kamu hanya perlu menambahkan imbuhan -ed pada akhir kata. Dengan begitu, borrow menjadi borrowed, lalu relax menjadi relaxed, dan destroy menjadi destroyed.

Aturan ini juga berlaku untuk regular verbs yang hanya terdiri dari satu suku kata tetapi diakhiri oleh huruf w, x, dan y. Contohnya, kata bow, fix, dan play jika ditulis dalam bentuk lampau menjadi “bowed”, “fixed”, dan “played”.

Regular verbs yang diakhiri huruf konsonan + y

Jika sebelumnya aturan penulisan bentuk lampau untuk regular verbs yang berakhiran huruf “y” adalah imbuhan -ed, kali ini aturannya akan sedikit dimodifikasi. Pasalnya, aturan penulisan regular verbs ini hanya berlaku untuk kata yang berakhiran huruf konsonan dan huruf y. Contohnya, kata “carry”, “worry”, “cry”, “try” dan seterusnya. Pada penulisan past simple dan past participle-nya, kamu perlu mengubah huruf “y” yang terdapat pada akhir kata menjadi huruf “i” terlebih dahulu sebelum menambahkan imbuhan “-ed” di akhir kata.

Dengan begitu, penulisannya menjadi “carried”, “worried”, “cried”, dan “tried”. Nah, contoh kalimat yang mengandung regular verbs tersebut adalah, “She carried a big backpack while leaving the house. I saw her crying, but she tried to hide it from me. I cried and worried that something bad might happen to her, but after she came back, I felt relieved.”

Nah, pelajari aturan penulisan dari regular verbs di atas agar kemampuan bahasa Inggris kamu semakin baik. Jangan sampai tertukar, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Aturan Penulisan Bentuk Lampau dari Regular Verbs