Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Kalimat Bahasa Inggris yang Tidak Lazim Digunakan oleh Native Speaker
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Kalimat Bahasa Inggris yang Tidak Lazim Digunakan oleh Native Speaker

2023.01.31

Mempelajari bahasa asing memang tidak mudah. Mempelajari tata bahasa, kosa kata, dan mengenali berbagai macam istilah dan ekspresi membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan ketekunan untuk berlatih mempraktekkan bahasa asing tersebut. Saat mempelajari bahasa asing, kita tentu ingin terdengar fasih menggunakannya, dengan pengucapan yang tepat, sehingga percakapan berjalan lancar dan mudah dipahami, bahkan oleh penutur asli. Tapi ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh mereka yang sedang mempelajari Bahasa Inggris dan tidak akan dilakukan oleh penutur asli. Salah satu kesalahan umum tersebut adalah saat mengungkapkan persetujuan atau ketidaksetujuan dalam affirmative sentence (kalimat positif) dan negative sentence (kalimat negatif).

KALIMAT POSITIF

Affirmative sentence atau kalimat positif adalah pernyataan atau fakta yang sifatnya positif. Untuk mengungkapkan persetujuan atas kalimat positif seperti ini, biasanya kalimat “Me too” sering digunakan. Tapi ada cara lain untuk mengungkapkan persetujuan dengan kalimat yang lebih tepat, misalnya:

A: I love eating in that restaurant.

B: I do too.

A: She watches House of The Dragon every week.

B: So do I.

A: I think I prefer staying at home than going out this weekend.

B: I do think so to.

Sedangkan ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyatakan ketidaksetujuan terhadap kalimat positif, di antaranya:

A: She was with him at the party last night.

B: No, she wasn’t.

A: They have been friends since elementary school.

B: No, they haven’t.

A: I need to go there myself.

B: No, you don’t.

KALIMAT NEGATIF

Negative sentence atau kalimat negatif adalah kalimat yang menyatakan penyangkalan, penolakan, atau rasa tidak suka pada suatu hal. Kalimat negatif biasanya menggunakan kata seperti ‘not’, ‘never’, ‘nothing’, dll.

Kesalahan yang umum dilakukan saat mempelajari Bahasa Inggris adalah menyatakan persetujuan terhadap kalimat negatif dengan cara menjawab ‘ya’ atau ‘yes’ terhadap kalimat negatif. Cara yang benar untuk menyatakan persetujuan terhadap kalimat negatif adalah:

A: I don’t like the way he teaches the class.

B: Neither do I.

A: She didn’t want to stay late at the office.

B: I didn’t either.

A: The mango is not ripe enough.

B: No, it isn’t.

Sedangkan untuk menyampaikan ketidaksetujuan terhadap kalimat negatif, cara yang tepat di antaranya adalah:

A: I can’t do that.

B: Yes, you can.

A: She won’t come tomorrow.

B: Yes, she will.

A: I am certain he didn’t do it.

B: But he did it.

DOUBLE NEGATIVE

Kesalahan lain yang kerap terjadi dalam berbahasa Inggris adalah double negative, yaitu penggunaan dua kata negatif dalam satu kalimat, sehingga kedua kata tersebut saling meniadakan satu sama lain dan malah membentuk kalimat positif. Untuk menghindari double negative, maka salah satu kata negatif harus dihilangkan atau digantikan, misalnya:

1.       You are not going nowhere.
Dua kata negatif dalam kalimat ini adalah ‘not’ dan ‘nowhere’. Kalimat di atas bisa diubah menjadi kalimat yang tepat, yaitu:

  • You are going nowhere.

  • You are not going anywhere. 

2.       It is not unbelievable.

Dua kata negatif dalam kalimat ini adalah ‘not’ dan ‘unbelievable’. Kalimat ini bisa diubah menjadi kalimat yang tepat, yaitu:

  • It’s unbelievable.

  • It is not believable.

Kesalahan-kesalahan yang disebutkan di atas memang umum dilakukan, tapi semoga tidak akan melunturkan semangat kamu mempelajari Bahasa Inggris. Jangan berhenti belajar Bahasa Inggris walaupun kamu melakukan kesalahan, ya! Cek artikel yang lainnya yuk untuk memperdalam pemahaman kamu dalam bahasa Inggris, kamu bisa akses artikel tersebut dengan klik di sini ya.

Daftar Konsultasi Gratis

Kalimat Bahasa Inggris yang Tidak Lazim Digunakan oleh Native Speaker