Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
7 Kosakata Dalam Bahasa Inggris yang Merupakan Serapan dari Bahasa Asing
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

7 Kosakata Dalam Bahasa Inggris yang Merupakan Serapan dari Bahasa Asing

2023.11.29

Bahasa Inggris, dikenal sebagai salah satu bahasa yang paling banyak meminjam kosakata dari berbagai bahasa lain, menjadikannya salah satu bahasa paling kaya dan beragam. Ya, ada banyak sekali kosakata dalam bahasa Inggris yang ternyata hasil serapan dari bahasa asing. Nah, berikut ini ada beberapa contoh kosakata serapan yang menarik dari berbagai bahasa asing yang telah diterima dan digunakan secara luas dalam bahasa Inggris. Apa saja? Simak contohnya berikut ini.

Kiosk

Dalam bahasa Inggris, kata kiosk memiliki makna “kios” dalam bahasa Indonesia. Kosakata “kiosk” sendiri ternyata merupakan serapan dari bahasa Turki, 'köşk' yang memiliki makna paviliun atau bangunan kecil.

Sebelumnya, kata 'köşk' merujuk pada bangunan tingkat yang digunakan sebagai tempat peristirahatan oleh bangsawan Ottoman. Akan tetapi, seiring waktu, maknanya bergeser sehingga kata 'köşk' kini lebih tepat digunakan untuk merujuk pada stan atau bilik kecil yang menjual koran, makanan, atau barang lainnya.

Sofa

Dalam bahasa Inggris, terdapat kata “Sofa” yang memiliki makna furnitur atau tempat duduk yang dilengkapi dengan bantalan agar terasa lebih empuk dan biasanya diperuntukkan untuk lebih dari satu orang. Nah, kata bahasa Inggris yang satu ini ternyata juga merupakan serapan dari bahasa Arab.

Kata “Sofa” berasal dari kata “Suffah” dalam bahasa Arab yang merujuk pada bangku berlapis yang dihiasi dengan bantal dan selimut. Kata ini menggambarkan evolusi kata dari bangku kayu keras ke tempat duduk empuk dan nyaman yang kita kenal sebagai “sofa” baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia sekarang ini.

Ballet

Kata selanjutnya yang merupakan kata serapan dari bahasa Asing adalah “Ballet”. Kata yang satu ini berasal dari bahasa Perancis dengan penulisan yang sama yaitu “Ballet”. Akan tetapi, bahasa Perancis ini juga merupakan bahasa serapan dari bahasa Italia, yaitu “Balleto”.

Kata yang satu ini merujuk pada jenis tari panggung khusus yang berkembang di pengadilan Renaissance Italia dan Perancis. Sekarang, tari Ballet ini merupakan bentuk seni tari klasik yang populer tidak hanya di Italia dan Perancis tetapi juga di seluruh dunia.

Robot

Sama halnya dengan kosakata-kosakata bahasa Inggris sebelumnya, kata “Robot” juga merupakan kata serapan dari bahasa Asing. Kali ini, kata “Robot” diserap dari bahasa Ceko yaitu, “Robota”. Kata ini diperkenalkan oleh penulis Ceko Karel Čapek dalam drama Rossum's Universal Robots (R.U.R).

Kata “Robota” sendiri memiliki makna “kerja paksa” atau “perbudakan”. Oleh sebab itu, “Robot” sendiri merupakan mesin yang hanya bisa bergerak dan melakukan tindakan atas dasar perintah yang diberikan oleh manusia. Kata ini sekarang digunakan secara universal untuk menggambarkan mesin otomatis yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia.

Guru

Jika dalam bahasa Indonesia “Guru” berarti “Pengajar”, hal ini tidak berlaku dalam bahasa Inggris. Meski sama-sama “Guru”, tetapi makna kata tersebut berbeda dalam bahasa Inggris. Kata ini merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta yang bermakna, “pemimpin spiritual”.

Sementara, dalam bahasa Inggris, kata “Guru” biasanya merujuk pada seseorang yang dianggap sebagai ahli dalam bidang tertentu atau seseorang yang memiliki pengetahuan atau kebijaksanaan yang mendalam.

Kindergarten

Kata berikutnya adalah “Kindergarten”. Dalam bahasa Inggris, kata tersebut bermakna “taman kanak-kanak” atau biasanya di Indonesia disebut dengan “TK”.

Ini merupakan konsep pendidikan pra-sekolah yang dirancang oleh Friedrich Fröbel pada abad ke-19 yang berfokus pada bermain dan aktivitas kreatif sebagai alat belajar. Kata yang satu ini merupakan kata serapan dari bahasa German dengan penulisan dan makna yang serupa.

Patio

Kata bahasa Inggris yang satu ini memiliki makna “halaman belakang” atau “taman di bagian belakang rumah”. Kata yang satu ini merupakan serapan dari bahasa Spanyol yang memiliki makna serupa, yaitu “halaman” atau “pelataran”.

Kata ini biasanya merujuk pada area luar rumah yang sering digunakan utnuk bersantai atau mengadakan pertemuan. Dalam bahasa Inggris, kata ini telah menjadi sinonim dengan gaya hidup luar ruangan dan hiburan.

Sebenarnya, masih ada banyak kata bahasa Inggris lainnya yang merupakan serapan dari bahasa Asing. Terus pelajari kosakata bahasa Inggris lainnya, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

7 Kosakata Dalam Bahasa Inggris yang Merupakan Serapan dari Bahasa Asing