Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Kalimat Pengganti "How are You?" yang Bisa Kamu Gunakan
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Kalimat Pengganti "How are You?" yang Bisa Kamu Gunakan

2021.06.21

Sebagian besar orang akan menggunakan kalimat, “How are you?” jika ingin menanyakan kabar kepada orang lain. Padahal, selain kalimat itu, ada berbagai alternatif kalimat lain yang bisa kamu gunakan. Agar kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris lebih terasah, cobalah untuk menggunakan kalimat berikut ini jika ingin menanyakan kabar kepada orang lain:

How have you been?

Kalimat pengganti “How are you?” yang satu ini cocok untuk menanyakan kabar kepada seseorang yang sudah tidak kamu jumpai dalam waktu yang cukup lama. Sementara, bila kamu yang mendapatkan pertanyaan tersebut dari orang lain, kamu bisa menjawabnya dengan, “I’ve been good,” atau “I’ve been alright.” Kedua kalimat jawaban tersebut memiliki arti, “Aku baik-baik saja.”

How are things?

Sedikit berbeda, kalimat ini tidak serta-merta menanyakan kabar. Akan tetapi, kamu bisa menggunakannya saat ingin mengetahui apakah berbagai hal dalam hidup lawan bicara tersebut baik-baik saja.

Biasanya, kalimat tanya ini digunakan untuk menanyakan kabar kepada orang yang pernah dekat atau memang sedang dekat dengan kamu. Artinya, kamu biasanya mengetahui kabarnya secara rutin, akan tetapi kamu sudah tidak mendengarkan kabarnya lagi dalam waktu yang cukup lama.

How are you doing?

Alih-alih menggunakan, “How are you?” kamu bisa menggunakan kalimat, “How are you doing?” untuk menanyakan hal yang lebih spesifik. Tidak hanya sekadar kabar, kalimat pengganti ini akan sesuai jika kamu ingin menanyakan ada atau tidaknya hambatan pada aktivitas seseorang tersebut sehari-hari.

How are you doing?” juga bisa kamu gunakan jika hendak memonitor kondisi seseorang saat melakukan suatu pekerjaan. Dengan menanyakan hal tersebut kamu ingin memastikan bahwa orang tersebut tidak memiliki kesulitan dalam mengerjakannya.

How’s your day?

Alternatif selanjutnya yang juga bisa kamu gunakan adalah, “How’s your day?” yang berarti, “Bagaimana harimu?”. Jika “How are you?” terdengar lebih general atau umum, kalimat “How’s your day?” menanyakan kabar seseorang dalam waktu yang spesifik.

Biasanya, kalimat tanya ini digunakan oleh seseorang saat kamu mengobrol saat hari hendak berakhir. Saat kamu menanyakan hal ini kepada orang lain, kamu ingin tahu apa saja yang terjadi pada orang tersebut dalam kurun waktu seharian tadi.

What is new with you?

Kamu juga bisa menggunakan kalimat, “What is new with you?” saat ingin menanyakan kabar kepada orang lain. Kalimat tanya ini cukup spesifik menanyakan apakah ada hal baru yang terjadi di dalam hidup orang tersebut.

Kamu bisa menggunakan kalimat tanya ini kepada teman lama yang sudah tidak kamu jumpai dalam kurun waktu lama. Dengan menanyakan hal ini, kamu ingin tahu apakah ada perubahan yang terjadi dalam hidupnya dalam kurun waktu tersebut.

You okay?

Kalimat ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif jika kamu memang benar-benar dekat dengan lawan bicaramu. Pasalnya, kalimat pengganti “How are you?” yang satu ini tergolong informal. Kamu bisa menggunakannya kepada sahabat dekat, keluarga, atau pasangan.

Selain menanyakan kabar, kalimat tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa lawan bicaramu sedang dalam keadaan baik-baik saja dan tidak mengalami suatu masalah tertentu.

Nah, kamu mau mencoba menggunakan pengganti yang mana? Coba dan praktekkan terus hingga terbiasa, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

6 Kalimat Pengganti "How are You?" yang Bisa Kamu Gunakan