Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Cara Membaca Jam (Waktu) dalam Bahasa Inggris & Penyebutannya
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Cara Membaca Jam (Waktu) dalam Bahasa Inggris & Penyebutannya

2023.12.20

Baik dalam kehidupan sehari-hari, dalam situasi formal maupun informal, kemampuan untuk menginterpretasikan dan menyampaikan waktu dengan benar adalah hal yang penting. Pasalnya, salah menyampaikannya bisa menimbulkan kesalahpahaman yang fatal. Oleh sebab itu, salah satu hal yang perlu kamu pelajari saat belajar bahasa Inggris adalah membaca atau menyebutkan waktu yang benar dalam bahasa Inggris. Nah, simak penjelasan lengkap tentang penyebutan waktu dalam bahasa Inggris berikut ini.

Menyebutkan waktu dengan format 12 jam

Dalam bahasa Inggris, terdapat dua jenis format yang digunakan untuk menyebutkan waktu. Salah satunya adalah format 12 jam. Dalam format yang satu ini, hari dibagi menjadi dua periode yang masing-masing terdiri dari 12 jam.

AM atau Ante Meridiem adalah penyebutan jam sebelum tengah hari. Sementara itu, PM atau Post Meridiem adalah penyebutan jam atau waktu setelah tengah hari. Sistem ini sangat umum di banyak negara, terutama di negara-negara berbahasa Inggris.

Ini merupakan format yang lebih intuitif untuk situasi sehari-hari dan sering digunakan dalam percakapan informal, jadwal kegiatan yang bersifat kasual, dan juga dalam media.  

Penyebutan

Jam penuh: Istilah “O’clock” digunakan untuk menandakan jam penuh. Contohnya, 8:00 dibaca sebagai “Eight o’clock”, bisa AM atau PM tergantung pada konteks.

Jam setengah: Ketika menit menunjukkan 30, frasa yang digunakan adalah “half past”. Contohnya, 5.30 dibaca sebagai “Half past five”, yang berarti menunjukkan 30 menit atau setengah jam dari jam lima.

Kuartal jam: “Quarter past” dan “quarter to” digunakan untuk menunjukkan 15 menit setelah atau sebelum jam penuh. Contohnya, 5:45 dibaca sebagai “Quarter to six”, menunjukkan 15 menit sebelum jam enam. Sementara itu, 6:15 dibaca sebagai “Quarter past six”, menunjukkan 15 menit setelah jam enam.

Penyebutan jam menggunakan format 24 jam

Jika dibandingkan dengan format 12 jam, format yang satu ini lebih formal dan sering digunakan dalam konteks seperti jadwal transportasi, dan berbagai jadwal kegiatan formal lainnya. Dalam format ini, waktu dihitung dari 00:00 atau tengah malam hingga 23:59.

Penggunaan format yang satu ini mengeliminasi kebutuhan untuk menggunakan AM dan PM, sehingga mengurangi kebingungan antara pagi dan sore.

Penyebutan

Tidak menggunakan ‘O’clock’: Dalam format 24 jam ini, kita tidak menggunakan istilah ‘O’clock’ untuk jam penuh. Alhasil, waktu dibaca sebagai angka biasa tanpa imbuhan ‘O’clock’ di belakangnya.

Jam dan menit: Dalam membaca waktu, jam dan menit diucapkan sebagai serangkaian angka. Misalnya, 13:00 dibaca sebagai “Thirteen hundred hours” atau “Thirteen hours”.

Contoh penyebutan jam dalam kehidupan sehari-hari

Contoh 1:

Ini adalah contoh penggunaan format 24 jam untuk kejelasan dalam jadwal penerbangan.

“Your flight will depart at twenty-one forty-five hours” (21:45). (Penerbangan Anda akan lepas landas pada pukul dua puluh satu lebih empat puluh lima menit.) 

Contoh 2:

Di bawah ini adalah contoh penggunaan format 12 jam untuk kejelasan dalam konteks formal.

“The meeting is scheduled at eleven o’clock in the morning.” (11:00 AM) (Pertemuan ini dijadwalkan pada pukul sebelas siang.)

Contoh 3:

Berikut ini adalah contoh penggunaan format 12 jam dalam situasi kasual atau informal.

"Let's meet for lunch at half past twelve (12:30 PM)." (Ayo ketemu untuk makan siang jam setengah satu siang.)

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah cukup paham kan mengenai cara yang tepat untuk menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris? Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

Cara Membaca Jam (Waktu) dalam Bahasa Inggris & Penyebutannya