Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Mengenal Bahasa Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Mengenal Bahasa Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris

2020.09.15

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris juga dikenal bahasa formal dan informal. Hal ini sangat penting untuk dipelajari karena penggunaannya menyesuaikan dengan situasi.

Bahasa informal tentunya lebih mudah dikenali, biasanya digunakan untuk percakapan sehari-hari dengan teman atau rekan sejawat di kantor pada saat sedang berbicara santai. Kosa kata bahasa informal juga lebih beragam, bahkan sekarang sudah banyak dimodifikasi menjadi bahasa “slang” yang penggunaannya banyak dipakai oleh anak-anak muda atau anak sekolah kepada temannya. Bahasa informal juga bisa digunakan pada saat sedang chat atau email dengan teman atau sahabat.

Bahasa formal adalah bahasa yang digunakan saat kita dalam situasi yang juga formal atau kepada orang yang lebih tua, lebih tinggi jabatannya, orang yang lebih tua, atau percakapan bisnis. Berikut penggunaan bahasa formal yang disarankan:

1. Saat berbicara dengan orang yang asing atau baru dikenal

2. Saat berbicara dengan orang yang lebih tua atau yang lebih dihormati

3. Saat berbicara di forum resmi, contohnya dalam sebuah rapat, upacara, pidato dan lain-lain

4. Saat menulis karya tulis ilmiah

5. Saat membuat proposal bisnis

Pilihan kata bahasa Inggris formal sangat jelas. Biasanya terlihat dari jenis kata yang dipilih atau istilahnya word diction. Walaupun terlihat sepele dan mudah, penggunaan bahasa formal dan informal tetap harus dipelajari dan diperhatikan. Sebab ada beberapa kata yang terlihat formal tapi ternyata tidak cocok digunakan pada suasana atau situasi formal.

Di bawah ini beberapa contoh yang juga bisa kita pelajari untuk mengetahui bahasa informal atau formal:

· Contoh kata pertama yaitu kata Memesan. Pada penggunaan kata informal, memesan diartikan dengan ”book”, sementara untuk penggunaan formalnya, memesan diartikan ”reserve” pada bahasa Inggris.

· Selanjutnya adalah penyambung kalimat, biasanya di awal paragraf yaitu kata bagaimanapun. Dalam bahasa informal akan diartikan ”anyway” dan pada formal akan diartikan ”nevertheless”.

· Kata memeriksa yang diartikan pada kata informal yaitu ”check” dan pada kata formal yaitu ”verify”.

· Penghubung kata yang sering kita gunakan sehingga diartikan pada informal yaitu ”so” sementara pada kata formalnya diartikan dengan ”therefore”

· Kata ”sangat” pada kata informal diartikan dengan ”very” sementara untuk kata formalnya diartikan dengan ”definitely”

Untuk penggunaan dalam kalimat, biasanya bahasa informal dijumpai dalam percakapan sehari-hari, contohnya:

A: Sorry I can’t make it to come to your party, I’ve got something to do

B: It’s okay

Sedangkan kalimat dalam bahasa Formal bisa dilihat dalam contoh sebagai berikut:

A : Ladies and gentleman due to unexpected accident, we shall apologize for the delay in starting the event. We would like to begin the ceremony in half an hour.

Dari contoh kalimat di atas terlihat jelas perbedaan dan penggunaan kata-katanya antara bahasa Informal dan bahasa formal.

Selalu perhatikan situasi dalam penggunaan kata atau word diction untuk Bahasa informal dan formal ya. Contoh-contoh lainnya bisa dicari dalam kamus atau contoh literatur yang sudah pernah dibuat dalam bahasa Inggris.

Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

Bahasa Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris