1500-003

6 Idiom Bahasa Inggris yang Sering Digunakan dalam Percakapan Sehari-hari

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan idiom? Dalam bahasa Inggris, idiom adalah kata, frasa, atau bahkan kalimat yang maknanya tidak bisa diartikan secara harfiah. Idiom merupakan ungkapan yang dipahami oleh sekelompok masyarakat namun tidak bisa diartikan secara literal sesuai tata bahasa yang ada. Idiom umumnya sangat berkaitan dengan budaya. Nah, saat kamu belajar bahasa Inggris, kamu harus tahu beberapa idiom paling umum yang sering digunakan. Apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut. 

“Stab someone in the back”

Jika diartikan secara harfiah, “stab someone in the back” berarti menusuk seseorang dari belakang. Namun, sebagai idiom, kalimat tersebut tidak sama dengan menusuk menggunakan benda tajam hingga seseorang terluka, dari belakang. Idiom ini berarti mengkhianati seseorang yang kamu kenal dengan baik secara diam-diam dan merusak kepercayaan yang telah diberikan kepada kamu. 

“Ring a bell”

Dalam arti yang sesungguhnya, “ring a bell” berarti membunyikan bel. Kamu bisa mengatakannya jika kamu memang benar-benar sedang membunyikan sebuah bel, misalnya bel rumah seseorang. Namun, “ring a bell” juga merupakan sebuah idiom. Arti dari idiom ini adalah sesuatu yang terdengar cukup familiar untukmu. Misalnya, saat seseorang menyebutkan suatu hal, kamu merasa ‘akrab’ atau tidak asing dengan apa yang barusan diucapkannya. 

“Up in the air”

Kamu bisa menggunakan frasa adverbial “up in the air” untuk mendeskripsikan sesuatu yang memang sedang melayang-layang di langit. Namun, dalam kamus idiom, “up in the air” memiliki makna tersendiri. Misalnya, saat kamu sedang melakukan sesuatu, namun belum ada kepastian yang bisa kamu buat. Oleh sebab itu, kondisi tersebut dianggap “up in the air” atau masih mengambang dan belum jelas segala sesuatunya. 

“Keep your chin up”

Secara literal, “keep your chin up” artinya membiarkan dagumu terangkat ke atas. Namun, “keep your chin up” memiliki makna lain sebagai idiom yang artinya meminta orang lain untuk tetap percaya diri. Biasanya, idiom ini digunakan oleh seseorang untuk memberikan dukungan kepada orang lain atas suatu kegagalan. Dengan mengucapkan ungkapan ini, kamu meminta orang lain agar tetap percaya diri dan jangan bersedih akan kegagalan yang sedang dialaminya. 

“Not my cup of tea”

Dalam bahasa Inggris, “not my cup of tea” mungkin diartikan sebagai “bukan cangkir tehku”. Namun, sebenarnya kalimat tersebut memiliki makna lain. Sebagai idiom, saat kamu mengucapkan “not my cup of tea” berarti hal yang sedang dibahas adalah topik yang tidak menarik untukmu, atau kamu tidak memiliki keahlian dalam bidang yang sedang menjadi pembahasan. 

“Food for thought”

“Food for thought” mungkin terdengar aneh jika diartikan secara literal atau harfiah. Pasalnya, frasa tersebut memang sebuah ungkapan atau idiom yang berarti sesuatu yang penting untuk dipikirkan secara matang dan hati-hati. Misalnya, saat kamu sedang bepergian ke luar negeri, rencana perjalanan yang hendak kamu lakukan adalah “food for thought” karena harus dipikirkan dengan baik dan tidak bisa sembarangan. 

Belajar idiom dalam bahasa Inggris tidak terlalu susah, asal kamu mau mencoba untuk memahaminya. Jika kamu merasa kesulitan belajar sendiri, kamu juga bisa kok mengikuti kursus bahasa Inggris dewasa di EF Adults dan mempelajari berbagai macam idiom yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari untuk membuat kualitas bahasa Inggrismu menjadi semakin baik. 

Coba Kelas Pertama Gratis