Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
10 Idiom yang Sering Digunakan
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

10 Idiom yang Sering Digunakan

2020.10.26

Suatu saat kita mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris dan ada beberapa kalimat yang kita tidak mengerti artinya. Kemungkinan kalimat tersebut mengandung idiom. Idiom dalam bahasa Inggris adalah sekelompok kata yang maknanya tidak bisa dijelaskan hanya dengan mengartikan kata-katanya secara individual.

Penggunaan idiom berkembang seiring waktu dan mungkin terdengar acak, hal ini karena Idiom dalam bahasa Inggris biasanya menggunakan analogi dan metafora. Idiom sering sekali digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, jadi hampir tidak mungkin untuk memahami konteksnya jika tidak mengetahui bahwa itu idiom.

Kenapa Mempelajari Idiom Bahasa Inggris?

Dalam percakapan sehari-hari, idiom mempunyai peran cukup penting. Mempelajari idiom bahasa Inggris sehari-hari akan membantu beradaptasi dalam hampir semua situasi. Kunci mempelajari idiom bahasa Inggris adalah jangan pernah mengartikan atau membacanya secara harfiah karena tidak akan masuk akal. Sebaliknya, yang harus dipelajari idiom dalam konteks supaya bisa memahami makna sebenarnya.

Berikut 10 contoh idiom dalam bahasa Inggris yang sering digunakan:

Hit the sack

Idiom ini artinya tidur dan biasanya ini menandakan bahwa kita sangat lelah dan ingin segera beristirahat.

Contoh dalam kalimat:

“I’m so tired, I think I’m going to hit the sack

Twist someone’s arm

Artinya kamu berhasil meyakinkan seseorang dan orang tersebut setuju untuk melakukan yang kamu inginkan.

Contoh dalam kalimat:

“Delicious food? Oh okay, you’ve twisted my arms, I’ll come!”

Lose your touch

Biasanya idiom ini digunakan untuk menandakan jika kita tidak lagi pandai dalam melakukan pekerjaan atau hal-hal yang biasanya ahli untuk dilakukan, sehingga keadaan menjadi kacau.

Contoh dalam kalimat:

“I think you lose your touch with the design, none of your work approved by client”

Go cold turkey

Idiom ini menandakan berhentinya kegiatan yang adiktif atau berbahaya, seperti merokok, minum alkohol, atau narkoba secara tiba-tiba. Idiom ini terlihat agak unik, konon berasal dari awal abad ke-20, merujuk pada orang yang tiba-tiba menghentikan ketergantungan tertentu, seperti narkoba atau alkohol, dan mengalami efek samping yang membuat mereka tampak dan merasa seperti kalkun dingin yang belum masak, termasuk kulit pucat (sangat putih) dan merinding (berdirinya bulu kuduk sehingga kulit terlihat berbintik kecil karena kedinginan atau sakit).

Contoh dalam kalimat:

“I think she’s not smoking anymore, she’s quit cold turkey

Face the music

Biasanya idiom ini digunakan saat seseorang harus menghadapi kenyataan dan menerima semua konseksuensinya, baik atau buruk (tetapi seringnya buruk). Sebagai contoh, mungkin kita sedang menghindari sesuatu karena takut akan hasilnya, karena kemungkinan akan menghadapi hukuman atau kejadian yang tidak menyenangkan.

Contoh dalam kalimat:

“You know you didn’t study hard, so you have to face the music and repeat the class again next semester if you really want to graduate”

Blow off steam

Blow off steam biasanya digunakan untuk mengungkapkan kegiatan melepas stress, marah atau emosi dengan melakukan kegiatan sebagai pengalihnya.

Contoh dalam kalimat:

“She had a fight with her boyfriend, so she went for a run to blow off steam.”

Up in the air

Idiom ini berarti menyatakan pada situasi yang belum pasti atau tidak jelas. Atau bisa juga berarti belum ada rencana yang pasti.

Contoh dalam kalimat:

“We haven’t set the date for our wedding, things are up in the air and we’re not sure if our families can make it on the day we wanted. Hopefully we’ll know soon and we’ll let you know as soon as possible”

On the ball

Biasanya idiom ini digunakan untuk menyatakan situasi di mana kita dianggap memahami hal tertentu, sangat siap, atau bereaksi cepat (dan tepat).

Contoh dalam kalimat:

“Wow, you’ve already finished your task? They aren’t due until next Wednesday, you’re really on the ball

Look like a million dollars

Penggunaan kata ini biasanya sebagai pujian tinggi karena artinya seseorang tampak sangat menakjubkan dan menarik. Walaupun kadang ditujukan kepada pria, idiom ini lebih umum digunakan untuk memuji wanita. Idiom ini biasanya digunakan pada saat mereka berpenampilan istimewa di acara yang istimewa pula, seperti pesta atau pernikahan.

Contoh dalam kalimat:

“Wow, Jenny, you look like a million dollars this evening. I love your style!”

To pony up

Idiom ini digunakan untuk ungkapan yang berarti melunasi hutang atau membayar sesuatu.

Contoh dalam kalimat:

“I told my friend Alex to pony up her portion of the rent money.”

Demikian 10 idiom yang bisa kamu pelajari dan latih dalam penggunaan bahasa Inggris sehari-hari. Selamat belajar!

Daftar Konsultasi Gratis

10 Idiom yang Sering Digunakan