Fungsi dari past continuous
Past continuous mendeskripsikan tindakan atau kejadian pada waktu sebelum sekarang, yang berawal di masa lalu dan masih berlanjut pada saat penuturan. Dengan kata lain, tense ini menyatakan kejadian yang belum selesai atau lengkap di masa lalu.
Past continuous digunakan:
- sering kali, untuk mendeskripsikan latar belakang suatu kisah yang ditulis dalam past tense, seperti "The sun was shining and the birds were singing as the elephant came out of the jungle. The other animals were relaxing in the shade of the trees, but the elephant moved very quickly. She was looking for her baby, and she didn't notice the hunter who was watching her through his binoculars. When the shot rang out, she was running towards the river..."
- untuk mendeskripsikan tindakan atau kejadian yang belum selesai yang terhenti atau terganggu oleh tindakan atau kejadian lain, seperti "I was having a beautiful dream when the alarm clock rang."
- untuk menyatakan perubahan pikiran, seperti "I was going to spend the day at the beach but I've decided to get my homework done instead."
- jika digunakan dengan wonder untuk menyatakan permintaan yang sangat sopan, seperti "I was wondering if you could baby-sit for me tonight."
- They were waiting for the bus when the accident happened.
- Caroline was skiing when she broke her leg.
- When we arrived he was having a bath.
- When the fire started I was watching television.
Catatan: Untuk kata kerja yang biasanya tidak digunakan dalam bentuk continuous, gunakan simple past.
Membentuk past continuous
Past continuous dari kata kerja apa pun tersusun dari dua bagian: past tense dari kata kerja to be (was/were) dan kata dasar dari kata kerja utama + ing.
|Subjek||was/were||kata dasar + ing|
To play, past continuous
|I was playing||I was not playing||Was I playing?|
|You were playing||You were not playing||Were you playing?|
|He was playing||He wasn't playing||Was he playing?|
|We were playing||We weren't playing||Were we playing?|
|They were playing||They weren't playing||Were they playing?|