Menu
tips presentasi di kelas
Education Advice

Tips Presentasi di Depan Kelas

teenager tipstips belajar
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.08.24

Presentasi di depan kelas bisa menjadi suatu hal yang menakutkan dan mengintimidasi. Tetapi hal tersebut tidak perlu kamu takuti loh, asal tahu bagaimana tips yang benar. Ingin tahu tips presentasi di depan kelas? Langsung saja simak artikel di bawah ini!

Presentasi merupkan kegiatan yang akan terus terjadi mulai dari masa sekolah, kuliah, hingga kerja. Oleh karena itu kemampuan presentasi sangat penting untuk diasah sejak masih di sekolah. Terutama presentasi dengan menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris. Presentasi sudah sulit, apalagi harus dengan bahasa asing.

Sebenarnya, asal kamu tahu tips untuk memperlancar bahasa asing dan kemampuan presentasimu, maka semuanya akan mudah untuk dilakukan. Apa saja tips jitu yang dapat kamu terapkan? Berikut jawabannya:

1. Pahami Materi

tips presentasi adalah memahami materi

Tips pertama yang perlu untuk kamu lakukan adalah memahami materi yang akan dipresentasikan. Kamu tidak perlu menjadi seorang ahli, atau membaca semua buku untuk menguasai materi, cukup pelajari dasarnya dengan serius maka kamu dapat menjelaskan ataupun menjawab pertanyaan dari guru dan teman kelas nantinya.

Selain itu, perhatikan sumber materi yang kamu pelajari. Pastikan sumber tersebut dapat dipercaya sehingga apa yang kamu berikan menjadi ilmu baru untuk teman-teman. Ingat, dicari dulu kebenarannya ya!

2. Buat Catatan Kecil

tips presentasi adalah buat catatan kecil

Setelah mendapatkan dan memahami semua materi yang ada, kamu bisa menulis poin-poin penting dalam catatan kecil. Jangan tulis semuanya karena hal itu hanya akan membuat kamu membaca catatan sepanjang presentasi. Tujuan dari catatan ini adalah untuk membantumu mengingat apa saja hal penting yang akan dibicarakan nantinya.

Karena jika sudah di depan orang banyak, terkadang kita suka lupa apa yang akan dibicarakan. Catatan kecil ini akan membuat kamu tetap fokus dan ingat pada materi presentasi. Buat catatan kecil saja ya!

3. Latihan

tips presentasi adalah dengan berlatih

Dalam presentasi nantinya akan terlihat siapa yang benar-benar menyiapkan materi dan mana yang tidak. Sebelum hari presentasi tiba, belajarlah cara untuk menyampaikan semua materimu agar ketika di depan kelas nanti kamu akan menjadi lebih percaya diri dan tahu harus berbicara apa.

Kamu bisa belajar presentasi dengan teman dan minta masukan dari mereka. Saat latihan coba perhatikan apakah waktu yang digunakan terlalu lama atau sebentar, materinya sudah siap atau belum, lalu apakah semua yang kamu bicarakan dapat dimengerti oleh teman-temanmu? Nah dengan latihan maka kamu akan tahu apa yang harus diperbaiki lagi.

4. Tingkatkan Percaya Diri

tips presentasi adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri

Saat presentasi, tujuan utamamu adalah membuat teman-teman satu kelas mengerti apa yang sedang kamu coba sampaikan. Untuk mencapai tujuan itu diperlukannya tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Saat kamu percaya diri, maka intonasi saat bicara tidak akan terburu-buru. Kamu akan santai, sehingga apa yang keluar dari mulutmu tetap jelas dan terarah.

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan melakukan tiga hal di atas, yaitu menyiapkan materi dengan matang, membuat catatan, dan latihan. Siap untuk mencoba?

5. Buat Kontak Mata dan Gestur Tangan

tips presentasi adalah buat kontak mata dan gestur tangan

Membosankan bukan saat mendengar seorang presenter yang hanya melihat ke bawah atau membaca catatannya. Nah, untuk itu kamu perlu membuat kontak mata maupun gestur tangan agar tidak terlalu kaku. Santai saja. Kontak mata juga secara tidak langsung mengajak teman yang lain untuk ikut mendengarkan dan memperhatikan apa yang kamu sampaikan.

Tak hanya itu, gerakan tangan ternyata dapat membantu kamu untuk menghilangkan rasa gugup loh. Hal ini juga akan membuat kamu terlihat sangat menguasai materi. Jangan hanya berdiri tegak dan nunduk ya saat presentasi.

Setelah mengetahui tips di atas, pastinya kamu tidak malu dan takut lagi saat presentasi di depan kelas. Intinya, asal kamu paham materi dan terus latihan, maka presentasimu dijamin bagus! Ingin tahu tips belajar lainnya? Kamu bisa cek salah satu tips untuk fokus saat belajar di Education Advice section.

Selain itu, kamu juga bisa loh belajar bahasa Inggris dengan mudah dan hanya dari rumah. Penasaran? Isi nomormu pada kolom di bawah dan dapatkan jawabannya!

Kursus di EF cuma 1 juta-an?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF mulai dari 1.2 juta Rupiah + potongan harga khusus*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben