Menu
5w1h
Reading and Writing

5W+1H dalam Penulisan Deskriptif Bahasa Inggris

2020.06.05
What

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang tidak sulit untuk dipelajari. Banyak dari mereka baik itu mereka yang baru akan memulai hobi sebagai penulis atau writer, atau bahkan yang sudah menjadi freelance writer yang tidak mengetahui formula yang paling mudah untuk mendapatkan detail penulisan dalam hal penulisan, terutama penulisan deskriptif.

Kenyataannya, tujuan penulisan deskriptif ialah untuk mengomunikasikan dan menjelaskan suasana dengan detail agar pembaca dapat merasakan kondisi seperti apa yang tertera di dalam tulisan deskriptif tersebut.

Berbicara tentang formula penulisan deskriptif dalam bahasa Inggris, yang perlu kita ketahui adalah 5W + 1H, yaitu What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (di mana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). 5W + 1H ini biasa disebut juga Five Ws, W-H Questions atau Asdikamba/ adiksimba dalam bahasa Indonesia yang banyak digunakan dalam penyusunan berita, jurnalisme, penelitian atau bahkan penyidikan polisi.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

What (Apa)

Dalam penulisan deskriptif, fungsi kata ‘apa’ adalah untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi. Tidak hanya apa yang sedang terjadi tapi juga bisa apa saja detail dalam kejadian tersebut.

Who (Siapa)

Kata ini berfungsi untuk menjelaskan pelaku atau korban dalam suatu peristiwa, cerita, atau fenomena yang hendak dituangkan dalam penulisan deskriptif tersebut. Hanya saja perlu diketahui secara bersama bahwa deskripsi si pelaku atau korban dalam penulisan deskriptif tersebut harus ditulis secara jelas agar si pembaca mengetahui ciri-ciri si pelaku atau korban tersebut.

When (Kapan)

Banyak yang keliru mengenai arti kata ‘kapan’ dalam penulisan deskriptif. Kata ini perlu dipahami secara kritis bahwa ‘kapan’ tidak hanya mengenai hari dan tanggal, tapi bisa juga tentang waktu dan musim.

Where (Di mana)

Setiap individu yang berkomunikasi dengan bahasa verbal, pasti mengetahui apa arti kata ‘di mana’. Semua akan setuju bahwa arti kata ‘di mana’ mengarahkan kita kepada suatu tempat atau lokasi. Dalam penulisan deskriptif bahasa Inggris, pengarahan lokasi atau suatu tempat juga dapat dideskripsikan dengan penjelasan-penjelasan detil tempat-tempat tersebut.

Why (Kenapa)

Ini adalah salah satu bentuk kata yang mengarahkan kita kepada suatu hal yang mengkritisi orientasi detail cerita dengan setiap unsurnya. Setiap unsur tersebut dijelaskan secara sistematis dan ‘kenapa’ hal tersebut bisa terjadi.

How (Bagaimana)

‘Bagaimana’ lebih mengarahkan kita kepada suatu penjelasan proses yang berisi tentang bagaimana hal tersebut dapat terjadi. Selain itu, fungsi dari arti kata ini juga dapat menjadi unsur penjelas setiap deskripsi agar kalimat lebih mempunyai alur penulisan deskriptif.