Menu
ef english first blog

Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris

vocabularydaftar kosakatafamily tree
2020.04.01

Tersedia ragam kegiatan dalam belajar bahasa inggris dan untuk melatih diri untuk memperkenalkan nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris. Cara efektif untuk melatih kemampuan ini, adalah melalui praktik langsung dengan kegiatan simulasi atau ‘role play’.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk belajar bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan melakukan role play. Role play merupakan sebuah kegiatan dimana orang yang terlibat harus memainkan sebuah karakter dalam sebuah cerita.

Salah satu jenis role play yang sering dilakukan dalam kegiatan bahasa Inggris adalah melakukan reka adegan akan salah satu scene film atau lebih simplenya adalah dengan melakukan role play untuk memahami istilah-istilah keluarga dalam bahasa Inggris.

Untuk Anda yang memiliki anak atau adik yang sedang belajar bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan cara ini agar mereka bisa melatih speaking dalam bahasa Inggris sekaligus mengenalkan istilah atau nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris.

Sebelum memulai aktivitas ‘role play’, pastikan Anda mengetahui sebutan untuk setiap anggota keluarga dalam bahasa Inggris.

Incorrect phone number
Dapat Diskon Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

  • Great-grandparent

Great-grandparent atau buyut adalah panggilan yang diberikan kepada orang tua dari kakek atau nenek Anda atau kakek dan nenek dari orang tua Anda. Jika dimasukkan kedalam sebuah kalimat, kata ini bisa berupa “my great-grandparent will celebrate their 65th years of marriage this Saturday, you want to come?.”

  • Great-grandfather

Great-grandfather digunakan untuk memberikan panggilan kepada kakek buyut kita, atau Ayah dari kakek atau nenek kita. Contoh dalam kalimat adalah “my great-grandpa used to be a marine.”

  • Great-grandmother

Kebalikan dari great-grandfather, great-grandmother digunakan untuk memberikan panggilan pada buyut perempuan atau nenek buyut kita. Nenek buyut adalah Ibu dari kakek atau nenek kita. “My great-grandmother will have her 98th birthday tomorrow.”

  • Great-aunt

Great-aunt digunakan untuk memanggil bibi dari orang tua kita. Penggunaannya dalam kalimat adalah “I will have a family meeting next week, and everyone will be there, I can’t wait to meet my great-aunt who lives abroad.”

  • Great-uncle

Sama seperti great-aunt, great-uncle digunakan untuk memanggil paman dari orang tua kita. Contoh kalimat yang bisa digunakan adalah “my great-uncle is a sailor, that’s why my father wants my brother to be like him.”

  • Grandfather

Sebutan yang satu ini pasti sudah terdengar akrab bukan? Grandfather merupakan panggilan untuk Kakek Anda atau Ayah dari orang tua Anda. Penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut, “my grandfather is in town! I can’t wait to meet him after school.”

  • Grandmother– Nenek

Sebutan ini juga pasti sudah sering Anda dengar atau bahkan gunakan. Grandmother atau Nenek adalah Ibu dari orang tua Anda. Anda bisa menggunakannya dalam kalimat seperti berikut, I love it when my grandmother stays at my house. Her cooking is the best.”

  • Uncle

Uncle atau Om/Paman adalah sebutan yang digunakan untuk Anda saat ingin memanggil kakak atau adik laki-laki dari orangtua kamu. Penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut, “my uncle passed away last night. I will miss his goofy personality.”

  • Aunt

My aunt is my mother’s sister. She resembles my mother so much, they almost like a twin.” Seperti contoh kalimat diatas, jika Anda ingin memanggil kakak atau adik perempuan dari orangtua Anda, Anda bisa menggunakan tante atau bibi dalam bahasa Indonesia, dan Aunt dalam bahasa Inggris.

  • Father

Kalau yang satu ini, di jamin Anda tahu bukan? Iya betul, father adalah sebutan yang digunakan dalam bahasa Inggris untuk memanggil ayah. Selain father, sebutah Ayah dalam bahasa Inggris biasanya juga menggunakan, daddy atau dad. Contoh kalimat yang bisa digunakan adalah “Dad, will you come home early today? I want to play with you.”

  • Mother

Yang satu ini pasti sudah sangat akrab di telinga kita semua. Pasti Anda pernah mendengar “Happy Mother’s Day!” bukan? Mother dalam bahasa Inggris adalah sebutan untuk memanggil ibu dalam bahasa Indonesia. Selain mother, sebutan Ibu dalam bahasa Inggris juga menggunakan mom atau mama.

  • Younger/Elder Sister

Sister adalah sebutan bahasa Inggris dari saudara perempuan. Untuk adik perempuan, Anda bisa menggunakan younger sister, sedangkan untuk kakak perempuan, Anda bisa menggunakan elder sister. Jika menggunakannya dalam sebuah kalimat, salah satunya adalah sebagai berikut, “My older sister really into K-Pop lately, I always hear Korean songs playing from her room.”

  • Younger/Elder Brother

Jika memanggil saudara perempuan adalah dengan istilah sister, maka saudara laki-laki menggunakan istilah brother. Sama seperti penjelasan diatas, Anda bisa menggunakan younger atau elder untuk membedakan adik laki-laki dan kakak laki-laki. Contoh penggunaan kalimatnya adalah “My mom gave birth to a baby boy last night. I have a new younger brother.”

  • Twin sister/brother

Yang satu ini, adalah sebutan yang digunakan untuk menyebut saudara kembar. Jika saudara kembar adalah perempuan, maka yang digunakan adalah istilah twin sister. Jika saudara kembar adalah laki-laki, maka yang digunakan adalah istilah twin brother. Contoh kalimat yang bisa Anda gunakan adalah “If you want to group with me for Biology class, my twin should be in too.”

  • Niece

Niece adalah keponakan perempuan. Banyak yang sering tertukar antara niece dan nephew. Keponakan adalah sebutan untuk anak dari kakak atau adik kita. Untuk membantu membedakan niece dan nephew, bisa dilihat dari kalimat berikut, “my sister delivered a cute baby girl yesterday. We have a new niece in the house!”

  • Nephew

Kebalikan dari niece, nephew merupakan keponakan laki-laki. Di dalam kalimat, nephew bisa digunakan sebagai berikut “oh my nephew is so funny, he just walks, and now he dances to every song playing in the house. He’s so cute.”

  • Cousin

Cousin merupakan sebutan bahasa Inggris untuk saudara sepupu. Apa perbedaan sepupu dan keponakan? Perhatikan contoh kalimat berikut. “My cousins will stay here for a week since my Aunt goes along her husband to a business trip.” Jika keponakan adalah anak dari saudara kita, maka sepupu adalah anak dari saudara orang tua kita. Dalam arti, cousin atau sepupu digunakan untuk memanggil anak dari bibi atau paman kita.

  • Daughter

Daughter adalah sebutan orang tua untuk memanggil anak perempuannya. Selain daughter, biasanya orang tua juga sering menggunakan kata girl untuk memanggil anak perempuannya. Misalnya, “Alana is the only daughter I have.”

  • Son

Kebalikan dari daughter, son digunakan untuk memanggil anak laki-laki, misalnya, “my son got accepted into Harvard University. He makes me so proud.”

  • Granddaughter

Granddaughter adalah sebutan untuk memanggil cucu perempuan. Contoh penggunaan dalam kalimatnya adalah “Her granddaughters are all so pretty.”

  • Grandson

Sama seperti granddaughter, grandson adalah ucapan untuk cucu, tapi cucu laki-laki. Misalnya, “My grandson will come tomorrow, I can’t wait to play basketball with him. He loves it.”

Itu dia nama-nama yang ada untuk memanggil atau menjelaskan anggota keluarga.