Menu
cara jago bahasa inggris
Education Advice

Cara Mudah Jago Bahasa Inggris di Sekolah

2020.07.08

Merasa bahasa Inggrismu jauh tertinggal dari teman-teman di sekolah? Jangan sedih, karena sebentar lagi kamu akan menemukan cara mudah jago bahasa Inggris. Yuk simak artikel di bawah ini!

Pandai berbahasa Inggris di jaman modern ini merupakan suatu hal yang wajib. Oleh sebab itu orang-orang melakukan berbagai macam cara untuk meningkatkan keterampilannya. Misalnya, dengan belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Belajar bahasa Inggris tidaklah sulit jika kamu memiliki niat dan semangat yang tinggi. Agar kamu semakin semangat, artikel ini akan memberikanmu cara mudah jago bahasa Inggris di sekolah. Mari lihat apa saja caranya!

1. Mendengarkan Musik

jago bahasa inggris dengan mendengarkan musik

Dalam belajar bahasa Inggris, listening memiliki peranan yang penting untuk diasah. Untuk meningkatkan keterampilanmu dalam hal listening, salah satu cara yang ampuh adalah dengan mendengarkan musik.

Mulai sekarang, jika kamu sedang mendengarkan musik, hal yang perlu diperhatikan adalah lirik. Coba dengarkan satu lagu baru dan tangkap artinya tanpa melihat lirik. Lakukan terus menerus agar kamu semakin jago berbahasa Inggris.

2. Menonton Film

jago bahasa inggris dengan menonton film

Kalau kamu merasa kurang jika hanya mendengarkan musik, yuk coba dengan metode lainnya yaitu menonton film. Selain menyenangkan, tentunya kamu bisa menambah keterampilan bahasamu.

Caranya sangat gampang. Kamu bisa menonton film dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris. Kalau sudah terbiasa, kamu dapat menonton tanpa melihat subtitle lagi. Yuk coba praktekan!

3. Membaca Buku, Artikel dan Berita

jago bahasa inggris dengan membaca buku, artikel, dan berita

Selain listening, kamu juga perlu mengasah keterampilan reading agar semakin jago bahasa Inggrisnya. Dengan membaca buku, artikel, dan berita, kamu akan tahu cara menulis kalimat yang benar.

Tak hanya itu, membaca juga akan menambah pengetahuan vocabulary-mu. Jika merasa berat, Mulailah dengan membaca berita atau artikel yang singkat dan memiliki pembahasan menarik. Sehingga kamu tidak akan merasa bosan.

4. Menulis Setiap Hari

jago bahasa inggris dengan menulis setiap hari

Setelah kamu menjalani semua cara diatas, ini saatnya kamu mempraktekan bagaimana menulis menggunakan bahasa Inggris. Mulailah dengan menulis kegiatan apa saja yang dijalani setiap harinya.

Tidak perlu banyak, yang kamu butuhkan adalah konsisten. Menulis setiap hari akan sangat membantumu untuk lebih cepat meningkatkan keterampilanmu.

5. Berbicara Setiap Hari

jago bahasa inggris di sekolah dengan berbicara setiap hari

Speaking juga merupakan komponen yang tak boleh kamu lupakan ketika ingin jago bahasa Inggris di sekolah. Cobalah untuk berbicara dengan bahasa Inggris setiap harinya.

Kamu bisa mulai dengan percakapan ringan bersama teman, orang tua, ataupun saudara. Jika belum pede, kamu dapat melatihnya dengan berbicara sendiri di depan kaca. Percaya deh, jika hal ini diterapkan setiap hari, kamu akan terkejut melihat hasilnya.

6. Menambah Kosakata

jago bahasa inggris dengan menambah kosakata

Menambah kosakata atau vocabulary merupakan salah satu aspek penting yang bisa kamu terapkan agar semakin jago berbahasa Inggris. Terdapat banyak cara mudah yang dapat kamu lakukan.

Yang pertama adalah mengetahui bahasa Inggrisnya semua benda yang ada disekelilingmu. Selanjutnya, kamu dapat membuat catatan ketika membaca atau menonton film dan melihat kata bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti. Yuk dicoba dan jangan menyerah dulu ya!

7. Belajar English Idiom dan Phrasal Verb

jago bahasa inggris dengan belajar idiom dan phrasal verb

Ada sejumlah aspek bahasa Inggris yang tidak selalu kamu temukan di buku pelajaran sekolah. Hal-hal tersebut adalah idiom dan phrasal verb. Dua hal ini menjadi sangat umum dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Jika kamu berhasil mempelajarinya, kamu akan lebih mudah berbicara dan memahami percakapan dengan native speakers. Meskipun ini bukan jenis bahasa yang cenderung kamu gunakan dalam esai akademis, tapi ini sama pentingnya untuk kamu berkomunikasi sehari-hari.

8. Belajar British dan American English

jago bahasa inggris dengan belajar british dan american english

Mengapa kamu perlu untuk belajar ke dua bahasa ini? Dalam british dan american english terdapat beberapa perbedaan dalam hal kosakata dan lainnya. Jika kamu masih berada di level yang rendah, maka kamu bisa pilih salah satu antara british atau american english.

Namun, kalau kamu merasa bisa menguasai 2 bahasa ini dalam satu waktu maka hal tersebut akan menjadi poin yang sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan berbahasamu.

9. Memilih Pendidikan Non-formal

jago bahasa inggris dengan memilih pendidikan non-formal

Memilih pendidikan non-formal untuk meningkatkan keterampilan bahasamu adalah salah satu pilihan yang dapat diambil. Pendidikan non-formal ini contohnya adalah dengan mengikuti kursus belajar. Kursus bahasa Inggris memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin meningkatkan keterampilan berbahasamu dengan cepat dan tentunya efektif.

EF English First bisa menjadi andalanmu agar jago bahasa Inggris di sekolah. EF memiliki program premium online class untuk usia 3-18 tahun. Program ini dirancang khusus untuk meningkatkan aspek kemampuan bahasa Inggrismu. Dengan jumlah peserta yang terbatas dan dibimbing oleh seorang guru yang profesional, dijamin akan memberikan hasil yang optimal dan pengalaman belajar menyenangkan.

Tertarik? Yuk segera isi nomormu pada kolom dibawah dan dapatkan diskonnya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

*Syarat dan Ketentuan Berlaku