Menu
belajar otodidak bahasa inggris

Meningkatkan Bahasa Inggris dengan Otodidak

teenager tipstips belajar
2020.04.24

Ingin lancar berbahasa Inggris? Selain belajar di tempat yang dapat meningkatkan keterampilanmu, kamu juga bisa belajar otodidak di waktu luangmu. Agar hasil belajar otodidak yang kamu lakukan ini dapat berjalan optimal, maka kamu harus mengetahui cara-cara belajar yang tepat terlebih dahulu.

Kita semua tahu bahwa belajar bahasa Inggris bukanlah sekedar pengetahuan teori namun juga praktek yang harus dilakukan secara berkelanjutan. Karena itu, belajar otodidak juga bisa menjadi hal yang dapat kamu lakukan untuk menjamin hasil yang lebih efektif.

Berikut ini beberapa tips yang harus kamu lakukan saat belajar bahasa Inggris secara otodidak:

Tips Belajar Otodidak

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.

• Materi belajar (tulisan, audio dan visual)

Materi belajar menjadi unsur penting bagimu untuk belajar bahasa Inggris. Agar belajar bahasa Inggris secara otodidak menjadi menyenangkan, kamu harus mempersiapkan materi yang menarik sebelum memulai belajar.

Materi belajar yang menyenangkan bisa kamu temukan misalnya melalui tulisan atau buku. Kamu bisa membeli buku bahasa Inggris yang menarik. Misalnya, jika kamu menyukai film Harry Potter, selain menonton filmnya, kamu juga bisa membaca novel bahasa Inggrisnya. Tentunya, hal ini bisa menambah jumlah vocabulary sekaligus membiasakanmu untuk berlatih listening sekaligus reading dalam bahasa Inggris. Melalui film, kamu juga bisa membedakan aksen-aksen bahasa Inggris yang berbeda.

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa unsur untuk materi belajar bahasa Inggris. Kamu bisa membeli buku yang dilengkapi dengan fasilitas audio sehingga pada saat melihat materi yang ada di buku, kamu dapat sekaligus mendengarkannya dengan menjalankan audio lesson. Dengan banyak mendengar dan memahami materi yang disampaikan audio, kamu akan lebih mudah membentuk kemampuan berbicara sekaligus mendengarkan.

Jika ingin meningkatkan lagi kemampuanmu. Kamu bisa mencoba untuk mendengarkan podcast dan mencoba mengerti isu atau topik apa yang di bicarakan di dalam podcast tersebut. Dengan mendengarkan podcast, kamu bisa membiasakan diri kamu untuk mendengar percakapan dalam bahasa Inggris.

Kamu juga bisa membeli kamus atau mendownload kamu di smartphonemu. Kamus merupakan buku yang wajib kamu miliki untuk belajar bahasa Inggris. Kamu dapat memperbanyak kosakata untuk mempelajari kata-kata dan pola kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Materi juga bisa kamu dapatkan secara online, berbagai situs telah menyediakannya.

• Kapan pun dan di manapun

Kunci dari fasih berbahasa Inggris adalah dengan banyak berlatih. Seperti pepatah mengatakan, “there’s no better way to learn a language than to dive right in.” yang memiliki arti bahwa tidak ada cara yang paling baik dalam mempelajari suatu bahasa dibandingkan untuk mempraktekan langsung. Hal ini berlaku untuk seluruh bahasa, termasuk bahasa Inggris.

Salah satu kelebihan dari belajar otodidak adalah kamu dapat melakukannya kapan dan di mana saja. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat, mudah dan efektif. Misalnya, kamu dapat menggunakan jam istirahat kuliah untuk mendengarkan audio lesson.

Isi smartphone kamu dengan modul-modul atau aplikasi belajar bahasa Inggris gratis sehingga kamu bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. Kamu juga bisa membawa novel atau buku bahasa Inggris, sehingga kamu bisa membacanya di waktu senggang.

• Praktikkan secara rutin

Belajar bahasa Inggris sama halnya dengan belajar sepeda, walaupun secara teori kamu memahami cara mengendarainya, namun tidak pernah mencoba menaiki dan mengayuh sepeda maka Anda tidak akan pernah bisa. Belajarlah terus menggunakannya walaupun banyak kesalahan yang dibuat. Untuk menguasai bahasa Inggris dibutuhkan keterampilan praktek.

Jika kamu sudah menguasai beberapa kata dan pola kalimat bahasa Inggris, maka kamu dapat mencoba percakapan. kamu dapat menggunakan dunia maya sebagai media belajarmu. Perluas percakapan dari hal biasa menjadi topik pembicaraan yang rumit. Kuncinya adalah, kamu harus memiliki komitmen untuk belajar bahasa Inggris. Dengan komitmen, ketekunan dan kesabaran, Anda pasti bisa menguasai bahasa Inggris dengan mudah.

• Berlatih dengan Monolog

Mempraktekkan bahasa Inggris salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan monolog. Kamu bisa berlatih bagaimana kamu mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Inggris, bagaimana menunjukkan ekspresi dan bagaimana kamu mengontrol kata-kata yang ingin kamu ucapkan.

Kamu bisa berlatih didepan cermin untuk menambah rasa percaya diri kamu. Dengan melakukan monolog, kamu juga bisa lebih sensitive terhadap kesalahan yang mungkin kamu lakukan saat tengah berbicara dalam bahasa Inggris.

• Ikut Komunitas Bahasa Inggris

Selain melakukan monolog, kamujuga bisa melakukan dialog. Untuk menemukan lawan bicara, kamu bisa mencari teman yang mahir bahasa Inggris, sehingga dia bisa mengkoreksi saat kamu mengatakan hal yang keliru. Atau, kamu juga bisa berlatih dengan teman yang sedang belajar, agar bisa saling membantu satu sama lain.

Jika masih merasa bingung, kamu juga dapat mencari komunitas-komunitas bahasa Inggris di sekitar kamu. Bergabung dengan komunitas bahasa Inggris bukan hanya membantu kamu untuk terbiasa berbicara bahasa Inggris, tapi juga bisa menambah koneksi. Kamu juga bisa mendapatkan ilmu dari anggota lain yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik darimu.

• Travel ke Negara Berbahasa Inggris

Kamu juga bisa pergi ke Negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai Negara Ibu. Anda bisa melakukan perjalanan disana dan mencoba untuk berbicara langsung dengan native speaker. Dengan melakukan travel, kamu bisa secara langsung mengetahui bagaimana aksen tertentu terdengar, dan bisa melatihmu untuk terus berbicara dalam bahasa Inggris.

Jika kamu memiliki waktu dan uang yang lebih, kamu juga bisa mendaftarkan diri kamu untuk sekolah di luar negeri. Dengan sekolah di luar negeri, kamu dapat belajar untuk hidup di lingkungan yang multi-kultur dan dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Belajar di luar negeri dapat membiasakan dirimu untuk menggunakan bahasa Inggris bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga untuk kebutuhan akademik. Hal ini tentu akan memperluas kosakata yang kamu miliki dalam bahasa Inggris.

• Banyak Pelajari Kosakata Bahasa Inggris

Hal ini hal yang sangat penting. Kemampuan kita untuk menggunakan kata yang tepat atau pembendaraan kata sangat diperlukan jika kita ingin mahir dalam menggunakan bahasa Inggris. Cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbanyak kosakata sudah tertulis di poin sebelumnya. Dimulai dari membaca, menulis, dan mendengarkan materi belajar yang bisa meningkatkan pengetahuan Anda mengenai kosa kata bahasa Inggris.

Kamu juga bisa mencatat untuk mempeluas kosakata bahasa Inggris. Caranya mudah, setiap kamu mendengar kata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya atau kata yang kamu belum tahu artinya, coba catat kata tersebut bersama dengan cara membaca dan arti dari kata tersebut.

Semakin banyak kata yang kamu tulis, akan membantu kamu untuk mengingat arti dari kata tersebut. Kamu juga bisa menyimpan catatan kata tersebut jika dibutuhkan di masa depan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Kamu juga bisa mencoba untuk mengikuti program jangka pendek dari EF yang dapat melatih kepercayaan dirimu dan keampuanmu. Penasaran? Yuk, isi nomor teleponmu pada formulir di bawah ini dan temukan caranya!

online learning class ramadan
Incorrect phone number
Daftar Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.