Menu
cara konsentrasi belajar
Education Advice

Susah Fokus saat Belajar? Ini Tipsnya!

2020.07.13

Salah satu poin penting yang perlu diterapkan ketika belajar adalah kemampuan untuk Fokus. Kalau kamu tipe orang yang mudah fokus atau malah susah fokus?

Mungkin sebagian besar dari kita menganggap bahwa otak dapat bekerja secara multitasking. Sayangnya, fakta membuktikan bahwa otak tidak bekerja dengan baik ketika kita melakukan banyak hal dalam 1 waktu. Tetapi otak akan bekerja dengan maksimal ketika fokus pada 1 hal. Mungkin kamu juga mau membaca bagaimana cara belajar dengan menyenangkan sambil melakukan hal-hal lain.

Apa yang menjadi masalah yang membuat kita menjadi sulit untuk fokus? Yup, salah satunya adalah ketika terlalu banyak gangguan di sekitar kita. Nah lalu bagaimana untuk tetap fokus pada satu kegiatan di satu waktu ketika banyak aktivitas lainnya yang juga ikut menyita waktumu?

Ini dia 5 tips yang dapat membantu kamu untuk fokus belajar!

1. Membuat Skala Prioritas

tips fokus saat belajar adalah membuat skala prioritas

Membuat skala prioritas adalah hal pertama yang harusnya kamu lakukan ketika ingin fokus saat belajar. Kamu dapat memulai membuat list apa saja yang harus dipelajari atau dikerjakan pada hari itu. Setelah terkumpul semua list-nya, maka akan terlihat mana yang patut kamu dahulukan.

Pastikan kamu fokus pada satu hal di pagi hari. Jika semuanya berjalan dengan baik dan kamu dapat menyelesaikannya tepat waktu, lanjutlah pada list berikutnya. Lakukan setiap hari, agar fokusmu tidak terbagi-bagi.

Selain itu, Skala prioritas ini akan sangat memudahkanmu untuk mengatur jadwal belajar yang tepat nantinya.

2. Temukan Tempat yang Nyaman

tips fokus belajar adalah menemukan tempat yang nyaman

Tempat memiliki pengaruh yang cukup besar jika itu berhubungan dengan fokus saat belajar. Bagi sebagian orang, perpustakan menjadi tempat yang nyaman untuk mereka ketika ingin fokus belajar. Namun sebagian lainnya merasa coffee shop adalah tempat ternyaman untuk belajar.

Dimanapun tempatnya, pastikan kamu memiliki cukup banyak ruang untuk menaruh semua barang yang dibutuhkan. Selain itu, memilih furniture juga sangat penting, karena dapat berpengaruh pada postur tubuh. Pilihlah kursi dan meja yang sesuai kebutuhanmu.

Belajar pastinya membutuhkan waktu yang lama, dan jika kamu tidak nyaman dengan meja ataupun kursinya, tentu hal tersebut dapat mempengaruhi mood yang akhirnya akan menurunkan fokus saat sedang belajar.

3. Membuat Ritual Belajar

tips fokus belajar adalah membuat ritual belajar

Ketika ingin tetap fokus saat belajar, penting bagi kamu untuk membuat sebuah ritual sebelum belajar. Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan merapikan meja, menutup pintu, pastikan semua yang kamu butuhkan sudah ada di sekitarmu, serta nyalakan lagu jika kamu merasa itu dapat menaikkan mood dan menjaga agar tetap fokus.

Menggunakan 5 menit pertama untuk membuat lingkungan belajar yang mendukung tidak hanya mempersiapkanmu secara fisik untuk belajar namun juga mampu melatih otak untuk fokus dengan mudah.

Dengan memastikan sekelilingmu bersih dari hal-hal yang dapat mengganggu, maka pikiranmu akan langsung fokus pada apa yang penting.

4. Singkirkan Semua yang Dapat Mengganggu Fokus

tips fokus saat belajar adalah singkirkan semua yang menggangu

Sebaian besar dari kita, setuju bahwa smartphone dan berbagai aplikasi di dalamnya seringkali menjadi faktor utama kenapa kita menjadi susah fokus saat belajar. Ketika kamu sedang belajar, dan melihat ada notifikasi yang muncul, seketika pikiranmu langsung teralihkan.

Mungkin kamu hanya berniat ingin membuka handphone selama 5 menit untuk memastikan apakah notifikasi tersebut merupakan pesan yang penting atau tidak. Tapi kenyataannya 5 menit dapat menjadi 15 menit, 30 menit dan seterusnya.

Setelah itu, ketika ingin kembali belajar, rata-rata orang membutuhkan 15 sampai 20 menit untuk fokus lagi terhadap sesuatu yang sedang dilakukannya. Jika dihitung-hitung, sudah berapa banyak waktumu terbuang sia-sia? Jika tidak ingin hal ini terjadi, kamu perlu menyingkirkan sejenak smartphone atau benda lainnya yang sering menganggu fokusmu.

5. Atur Waktu Belajar

tips fokus saat belajar adalah dengan mengatur waktu

Belajar dalam waktu yang lama tidak menjamin kamu akan langsung mengerti dan paham apa yang sedang kamu pelajari. Tentunya sulit juga untuk fokus jika sudah terlalu lama. Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu kamu lakukan adalah mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.

Ketika kamu harus belajar selama 7 jam sehari, maka kamu perlu menyisihkan 1 jam untuk istirahat. 1 jam ini bisa kamu gunakan untuk kegiatan apapun yang bisa membangkitkan mood saat harus belajar kembali. Selain itu, setiap 1 setengah jam kamu perlu mengambil 5 - 10 menit untuk menyegarkan pikiran.

Contohnya kamu bisa melakukan perenggangan, berjalan keluar, dan kegiatan lainnya. Jika kamu menerapkan hal ini tentunya kegiatan belajar terasa menyenangkan dan kamu dapat fokus dengan mudah.

Bagaimana? Kamu bisa mengikuti 5 tips di atas dengan mudah bukan? Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui tips belajar lainnya seperti cara mudah jago bahasa Inggris di sekolah, kamu bisa cek di Education Advice section.

Selain itu, kamu juga dapat belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan loh. Penasaran? Yuk segera isi nomormu pada kolom dibawah dan temukan jawabannya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku