Menu
psikologi pendidikan anak
Education Advice

Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini

2020.09.14

Mungkin kata-kata psikologi pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Tetapi tahukah Anda kalau psikologi pendidikan juga terdapat pada anak usia dini?

Secara umum, psikologi pendidikan adalah salah satu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kegiatan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang dari sang peserta didik tersebut. Psikologi pendidikan ini memberikan solusi bagaimana cara membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Oleh karena itu, ilmu ini tidak hanya diterapkan pada remaja hingga dewasa tetapi juga pada anak usia dini. Apalagi di jaman sekarang, anak umur 2 tahun sudah mulai mengetahui tentang pendidikan di sekolah. Pada tahap ini, orang tua tentu mengambil peran paling besar dalam mengenalkan hal-hal baru, membentuk mental, kepribadian, dan perilaku anak.

Sehingga, bukan hanya guru yang perlu mengetahui tentang psikologi pendidikan, namun juga para orang tua. Ilmu ini berperan besar dalam penyelenggaraan pendidikan anak. Anda bisa merencakan dan mengambil langkah pendidikan seperti apa yang paling tepat bagi si kecil.

Sebenarnya pendidikan seperti apa sih yang perlu Anda terapkan pada anak usia dini? Simak penjelasan berikut ini:

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bangun Kedekatan Emosional dengan Anak

psikologi pendidikan pada anak

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah melakukan pendekatan emosial dengan anak. Jika Anda dan anak dekat, maka rasa percaya anak untuk lebih terbuka dengan orang tuanya pun akan semakin besar. Ketika hal tersebut terjadi, akan lebih mudah bagi orang tua untuk mengajarkan dan memberitahu hal-hal yang penting bagi anak. Anak pun menerima semua yang Anda berikan dengan lebih mudah dan tanpa adanya rasa keterpaksaan.

Ajak Anak Berdiskusi

psikologi penddikan pada anak

Penting sekali untuk mengetahui apa sebenarnya yang disukai dan tidak disukai oleh anak. Supaya Anda paham, mengajak anak berdiskusi dengan menanyakan apa yang ia mau adalah salah satu caranya. Coba kasih beberapa pilihan kegiatan yang mungkin disukai oleh anak. Lihat masing-masing ekspresi dan tingkah lakunya selama melakukan kegiatan tersebut. Dari sana Anda bisa semakin tahu karakter dari anak dan kegiatan belajar seperti apa yang cocok untuk diterapkan.

Buat Suasana yang Menyenangkan

psikologi pendidikan pada anak usia dini

Untuk membuat anak kecil merasa nyaman berada disekitar orang tuanya adalah dengan menciptakan suasana yang positif dan menyenangkan. Sebelum mulai memberikan hal-hal baru pada mereka, Anda bisa menciptakan terlebih dahulu lingkungan yang memberikan energi positif. Contohnya bisa dengan mengajak anak bernyanyi, menari, dan bermain. Kalau sudah tercipta suasana yang asik dan kondusif, hati dan pikiran anakpun akan siap untuk menerima pembelajaran dari orang tuanya.

Ketahui Kondisi Anak dengan Baik

psikologi pendidikan

Orang dewasa ketika disuruh belajar dalam konsisi yang sedang tidak baik, maka apa yang disampaikan oleh orang lain hampir 75% tidak ada yang menempel di otak. Hal ini juga terjadi pada anak usia dini.

Jika ia sudah mulai merasa bosan, ngantuk, lapar, dan ingin bermain, maka sudahi proses belajar. Memaksakan anak untuk belajar juga tidak akan memberikan hasil yang baik. Pada kasus anak usia dini, bisa jadi nanti anak akan mengalami trauma sehingga belajar menjadi satu hal yang tidak ia sukai kedepannya. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Jangan Marah Tetapi Tegas

psikologi pendidikan

Terkadang yang bikin anak tidak ingin belajar dan mendengarkan orang tau adalah karena terlalu sering dimarahi. Ketika dimarahi, anak-anak akan memiliki kecenderungan untuk menjaga jarak mereka dengan Anda. Hal ini berlawanan dengan prinsip bahwa orang tua dan anak perlu memiliki hubungan yang harmonis.

Jika anak melakukan kesalahan, mungkin marah bukan menjadi opsi yang tepat. Mengoreksinya dengan memberikan opini yang dapat ia mengerti memiliki efek yang lebih baik untuk dirinya.

Satu hal yang perlu Anda lakukan terhadap anak adalah menjadi orang tua yang tegas, bukan pemarah. Tegas dan disiplin akan membuat anak menjadi menghormati orang tua sehingga mereka mau mendengar yang Anda sampaikan dengan lebih baik.

Dari penjelasan di atas, apakah Anda dapat melihat poin penting dalam psikologi pendidikan anak usia dini?

Hal yang terpenting adalah mengatur emosi anak dengan baik. Dengan mengetahui cara anak Anda berpikir, maka secara tidak langsung Anda juga menolong proses belajarnya dan membuatnya menjadi lebih mudah dalam menggapai cita-cita.

Selain psikologi pendidikan, Anda juga mungkin tertarik dengan tahapan tumbuh kembang anak serta hal yang harus dilakukan saat anak memasuki masa golden age.

Selain itu, Anda juga mungkin bermimpi untuk memberikan pelajaran yang dapat membuatnya mencintai apa yang ia sedang pelajari. Hal ini adalah satu hal yang EF terapkan pada program kursusnya. Dengan metode unik yang dimiliki EF, kami menyadari bahwa pendidikan yang terbaik adalah pendidikan yang sesuai dengan kondisi dari pribadi siswa-siswi kami.

Jika Anda tertarik bergabung dengan EF, kami tengah memberikan kelas demo gratis agar terdapat gambaran bagaimana serunya belajar di EF.

Temukan vouchernya pada halaman ini dan klaim sekarang. Penawaran ini terbatas!