Menu
kegiatan seru saat bulan ramadan
News and Lifestyle

Ini 6 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan saat Puasa di Bulan Ramadan

2020.04.29

Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Kegiatan apa yang kira-kira bisa kamu lakukan saat puasa di bulan Ramadan?

Pada saat ramadan, umat muslim menjalankan ibadah wajib, yaitu berpuasa selama satu bulan lamanya. Dalam bulan Ramadan, biasanya banyak kegiatan yang tak pernah dilakukan pada bulan-bulan biasanya, terutama di Indonesia. Apa saja jenis kegiatan positif yang bisa dilakukan di bulan Ramadan? Yuk, cek 6 kegiatan saat puasa yang bisa kamu lakukan di bawah ini:

Mempelajari Sejarah Dunia

kegiatan seru saat bulan ramadan

Saat waktu senggang di siang hari, cobalah membaca beberapa artikel dan cerita yang menggambarkan sejarah dunia, misalnya tentang sejarah Islam. Dengan semakin majunya teknologi, kemudahan dalam mempelajari sejarah Islam menjadi semakin mudah. Tapi perlu diperhatikan juga keabsahan cerita yang kamu baca. Jangan sampai mudah percaya pada apa yang kamu temukan di jejaring sosial atau situs yang tidak kamu percaya!

Ngabuburit

kegiatan seru saat bulan ramadan

Ngabuburit merupakan kegiatan melepas penat di sore hari. Biasanya kegiatan ini dilakukan ketika sedang menunggu azan magrib atau waktu berbuka. Dari kegiatan ini, kamu juga bisa mencari makanan untuk berbuka, loh! Sambil mencari makan, kamu bisa jalan-jalan menemui banyak orang di jalanan. Walau mungkin saat kamu tidak bisa keluar rumah, mungkin kamu bisa mengisi kegiatan ngabuburit ini dengan kegiatan seru lain yang bisa kamu lakukan di rumah.

Mendengarkan Musik atau Menonton Film

kegiatan seru saat bulan ramadan

Mendengarkan musik atau menonton film itu memang bisa dilakukan kapan pun. Tapi beberapa orang akan bilang kegiatan tersebut sebagai kegiatan ngabuburit. Mendengarkan musik atau menonton film memang membantu untuk membunuh waktumu. Selain itu, kamu juga dapat mempejari banyak hal, lho! Misalnya menambah kosakata, melatih kemampuan bernyanyi, atau mencoba belajar akting dari film yang kamu tonton. Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dari film atau musik yang kamu sukai, atau bahkan menemukan dongeng yang dapat meningkatkan kemampuanmu dalam bahasa Inggris!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Melakukan Ibadah Sunah

kegiatan seru saat bulan ramadan

Bulan puasa ini, mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk melakukan ibadah sunah yang sering kamu tinggalkan? Salah satu ibadah sunah yang lekat dengan bulan Ramadan adalah salat tarawih. Salat tarawih adalah kegiatan unik yang hanya terjadi saat ramadan. Hal yang seru saat salat tarawih ini adalah kamu bisa pergi salat bersama teman-teman dan keluarga kamu di masjid meskipun bisa juga dilakukan di rumah. Selain beribadah, kamu juga dapat bersosialisasi dengan teman-temanmu, seru kan?

Bermain Boardgame

kegiatan seru saat bulan ramadan

Untuk mengusir penat bersama teman-teman, rasanya bermain boardgame atau permainan papan akan menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak jenis permainan papan, misal ular tangga, catur, othello, scrabble, dan masih banyak lagi. Bermain permainan papan akan sangat efektif bila dilakukan saat siang menjelang sore hari, ketika rasanya sedang benar-benar suntuk sekali. Bermain permainan papan juga dapat mengasah berbagai kemampuanmu, seperti berpikir cepat, membuat strategi, dan menambah kosakata ketika bermain scrabble. Bermainlah dengan temanmu dan jangan curang, ya!

Mengkhatamkan Alquran

kegiatan seru saat bulan ramadan

Ramadan merupakan kegiatan berpuasa selama 30 (tiga puluh) hari. Selama itu, akan lebih menyenangkan kalau kamu bisa melakukan khatam alquran dalam 30 hari tersebut. Tentunya akan sangat menantang karena kamu harus bisa menyelesaikan satu juz dalam satu hari. Namun, bila kamu mampu mengalahkan tantangannya, kamu akan merasa puas dan senang karena dapat melakukan khatam alquran. Tidak semua orang, lho, dapat khatam alquran. Buktikan kalau kamu adalah salah satu yang terbaik yang dapat mengkhatamkan alquran. Hitung-hitung kamu juga cari pahala.