Menu
lebaran dalam bahasa inggris
News and Lifestyle

Ini Serunya Lebaran Dengan Istilah Bahasa inggris

2020.04.23

Di Indonesia Hari Raya Idul Fitri merupakan perayaan yang penting dan merupakan salah satu momen liburan panjang. Banyak orang mulai berbondong-bondong kembali ke daerah asalnya dengan keluarga, mempersiapkan makanan khas masing-masing daerah, sampai mempersiapkan baju baru untuk dipakai di hari H. Semua hal tersebut pasti jadi cerita seru untuk disampaikan pada kerabat atau teman baru dari negara lain yang memiliki keyakinan dan budaya yang berbeda. Akan lebih asyik lagi jika kita bisa menjelaskannya dengan baik menggunakan istilah yang dapat dimengerti dalam bahasa Inggris.

Yuk, kita bersama-sama belajar kosa kata yang berhubungan dengan Lebaran dan bagaimana cara menggunakannya dalam bahasa Inggris.

Eid Prayer

Dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Sholat Ied”. Kegiatan ini biasanya akan dimulai dari jam tujuh pagi, lalu diikuti dengan kotbah. umumnya doa ini dilakukan bersama keluarga dan warga sekitar di sebuah masjid.

Contoh kalimat:
We usually wake up at 5.30 AM and get ready for Eid Prayer.

To ask for forgiveness

Idul Fitri memiliki arti kembali ke fitra, yang juga berarti kembali menjadi suci. Untuk mencapai kesucian tersebut, maka umat Muslim saling meminta maaf dan memaafkan satu sama lain.

Contoh kalimat:
I am sorry for all of my mistakes, I would like to ask for forgiveness for all the things I had done to you.

Homecoming

Istilah ini bisa berarti pulang kampung atau sebutan lain di Indonesia adalah mudik. Ini merupakan puncak kegiatan yang umumnya dilakukan ketika menjelang lebaran. Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kebanyakan orang melakukan mudik dengan tujuan agar dapat bertemu dengan keluarga besar yang tersebar di perantauan, memohon maaf kepada saudara-saudara, serta memberi hormat kepada orang tua.

Contoh kalimat:
He was back in town for the weekend homecoming celebrations.

Happy Eid Mubarak

Salah satu ungkapan untuk memberi ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Inggris adalah “Happy Eid Mubarak”. Kata Eid Mubarak berasal dari bahasa arab yang memiliki arti “Happy Eid”. Kata “eid” sendiri memiliki arti perayaan.

Contoh kalimat:
Wishing a very happy Eid Mubarak to all of you!

To wear new clothes

Memakai baju baru merupakan sebuah tradisi yang biasa dilakukan ketika lebaran dimulai. Dimana Fitri dari kata Idul Fitri mempunyai arti lahir kembali. Oleh karena itu untuk manusia kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dapat dianalogikan dengan pakaian yang bersih ataupun baru di hari Idul Fitri.

Contoh kalimat:
During Lebaran festival, she planned to wear new clothes that she had bought a couple weeks ago.

EF English First mengucapkan mohon maaf lahir dan batin!

Kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut informasi seputar lebaran di sini

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku