Menu
cara mewujudkan cita-cita
Education Advice

5 Tips untuk Meraih Cita-Cita

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.07.16

Setiap orang pasti memiliki mimpi yang ingin mereka gapai, baik itu dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Meski begitu, masih banyak orang yang berhenti mengejar mimpi di tengah jalan karena impian mereka tak kunjung-kunjung tercapai. Tapi, apakah kamu tahu ada tips untuk membantumu meraih cita-cita?

Dengan langkah-langkah yang tepat, bukan tidak mungkin lho kamu dapat merubah mimpi-mimpimu menjadi sebuah kenyataan. Mungkin kamu dapat menjadi seorang astronot ataupun storyteller profesional ketika kamu dewasa.

EFBlog telah merangkum sejumlah tips yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi-mimpimu. Apa saja tips tersebut? Yuk cek dalam daftar di bawah ini!

Pertama, Tentukan Tujuanmu

tentukan tujuanmu

Langkah paling pertama adalah untuk menentukan tujuan yang jelas dari apa yang ingin kamu gapai. Masih banyak orang di luar sana yang menghabiskan waktu mereka dengan melakukan berbagai macam kegiatan serta tenggelam dalam aktivitas mereka sehari-hari. Agar mimpimu dapat tercapai tanpa harus membuang waktumu dengan sia-sia, mulai tentukan arah mimpimu mulai dari sekarang dengan metode SMART.

Apa itu metode SMART?

SMART adalah kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Bound—beberapa nilai yang penting untuk diingat dalam menentukan sebuah tujuan. Metode ini pertama kali dicetuskan oleh seorang profesor dari Universitas Saint Louis yang bernama Robert S. Rubin dan kerap digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. SMART merupakan metode yang dinilai efektif bagi banyak orang untuk memberikan tujuan, motivasi, serta patokan agar mimpimu dapat direncanakan dengan baik.

S – Specific

Tentukan cita-citamu secara jelas dan spesifik.

M – Measurable

Penting untuk memiliki cita-cita yang dapat diukur perkembangannya, sehingga kamu dapat mengetahui sejauh mana usahamu telah membuahkan hasil.

A – Achievable

Selain realistis, kamu juga harus memiliki cita-cita yang sesuai dengan kemampuan serta usaha yang kamu kerahkan.

R – Relevant

Salah tu hal terpenting untuk ditanyakan kepada diri sendiri ketika tengah merancang cita-cita adalah, “apakah ini bermanfaat untuk diriku dan orang-orang di sekitarku?”

T – Time Bound

Setiap target tentunya memiliki tenggat waktu agar kamu dapat menentukan prioritasmu dan menyalurkan usahamu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kedua, Rangkai “Dream Board” ala Kamu

dream board

Motivasi dapat datang dan pergi dengan mudahnya, padahal keinginan yang kuat merupakan salah satu faktor terpenting untuk menggapai mimpi. Setiap orang di dunia ini memiliki keunikan dan tujuannya masing-masing, cobalah berkarya menggunakan dream board agar kamu dapat selalu teringat dengan hal yang kamu cita-citakan.

Dream boards dapat menjadi cara yang menyenangkan bagi kamu yang memiliki banyak mimpi, karena kamu dapat menaruh mimpi-mimpi tersebut dan mengelompokannya sesuai keinginanmu—baik itu mengenai pendidikan, tabungan, pekerjaan, bahkan hubungan sekalipun. Carilah inspirasi-inspirasi dream board dari internet dan janganlah takut untuk bermain dengan warna.

Bila metode SMART didesain agar kamu dapat menetapkan tujuan dari mimpi dan usahamu secara jelas dan dengan cara yang sangat metodis, maka dreams boards dibuat agar kamu dapat terus mempertahankan motivasimu melalui cara-cara yang kreatif!

Ketiga, Rencanakan Langkahmu

step by step

Cita-citamu tentunya tidak terwujud dengan sendirinya. Apakah kamu tahu, sebelum menjadi pemain basket legendaris seperti saat ini, Michael Jordan pernah ditolak oleh klub basket ketika ia masih duduk di bangku SMA?

Dalam artikel yang dilansir oleh Newsweek, Jordan mengakui bahwa ia bahkan menangis dan mengurung dirinya di kamar ketika ia mengetahui bahwa ia ditolak, namun pria berumur 56 tahun ini menolak untuk menyerah dan langsung mencari cara agar ia dapat meraih mimpinya sebagai pemain basket profesional.

Mulai rencanakan langkah-langkahmu secara matang—cari tahu apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menggapai mimpimu dan jangan lupa untuk terus pantau perkembanganmu. Kamu juga bisa mencatat rencanamu di atas dream boards dan mengelompokannya sesuai kategori mimpimu lho agar kamu dapat mengingatnya dengan lebih mudah!

Keempat, Perkaya Wawasanmu

knowledge

Senantiasa belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang yang menjadi impianmu dapat mengantarkanmu lebih dekat dengan hal yang selama ini kamu cita-citakan. Mengikuti kursus, mendatangi seminar, atau sekedar membaca buku di waktu senggangmu dapat membekalimu dengan berbagai ilmu dan pengalaman baru yang pastinya akan membawa manfaat bagi kehidupanmu kedepannya!

Terakhir, Lakukan Sekarang Juga!

mulai dari sekarang

Tips ini dapat dikatakan sebagai tips paling sederhana, namun juga dapat dikatakan sebagai tips paling penting. Jangan menunda-nunda untuk mewujudkan mimpimu—mulailah tentukan tujuanmu, carilah motivasimu, susun rapih rencanamu, dan gali terus kemampuanmu. Sebuah mimpi akan terus menjadi mimpi bila kamu tidak berusaha mewujudkannya!

Itulah 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi dan cita-citamu. Banyak orang berkata bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, bahkan Walt Disney pun pernah mengutip, “if you can dream it, you can do it.

Kamu punya mimpi untuk jago bahasa Inggris? Kamu dapat mengecek tips untuk jago bahasa Inggris di sini. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan penawaran khusus hanya dengan mengisi formulir di bawah ini, loh!

Mari wujudkan mimpimu mulai dari sekarang!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben