Menu
cara jitu menjadi storyteller
Listening and Speaking

Ini 3 Cara Jitu Menjadi Storyteller Handal

Speaking tipstips belajar
2020.05.13

Apa sih storyteller itu? Storyteller adalah seseorang yang menceritakan sebuah cerita di depan seseorang, atau dalam bahasa Indonesia sering kita sebut sebagai ‘pencerita’ atau ‘pendongeng’. Menjadi seorang 🔗storyteller handal tampaknya sangat menantang! Tapi, apakah kamu tahu bahwa siapa pun bisa menjadi seorang storyteller handal?

Mungkin kamu akrab dengan dongeng-dongeng terkenal macam Si Putih Salju, Cinderella, atau bahkan folklore asal Indonesia seperti Sangkuriang, Bawang Putih Bawang Merah atau Malin Kundang. Mendengarkan cerita-cerita tersebut memang menyenangkan, terutama saat dikemas dalam animasi yang apik dan indah. Namun, apakah kamu pernah bertanya, hal apa sih yang membuatmu paling bersemangat saat mendengarkan dongeng-dongeng tersebut?

Yup! Storytelling adalah jawabannya.

Dalam sebuah storytelling atau penyampaian cerita, ada beberapa teknik yang harus kamu ketahui untuk membuat ceritamu menjadi menarik dan membuat orang-orang senang mendengarkan ceritamu. Menjadi storyteller akan membawa manfaat bagimu dan orang banyak, terutama ketika kamu ingin orang-orang mendengarkan topik yang ingin kamu sampaikan–atau bahkan bercita-cita untuk menjadi seorang pendongeng yang handal.

Kira-kira apa rahasia jadi pendongeng yang handal? Yuk, simak poin-poin berikut ini:

pertama

Pertama, Latih Kepercayaan Dirimu

Menjadi storyteller, juga berarti kamu harus punya kepercayaan diri untuk berbicara di depan orang-orang. Ini saatnya kamu mulai membangun kepercayaan dirimu, terutama dalam berbicara di depan orang lain. Bagaimana melatih kepercayaan diri? Ada beberapa poin yang bisa kamu praktekan dari rumah:

  • Latih pengetahuanmu mengenai hal yang ingin kamu sampaikan
    Saat kamu tahu betul apa yang ingin kamu sampaikan, saat itulah kepercayaan dirimu akan meningkat ketika menyampaikan hal tersebut

  • Tersenyum!
    Yup! Coba tersenyum yang lebar saat kamu sedang bercerita di depan orang lain! Apakah kamu tahu bahwa senyum bisa menular? Sebarkan energi positifmu dengan tersenyum setiap kamu bercerita, niscaya kepercayaan dirimu akan meningkat bersamanya!

  • Banyak berbicara dengan orang lain
    Selama di rumah, kamu bisa mempraktekkan ini pada keluargamu. Coba untuk berbicara dengan mereka, bukan hanya sebagai pencerita namun juga sebagai pendengar

  • Berlatih berbicara di depan cermin
    Kamu bisa coba untuk berlatih berbicara atau menyampaikan cerita di depan cermin, dengan demikian kamu akan menyadari bahwa kamu adalah seseorang yang kompeten!

kedua

Kedua, Kembangkan Kreativitas serta Imajinasimu

Kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan penceritaan. Tapi apa kamu tahu? Banyak orang merasa berimajinasi merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Menjadi kreatif memang memiliki tantangan sendiri, tapi bukan berarti hal itu mustahil loh! Menurut penelitian, bahkan imajinasi bisa dikembangkan dengan beberapa tips mudah, yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Kamu bisa memulainya dari 2 poin di bawah ini:

  • Latih kreativitasmu dengan merekam ide-ide baru yang mendadak muncul di kepalamu, dan kemudian mencoba mengembangkannya. Kreativitas dan imajinasi bisa dikembangkan dari sebuah ide yang sederhana, kemudian kamu bisa menggabungkannya dengan gagasan-gagasan lain untuk melahirkan sebuah ide baru.

  • Tantang juga dirimu untuk melangkah ke ranah baru yang kamu sebelumnya tidak pernah coba. Niscaya, kamu akan menemukan ide-ide segar yang kamu tidak pernah pikirkan sebelumnya!

ketiga

Ketiga, Pelajari Cara Bercerita yang Benar

Dalam menyampaikan cerita, ternyata ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk membuatnya menjadi menarik. Membuat seseorang terpaku dengan ceritamu mungkin terdengar menantang. Namun, sebagai seorang storyteller, ada beberapa langkah utama yang harus kamu lakukan saat melakukan kegiatan storytelling:

  • Mulai dengan hal yang menarik perhatian pendengarmu

  • Pastikan ceritamu memiliki inti yang menarik

  • Atur alur cerita dari mulai konflik, klimaks, hingga solusi dan kesimpulan

  • Jangan terlalu fokus pada detail, fokus pada hal yang membuat ceritamu menarik

  • Akhiri ceritamu dengan kejutan!

Nah, di atas adalah beberapa cara menjadi storyteller yang handal. Apakah kamu tertarik untuk menjadi storyteller? Ini giliranmu untuk mengembangkan kemampuan baru!

Selamat, Kamu Dapat Voucher dari EF!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini untuk klaim voucher diskon 10%* sampai tanggal 30 November 2020. Yuk, keburu kehabisan!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku