Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Tips Agar Tidak Di-ghosting HRD Pasca Interview
Karir & Bisnis

4 Tips Agar Tidak Di-ghosting HRD Pasca Interview

2023.01.28

Setiap orang termasuk kamu tentu akan merasa senang jika berhasil mengikuti interview kerja di perusahaan impian. Akan tetapi, perasaan tersebut bisa berganti dengan perasaan sedih atau kecewa jika tidak dihubungi kembai oleh pihak HRD perusahaan. Nah, hal tersebut bisa juga disebut dengan di-ghosting. Sebenarnya, di-ghosting oleh perusahaan HRD pasca interview kerja bukan hal baru alias kondisi ini sudah sangat sering dialami oleh para pencari kerja. Meski begitu, kamu tidak harus pasrah dengan keadaan. Dengan kata lain, kondisi tersebut masih bisa disiasati jika kamu mau berusaha. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mencegah di-ghosting HRD pasca interview kerja:

Tanyakan kepastian saat interview

Salah satu cara agar tidak di-PHP oleh HRD setelah wawancara kerja adalah menanyakan langsung mengenai kepastian dari hasil interview kepada pewawancara. Saat proses interview masih berlangsung, biasanya HRD akan memberi kamu sebagai interviewee untuk bertanya. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melemparkan pertanyaan yang terkait dengan hasil dari interview. Kamu bisa bertanya, apakah pihak perusahaan akan memberikan informasi mengenai hasil interview baik jika diterima atau tidak kepada semua kandidat. Umumnya, perusahaan akan memberitahu rentang waktu berapa lama kamu akan mendapatkan informasi lanjutan yang berkaitan dengan hasil interview tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa mengatur ekspektasi terhadap hasil interview. Jika sudah lewat dari rentang waktu yang disebutkan dan kamu masih belum mendapatkan kabar, kamu bisa move on dan mencari pekerjaan di tempat lain.

Follow up melalui e-mail

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika masih berharap agar lolos wawancara kerja dari sebuah perusahaan tertentu adalah melakukan follow up kepada HRD atau orang yang mewawancarai kamu. Hal ini masih tergolong wajar selama kamu bisa melakukannya dengan tepat. Nah, ada tips untuk melakukan follow up kepada rekruter yang bisa kamu lakukan. Misalnya, lakukan di waktu yang tepat. Jika saat wawancara pihak HRD mengatakan akan memberi kabar kurang lebih dua minggu ke depan, berarti waktu yang tepat untuk melakukan follow up adalah saat sudah lebih dari dua minggu sejak wawancara dilakukan.

Melakukan follow up terlalu cepat sebaiknya tidak dilakukan karena membuat kamu nampak tidak sabaran. Selain itu, lakukan dengan cara yang sopan, seperti menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hal ini tentu akan mempengaruhi penilaian HRD kepada kamu sebagai kandidat.

Tidak memaksakan kehendak

Jika kamu sudah melakukan follow up melalui email untuk mendapatkan informasi mengenai hasil wawancara tetapi tidak mendapat balasan, jangan memaksakan kehendak. Bisa saja itu adalah pertanda bahwa kamu memang bukan kandidat terpilih. Lebih baik, persiapkan diri untuk mencari pekerjaan di tempat atau perusahaan lain.

Terus-menerus menghubungi pihak perusahaan atau HRD bisa membuat mereka merasa jengah atau kurang nyaman. Justru, sikap atau perilaku yang memaksa tersebut bisa membuat kamu di-block list dari perusahaan. Bahkan, tidak  menutup kemungkinan bahwa pihak HRD yang memiliki jaringan HRD di berbagai perusahaan besar lainnya membuat kamu sulit diterima di perusahaan lain karena sikap tersebut.

Move on

Sebenarnya, di-ghosting oleh HRD perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan pasca interview adalah hal yang sangat mungkin terjadi di dunia kerja. Biasanya, karena pihak HRD tidak memiliki waktu untuk menghubungi seluruh kandidat yang mengikuti proses wawancara. Jadi, pihak HRD hanya melakukan follow up kepada kandidat yang diterima di perusahaan saja.

Meski begitu, jangan menjadikan kondisi tersebut mematahkan semangat juangmu. Hal ini tidak berarti kamu tidak kompeten, tetapi bisa saja karena kamu belum beruntung saja dan masih banyak faktor lainnya. Oleh sebab itu, salah satu cara agar tidak larut dalam kesedihan, lebih baik move on dan mempersiapkan diri untuk mencari kerja di tempat lain saja.

Dari berbagai tips di atas, kamu sudah tahu kan sekarang bagaimana cara mencegah agar tidak di-ghosting HRD pasca interview? Selamat mencoba!

EFellas, ingin tau artikel lainnya yang membahas mengenai dunia kerja? Tenang aja, EF Adults udah siapin spesial untuk kamu. Selamat membaca!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Tips Agar Tidak Di-ghosting HRD Pasca Interview