Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Langkah Membatalkan Janji dalam Bahasa Inggris
Karir & Bisnis

Langkah Membatalkan Janji dalam Bahasa Inggris

2022.09.19

Belajar Bahasa Inggris bukan cuma belajar grammar ataupun kosa kata saja. Kamu juga harus bisa merangkai grammar dan kosa kata yang sudah kamu pahami dan menggunakannya dalam percakapan dasar sehari-hari, misalnya percakapan saat menanyakan arah jalan, saat memesan makanan, saat mencari informasi, dll. Dengan kemampuan percakapan yang baik, barulah Bahasa Inggris kamu akan terdengar lugas dan fasih. 

Situasi dalam percakapan sehari-hari memang sangat beragam. Kali ini, ayo kita bahas tentang percakapan saat kita harus membatalkan suatu janji yang sudah kita buat. Situasi seperti ini memang canggung, karena bila pesannya tidak sampai dengan benar, bukan tidak mungkin kita menyinggung perasaan lawan bicara kita. Jadi, bagaimana cara membatalkan janji yang baik? Ada beberapa langkah dalam percakapan yang bisa jadi pedoman kamu: 

  1. Pembuka 

Salam pembuka bukan cuma sekedar basa-basi saja. Dalam percakapan, salam pembuka dibutuhkan untuk membuka percakapan formal maupun non formal, sebelum masuk ke topik pembicaraan utama. Saat membatalkan janji, baik di percakapan formal maupun non-formal, mungkin ada baiknya kamu menggunakan salam pembuka yang formal seperti ‘Good morning’, ‘Hello’, atau ‘How are you’ untuk membuat percakapan terdengar lebih sopan. 

 

  1. Topik Pembicaraan 

Setelah salam pembuka, kamu bisa mulai mengungkapkan kabar bahwa kamu harus membatalkan janji yang sudah kamu buat. Utarakan dengan jelas jadwal yang harus kamu batalkan, misalnya “I’m sorry, but I have to cancel our 2 PM meeting today.”, terutama bila kamu membatalkan janji dengan orang yang memiliki jadwal yang padat. 

 

  1. Penjelasan 

Jangan lupa pula untuk menjelaskan alasan kamu harus membatalkan janji. Bila kamu tidak ingin menjelaskan alasan dengan rinci, kamu bisa mengatakan “Something came up” atau kalimat sejenisnya. Kamu juga bisa menambahkan kalimat seperti “I was really excited to meet you” atau “I was looking forward to meet you” untuk menunjukkan kesan bahwa pembatalan janji ini di luar kuasa kamu dan terpaksa kamu lakukan. Hal ini membantu mencegah lawan bicara merasa tersinggung akibat pembatalan yang kamu lakukan. 

 

  1. Penjadwalan ulang 

Bila memungkinkan, kamu bisa langsung mengatur penjadwalan ulang. Misalnya, “If you are available, maybe we can reschedule the meeting to tomorrow at 11 AM?” Bila kamu belum bisa mengatur penjadwalan ulang, kamu bisa mengatakan “I’ll contact you again as soon as possible to reschedule the meeting.” 

Dengan langkah di atas, berikut ini adalah beberapa contoh cara untuk membatalkan janji: 

  1. Good morning. I’m calling to cancel my 2 PM appointment with the doctor, as I have an urgent matter that needs attending. I’m sorry for the cancellation. If it is possible, can I reschedule the appointment to tomorrow morning? 

  1. Hi, Dean. I’m sorry to inform you that I need to cancel our meet-up tomorrow, since I have another appointment to attend. I was really looking forward to meeting you, so I feel terrible to cancel on such short notice. Do you think we can reschedule to another time this week? 

  1. Good afternoon, sir. I am sorry to inform you that I won’t be able to attend the meeting this evening, as I am currently feeling a bit under the weather. Is there any way to reschedule the meeting? I will contact you again as soon as possible to find the best time for both of us. 

Dengan cara yang tepat, pembatalan janji akan berjalan lancar tanpa menyinggung perasaan lawan bicara kita. Tentu saja, latihan akan membantu kamu melakukan percakapan dengan lebih lugas. Jadi, ayo terus berlatih percakapan dalam Bahasa Inggris! 

Daftar Konsultasi Gratis

Langkah Membatalkan Janji dalam Bahasa Inggris – EF Adults