Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips Mudah Lancar Berbicara Bahasa Inggris
Gaya Hidup

5 Tips Mudah Lancar Berbicara Bahasa Inggris

2020.04.24

Belajar berbicara dalam bahasa Inggris memiliki tantangan tersendiri, khususnya bagi kamu yang juga masih dalam tahap belajar untuk aspek bahasa Inggris lainnya. Bahkan, orang yang sudah lancar menulis, membaca, dan mendengarkan dalam bahasa Inggris saja, mungkin saja mengalami kesulitan saat berbicara dalam bahasa Inggris. Lalu bagaimana cara lancar berbicara dalam bahasa Inggris? Ikuti tips berikut ini.

Latihan conversation

Agar lancar berbicara dalam bahasa Inggris, kamu memang harus meningkatkan ‘jam terbang’. Ini artinya, kamu harus memperbanyak waktu untuk latihan berbicara. Kamu bisa melakukannya saat sendiri, atau saat dengan orang lain.

Jangan pernah takut salah atau malu karena lawan bicaramu sudah lebih jago dalam berbicara bahasa Inggris. Rasa takut itu yang justru menghambat kamu untuk maju dan berkembang. Kalau bisa, minta bantuan lawan bicara untuk mengoreksi kekurangan atau kesalahan yang kamu buat.

Saat latihan conversation sendiri, cobalah untuk merekam suaramu. Biasanya, saat mendengarkan ulang apa yang kamu ucapkan, kamu bisa menyadari kesalahan, dibanding saat sedang mengucapkannya. Cara ini bisa membantu untuk mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang masih kamu buat.

Berpikir dalam bahasa Inggris

Kebiasaan ini memang tidak bisa terjadi secara instan, tapi kamu harus mencobanya. Pikirkan segala hal dalam bahasa Inggris. Jika terasa sulit, cobalah untuk membiasakan diri. Lama-kelamaan, hal ini akan menjadi hal yang biasa. Bahkan, bisa saja kamu sudah instan berpikir dalam bahasa Inggris tanpa harus mencoba. Dengan begitu, saat kamu sedang tidak latihan berbicara sekali pun, otakmu tetap ‘membiasakan diri’ dengan bahasa ini.

Kelilingi dirimu dengan bahasa Inggris

Salah satu cara yang paling mudah dan efektif lainnya adalah mengelilingi dirimu sendiri dengan bahasa Inggris. Sebagai contoh, dengarkan musik atau podcast dalam bahasa Inggris. Di samping itu, kamu juga bisa menonton film-film berbahasa Inggris.

Biasanya, jika telingamu sering mendengarkan bahasa Inggris, otak akan otomatis berpikir menggunakan bahasa tersebut. Lalu, kamu pun akan lebih mudah untuk merangkai kata, kalimat, atau dialog dengan orang lain dalam bahasa tersebut.

Kamu juga bisa meminta orang terdekat untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Misalnya, setiap kali temanmu berbicara padamu, ajaklah ia untuk terus berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Begitu juga di rumah, mintalah dukungan dari orangtua atau keluarga agar mau berbicara dalam bahasa Inggris.

Tentukan metode belajar yang efektif

Efektif atau tidaknya sebuah metode belajar sifatnya sangat objektif. Artinya, masing-masing orang memiliki metode yang berbeda agar berhasil mencapai tujuan belajar. Maka, kamu bisa memulai untuk menentukan metode belajar yang menurutmu paling efektif.

Jika kamu merasa metode belajar dengan mendengarkan orang lain berbicara lalu kamu mengikuti apa yang dibicarakannya adalah salah satu cara belajar yang efektif, lakukan metode itu setiap hari.

Fokus pada topik-topik tertentu

Agar lebih mudah, cobalah untuk fokus mempelajari topik-topik tertentu. Pastikan bahwa topik-topik tersebut memang hal-hal yang perlu kamu ketahui. Misalnya, topik yang sangat berkaitan erat dengan kehidupan atau pekerjaanmu.

Misalnya, jika kamu bekerja di bidang kesehatan, cobalah untuk memperkaya diri dengan berbagai kosakata dari bidang tersebut.

Bukan berarti kamu tidak perlu mempelajari bahasa secara keseluruhan, tapi cobalah untuk fokus terlebih dahulu pada kosakata yang sekiranya akan sering kamu gunakan sehari-hari. Dengan begitu, tahapan awal untuk belajar berbicara dalam bahasa Inggris mungkin akan lebih mudah terlewati.

Yuk, coba tips dan trik di atas agar kamu lebih lancar berbicara dalam bahasa Inggris. Jangan malu-malu, ya!

Daftar Konsultasi Gratis