Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
7 Tips Mengelola Uang THR Agar Tidak Cepat Habis
Gaya Hidup

7 Tips Mengelola Uang THR Agar Tidak Cepat Habis

2022.03.28

Jika kamu sudah bekerja, tentu tidak asing lagi dengan Tunjangan Hari Raya atau biasa disebut sebagai THR. Umumnya, THR yang bernilai satu kali gaji ini diberikan oleh perusahaan atau orang yang mempekerjakanmu. Tentu sangat menyenangkan mendapatkan uang THR, karena kamu akan merasa seperti sedang mendapatkan dua kali gaji. Akan tetapi, jika kamu tidak bijak, bisa jadi uang THR ini cepat habis. Oleh sebab itu, simak cara menyimpan uang THR dan tips mengelola uang ini seperti berikut.

Menahan nafsu berbelanja

Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk membelanjakan uang THR. Namun, jangan sampai seluruh uang THR habis hanya untuk berbelanja. Apalagi, jika kamu berbelanja barang yang tidak benar-benar kamu butuhkan. Oleh sebab itu, salah satu cara yang paling tepat untuk menjaga agar uang THR tidak cepat habis adalah dengan menahan hawa nafsu berbelanja.

Langsung sisihkan untuk menabung

Nah, tips mengelola uang THR dengan baik adalah langsung menyisihkan uang tersebut untuk menabung. Jika perlu, sisihkan dalam jumlah yang lebih besar, sehingga uang yang kamu gunakan untuk berbelanja tidak lebih besar dari uang THR yang kamu masukkan ke dalam tabungan. Jika kamu sudah terbiasa melakukan investasi, akan lebih baik lagi jika kamu bisa mengelola uang THR menjadi tambahan modal investasi.

Gunakan untuk membayar hutang

Jika kamu memiliki cicilan atau hutang, lebih baik gunakan uang THR untuk mencicil atau bahkan melunasinya. Alih-alih menggunakannya untuk berbelanja, tentu uang THR akan lebih terasa manfaatnya bila bisa membantu mengurangi beban finansial, seperti kedua hal tersebut. Meski tidak memiliki baju atau perlengkapan lain yang baru, tetapi kamu bisa lebih lega karena tanggungan hutang sudah berkurang berkat uang THR.

Gunakan untuk bersedekah

Tidak semua orang bisa beruntung mendapatkan THR seperti kamu. Jadi, ini adalah momen yang tepat untuk berbagi kepada orang lain yang kurang beruntung. Tentu saja kamu tidak harus menggunakan seluruh uang tersebut untuk bersedekah. Akan tetapi, kamu akan lebih merasakan manfaatnya jika bisa menggunakan uang tersebut untuk melakukan kebaikan.

Gunakan sebagai modal bisnis

Jika kamu memiliki ide bisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakan THR yang kamu dapatkan sebagai modal utama merealisasikan ide tersebut. Untuk memulai suatu usaha tidak perlu langsung besar-besaran. Kamu bisa melakukan “tes ombak” dengan mengawalinya kecil-kecilan. Siapa tahu, dari usaha yang kecil-kecilan itu, kamu bisa dapat untung. Alhasil, kamu justru mendapatkan uang yang lebih banyak dari THR yang kamu dapatkan sebelumnya.

Realistis

Biasanya, saat mendapatkan THR, kamu langsung semangat untuk membelikan seluruh anggota keluarga barang-barang baru. Tentu tidak salah jika kamu ingin menyenangkan orang-orang yang kamu sayangi, seperti orangtua, saudara, anak, dan sebagainya. Namun, tidak ada salahnya lho untuk berpikir realistis. Pastikan bahwa aksimu berbagi ini sesuai dengan kondisi keuanganmu. Jangan sampai demi menyenangkan keluarga, kamu justru berlebih-lebihan hingga menghabiskan seluruh uang THR yang kamu dapatkan.

Menentukan prioritas

Saat mendapatkan uang dalam jumlah besar, tentu kamu sering kali kebingungan, mau digunakan untuk apa saja uang tersebut? Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah menentukan prioritas terlebih dahulu sebelum memisahkan uang-uang tersebut ke dalam pos-pos berbeda. Jangan sampai kamu lupa dengan kebutuhanmu sehingga kamu gagal dalam mengelola uang THR tersebut dan menggunakannya tidak sesuai dengan rencana awal.

Nah, jika kamu mengikuti tips-tips mengelola THR di atas dengan baik, dijamin kamu bisa menyimpan sekaligus menggunakan uang THR dengan tepat. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

7 Tips Mengelola Uang THR Agar Tidak Cepat Habis