Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Kerja Sambil Kuliah
Gaya Hidup

4 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Kerja Sambil Kuliah

2022.08.29

Kamu ingin kuliah sambil bekerja? Tidak masalah! Bahkan, hal ini sudah menjadi hal yang wajar untuk dilakukan, khususnya bagi kamu yang masih berusia muda. Namun, dalam kondisi ini, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus darimu, yaitu keuangan. Ya, kamu perlu melakukan perencanaan keuangan yang matang jika tidak ingin salah kaprah. Apalagi, ada dua kebutuhan yang perlu kamu penuhi, yaitu kebutuhan kuliah dan bekerja. Nah, berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan yang bisa kamu ikuti agar keuangan tetap aman selama kuliah sambil bekerja.

Melakukan financial planning yang matang

Jika kamu tidak ingin keuanganmu terbengkalai, salah satu hal yang perlu kamu lakukan sebelum mulai kuliah sambil bekerja adalah membuat perencanaan keuangan atau financial planning yang matang. Contohnya, cari tahu terlebih dahulu berapa cost yang perlu kamu keluarkan selama kuliah dan bekerja.

Cari tahu mulai dari biaya kuliah yang dibutuhkan, biaya transportasi dari tempat kerja ke kampus, dan berbagai biaya lainnya yang juga tak kalah penting. Setelah itu, coba rencanakan berdasarkan kondisi keuanganmu, bagaimana bisa memenuhi semua biaya yang kamu butuhkan tersebut.

Jika keuanganmu masih belum mencukupi untuk menutupi semua biaya tersebut, berapa besar lagi uang yang kamu perlukan untuk ditabung hingga mencapai target yang kamu butuhkan. Nah, pada tahap perencanaan ini, kamu juga bisa membuat pos-pos keuangan yang memudahkan kamu memilah-milah segala kebutuhan dan berapa biaya yang perlu kamu keluarkan untuk masing-masing kebutuhan.

Dengan melakukan perencanaan yang tepat dan mengikutinya dengan baik, tentu kamu bisa mewujudkan kuliah sambil bekerja dengan tenang.

Membuat catatan keuangan

Salah satu tips mengatur keuangan yang bisa kamu lakukan jika ingin kuliah sambil bekerja adalah membuat catatan keuangan. Kamu tidak perlu membuatnya secara rumit, membuat catatan yang sederhana saja sudah cukup selama semua pengeluaran dan pemasukan keuangan tercatat dengan rapi.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui untuk apa saja uangmu digunakan dan meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu di kemudian hari. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui lebih pasti mengenai seberapa besar kebutuhanmu dan seberapa banyak uang yang perlu kamu keluarkan baik harian, mingguan, maupun bulanan.

Tentu saja ini akan memudahkan kamu melakukan financial planning untuk anak kos yang lebih matang lagi. Alhasil, perencanaan keuanganmu untuk masa depan, khususnya saat kamu kuliah dan bekerja bisa lebih realistis.

Menurunkan gaya hidup

Salah satu kendala untuk menjaga keuanganmu tetap aman adalah gaya hidup. Apalagi jika kamu masih muda dan lingkunganmu mendukung untuk memiliki gaya hidup yang berlebihan. Padahal, sebenarnya, gaya hidup itu bisa diturunkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja. Nah, salah satu tips mengatur keuangan yang perlu kamu lakukan agar bisa kuliah sambil bekerja dengan tenang adalah menurunkan gaya hidup. Hal ini sangat ampuh membantu kamu menekan pengeluaran yang tidak perlu.

Contohnya, hindari membeli barang-barang yang tidak diperlukan atau tidak dibutuhkan. Tak hanya itu, hindari menongkrong di tempat-tempat fancy yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang lebih banyak dari biasanya. Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan gaya hidup adalah memiliki kontrol diri.

Tidak masalah jika nongkrong dengan teman di cafe atau restoran mahal. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan makan dulu sebelum pergi dan hanya memesan makanan ringan atau minuman saja saat berada di luar rumah. Selain itu, jangan tergoda untuk ikut-ikutan teman berbelanja jika kamu tidak benar-benar membutuhkannya juga.

Memutar uang dengan investasi

Jika kamu tertarik dengan investasi, hal ini bisa kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu agar tetap aman selama kamu kuliah sambil bekerja. Bahkan, dengan berinvestasi kamu bisa menambah pemasukan sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhanmu.

Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa kamu lakukan. Kamu tinggal perlu memilih jenis investasi mana yang paling sesuai dengan kamu dan kondisi keuanganmu. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati dan perlu lebih banyak mencari tahu terlebih dahulu jika ingin memulai investasi, ya. Pastikan kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap instrumen investasi agar tidak salah pilih.

Nah, dengan menerapkan keempat tips mengatur keuangan tersebut, bisa dipastikan bahwa kamu bisa menjalani kehidupan kuliah sambil bekerja dengan tenang tanpa perlu mengkhawatirkan tentang kondisi keuanganmu. Selamat mencoba! EFellas, klik di sini yuk untuk mendapatkan tips-tips lain dari EF Adults.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Kerja Sambil Kuliah