Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Selama Bulan Puasa
Gaya Hidup

5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Selama Bulan Puasa

2021.04.09

Selama bulan ramadhan, kamu yang beragama Islam wajib melaksanakan puasa satu bulan penuh. Meski begitu, ini bukan alasan untuk kamu bermalas-malasan, ya! Pasalnya, untuk berhasil menjalankan ibadah yang satu ini, kamu tetap harus menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar selama puasa. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan demi menjaga tubuh sehat dan bugar saat berpuasa:

Jangan melewatkan sahur

Selain memang dianjurkan sebagai salah satu sunnah puasa, sahur dapat membantu kamu untuk tetap sehat dan kuat menjalani puasa sehari sampai saat berbuka tiba. Namun, pastikan pada saat itu kamu mengonsumsi makanan bernutrisi, ya.

Siapkan menu makanan yang dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sebagai contoh, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, makanan tinggi serat seperti sayur dan buah, dan makanan kaya protein seperti ikan.

Jika melewatkan sahur, kamu akan cenderung lemas dan tak berenergi saat menjalani puasa. Hal ini bisa membuat kamu tidak fokus beribadah atau justru jatuh sakit. Oleh sebab itu, pasang alarm dan jangan sampai ketinggalan sahur.

Perbanyak minum air

Salah satu tips agar tetap sehat dan bugar saat puasa adalah memenuhi kebutuhan cairan. Mengingat waktu kamu bisa bebas makan dan minum menjadi lebih pendek dari hari biasa, perbanyaklah minum air selagi sempat.

Pastikan kamu tetap mengonsumsi air sesuai anjuran, yaitu 8-12 gelas air dalam sehari. Jika kamu sering lupa, tidak ada salahnya, kok, memasang alarm pengingat untuk minum air. Masalahnya, kekurangan cairan dapat menyebabkan kamu dehidrasi.

Jika sudah demikian, kamu akan mudah merasa lelah dan tidak bersemangat menjalani puasa. Kamu tentu tidak mau kan harus membatalkan puasa sebelum waktu berbuka puasa tiba hanya karena dehidrasi?

Tetap rutin berolahraga

Jangan jadikan bulan ramadhan dan kewajiban berpuasa alasan untuk membuat kamu bermalas-malasan. Pastikan untuk tetap menjalankan rutinitas berolahraga karena ini adalah salah satu tips tetap bugar saat berpuasa.

Kamu bisa membuat jadwal atau rutinitas olahraga yang baru khusus di bulan puasa. Sebagai contoh, kamu mengubah waktu olahraga demi menyesuaikan dengan waktu sahur dan berbuka. Salah satu waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan ramadhan adalah setelah sahur atau berbuka.

Mengapa? Pada saat itu, tubuh sudah terisi dengan makanan sehingga kamu memiliki cukup energi untuk digunakan berolahraga. Namun, jika mampu, tidak ada salahnya lho untuk berolahraga pada waktu menjelang berbuka puasa.

Menghindari kafein

Selama bulan puasa, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Apalagi, saat sahur, kamu sebaiknya menghindari minuman ini. Mengapa? Kafein adalah diuretik yang membuat kamu mudah ingin buang air kecil lebih banyak dari biasanya.

Hal ini berbeda dengan saat kamu mengonsumsi air mineral biasa. Saat minum air, tubuh masih terhidrasi meski kamu juga mudah buang air kecil. Namun, saat minum minuman berkafein seperti kopi, tubuh tidak terhidrasi.

Hal ini menyebabkan kamu akan mudah kehilangan cairan yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa jika kamu mengonsumsi minuman ini saat sahur.

Usahakan mengonsumsi makanan berkuah saat berbuka puasa

Makanan berkuah menjadi salah satu kandidat makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Pasalnya, setelah menjalani puasa seharian penuh, makanan ini dapat memberi efek menenangkan sekaligus menghangatkan perut yang kosong.

Selain itu, makanan berkuah akan lebih mudah diserap oleh tubuh sekaligus membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh. Tak hanya itu, makanan berkuah juga membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Nah, kini kamu sudah siap kan menghadapi bulan puasa? Jangan lupa terapkan tips untuk sehat dan bugar selama bulan puasa di atas, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

'5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Selama Bulan Puasa