Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Kegiatan Kreatif Perusahaan Saat Ramadan
Gaya Hidup

5 Kegiatan Kreatif Perusahaan Saat Ramadan

2023.02.15

Kesuksesan suatu perusahaan tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk atau jasanya, atau oleh kemampuan perusahaan tersebut memasarkan produknya saja. Kualitas sumber daya manusia yang menjadi karyawan perusahaan tersebut juga harus jadi perhatian. Lalu bila kualitas sumber daya manusia yang baik sudah tercapai, hubungan baik antar karyawan maupun hubungan baik antara karyawan dengan atasan juga merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Bila karyawan memiliki hubungan yang baik satu sama lain, lingkungan kerja tentu akan lebih mendukung untuk meningkatkan kerjasama tim dan mengoptimalkan kinerja karyawan.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk membantu meningkatkan kekompakan dan hubungan baik antar karyawan, misalnya mengadakan kegiatan kantor untuk diikuti karyawan, seperti outbound, outing kantor, dan kegiatan lain. Bulan Ramadan juga bisa jadi momen tepat untuk mengadakan kegiatan kreatif untuk meningkatkan kualitas hubungan antar karyawan. Berikut ini adalah beberapa inspirasi kegiatan yang bisa jadi pilihan:

Buka Puasa Bersama

Saat bulan puasa, kamu pasti sering berbuka bersama keluarga besar dan sahabat lama, memanfaatkan momen Ramadan untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan sahabat yang sudah lama tidak kamu temui. Acara buka bersama karyawan perusahaan bisa jadi momen bagi para karyawan untuk saling mengenal, lebih dari lingkup pekerjaan di kantor.

Ibadah Bersama

Ibadah bersama akan semakin membangun suasana positif bagi karyawan. Perusahaan bisa mengatur jadwal ibadah bersama untuk karyawan, misalnya shalat Dzuhur bersama di siang hari yang dilengkapi dengan kultum atau kuliah 7 menit. Acara seperti tadarus juga bisa dilakukan.

Kegiatan Amal

Selain meningkatkan ibadah, kita juga harus memperbanyak amal di bulan Ramadan. Perusahaan bisa memfasilitasi karyawan dengan mengadakan kegiatan amal, seperti santunan anak yatim, sahur on the road, penyaluran zakat, dll. Acara amal di bulan Ramadan ini juga bisa menjadi bagian dari rangkaian kegiatan CSR perusahaan.

Bazar Ramadan

Siapa sih yang tidak ingin membeli pakaian atau barang-barang baru saat Lebaran? Bazar Ramadan yang diselenggarakan perusahaan tidak hanya akan bermanfaat untuk para karyawan saja, tapi juga untuk masyarakat di sekitar perusahaan, baik sebagai pembeli maupun sebagai penjual. Bazar bisa menghadirkan produk-produk berkualitas di satu tempat, baik produk makanan dan minuman, pakaian, aksesoris, dll. Perusahaan juga bisa mencari penjual yang berasal dari sekitar lokasi perusahaan, tentunya dengan tetap memperhatikan kualitas produk yang dijual. Saat bazar berlangsung, perusahaan juga bisa mengadakan berbagai lomba seru untuk karyawan dengan hadiah yang menarik, sehingga acara bazar semakin meriah.

Program Mudik

Lebaran memang identik dengan mudik. Mudik atau pulang ke kampung halaman memang bukan sekedar waktu liburan, tapi juga waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman lama. Hal ini mungkin tampak sepele, tapi punya pengaruh positif bagi kesehatan mental karyawan. Jadi, untuk meningkatkan produktivitas karyawan, perusahaan bisa mendukung kegiatan mudik yang dilakukan karyawan melalui program mudik, misalnya dengan memberikan tiket gratis untuk transportasi mudik, menyediakan transportasi seperti bis untuk karyawan yang ingin mudik, dll. Dengan program mudik, perusahaan juga membantu menjamin keselamatan karyawan dalam perjalanan mudik.

Hubungan baik antara karyawan di setiap jenjang perusahaan adalah faktor penting yang harus jadi perhatian perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Bila karyawan merasa nyaman bekerja, tentu produktivitas meningkat dan tingkat pergantian karyawan bisa diminimalisir. Karyawan juga merasa nyaman untuk saling bekerja sama untuk terus memajukan perusahaan.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Kegiatan Kreatif Perusahaan Saat Ramadan – EF Adults