Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
 5 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan yang Patut Dicoba
Gaya Hidup

5 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan yang Patut Dicoba

2021.02.18

Pernahkah kamu kebingungan karena tanpa disadari uang bulanan sudah hampir habis? Padahal, tanggal gajian masih jauh dan tabungan pun sudah kian menipis. Nah, jika tidak ingin mengalaminya lagi, kini saatnya kamu untuk mulai hidup hemat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran bulanan, di antaranya:

Membuat rencana keuangan

Ini adalah salah satu faktor penting yang memang sebaiknya dilakukan saat kamu ingin mengatur keuangan. Apalagi, jika kamu tergolong orang yang cenderung boros dan tidak bisa menghentikan nafsu berbelanja atau membeli hal-hal yang tidak perlu. Tentukan budget untuk masing-masing kebutuhan di setiap bulannya. Sebagai contoh, budget untuk makan, budget untuk membeli kebutuhan bulanan, atau budget tertentu, misalnya membeli hadiah untuk orang terdekat di hari ulang tahunnya.

Dengan begitu, kamu bisa mengira-ngira berapa pengeluaran pasti di bulan tersebut dan menahan keinginan untuk membeli benda-benda yang tak perlu agar tetap bisa menabung.

Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan

Tidak hanya merencanakannya saja, pada prakteknya, kamu juga harus mencatat setiap pengeluaran, baik yang kecil maupun yang besar. Meski sudah melakukan perencanaan, tentu terkadang ada saja pengeluaran tak terduga yang sebelumnya tidak terpikirkan. Untuk itu, catat setiap pengeluaran dan pemasukan yang kamu dapatkan setiap bulan. Hal ini akan membantu kamu mengevaluasi pengeluaran yang mungkin tidak perlu. Dengan begitu, di bulan berikutnya, kamu bisa lebih berhati-hati saat hendak mengeluarkan uang.

Hindari berhutang

Sebisa mungkin hindari segala hutang dan cicilan yang memang tidak benar-benar mendesak. Saat ini, kebiasaan mengambil cicilan kartu kredit sudah semakin marak di kalangan orang dewasa. Padahal, jika tidak digunakan dengan bijak, kamu bisa kelimpungan membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya. Daripada berhutang atau membayar cicilan, lebih baik menabung hingga bisa membeli barang tertentu dengan lunas. Apalagi jika barang tersebut tidak harus segera dibeli, seperti tas, sepatu, dan gadget tertentu, padahal milikmu masih bagus dan bisa digunakan.

Hal ini tentu berbeda dengan mengambil cicilan rumah atau mobil yang memang bisa digunakan dalam jangka panjang dan memang dibutuhkan. Oleh karena itu, lebih baik pikirkan dengan matang saat hendak menggunakan kartu kredit.

Jika yakin bisa bijak menggunakannya, barulah gunakan kartu tersebut. Namun, jika tidak, lebih baik tidak usah karena dapat membahayakan kondisi keuanganmu.

Evaluasi setiap subscription berbayar yang dimiliki

Mulai dari layanan streaming musik, film, dan berbagai langganan berbayar lainnya sudah harus kamu pilah-pilah lagi. Apakah kamu menggunakannya secara rutin? Apakah kamu akan kesulitan jika subscription tersebut dihentikan?

Jika tidak sering digunakan, lebih baik hentikan semua subscription berbayar yang tidak perlu. Pasalnya, kamu harus membayar tagihannya setiap bulan. Meski jumlahnya tidak besar, uang tersebut mungkin akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk hal lainnya. Maka itu, cobalah untuk pilah dan pilih agar lebih bijak mengeluarkan uang.

Pilih memasak dibanding membeli

Percaya atau tidak, memasak jauh lebih hemat dibanding membeli makanan di luar. Pengeluaran untuk membeli bahan masakan tentu tak seberapa jika dibandingkan dengan harga makanan yang sering kali terhitung mahal. Cara menghemat pengeluaran bulanan yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah lebih rajin memasak dan mengurangi beli makanan dari luar. Selain lebih sehat dan terjamin kebersihannya, kamu bisa menjadi lebih hemat.

Siapa saja tentu bisa menabung dengan cara berhemat, asal kamu ada kemauan untuk menahan diri dan mencoba tips-tips di atas untuk menghemat pengeluaran bulanan. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

 5 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan yang Patut Dicoba